Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Perbedaan Website dan Blog yang Perlu Diketahui

Perbedaan Website dan Blog yang Perlu Diketahui

Website dan blog adalah dua kata yang pasti sudah tidak asing di telinga teman-teman. Beberapa orang menganggap keduanya sama , namun sebagian lagi ada yang mengatakan bahwa mereka adalah dua hal yang berbeda. 

Agar tidak bingung, bagaimana jika kita cari tahu mengenai perbedaan keduanya. Hal ini juga menjadi penting apabila kita ingin membangun bisnis online. Karena, kita perlu tahu platform mana yang paling tepat untuk mempresentasikan bisnismu. Nah tidak perlu berlama-lama, yuk langsung simak ulasannya!

Apa Itu Website?

Menurut Wikipedia, website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. Sederhananya, website adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang ada di internet, contohnya www.jetorbit.com, www.facebook.com, www.wordpress.com, www.blogspot.com, dan lain sebagainya.

Sebetulnya terdapat banyak jenis website, salah satunya adalah blog itu sendiri. Tapi, jika kita melihat website dalam bentuk dasarnya, maka ia adalah sebuah halaman web. Website juga biasanya mempunyai fokus utama, yaitu mengejar konversi (berjualan). 

Apa Itu Blog?

Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Secara umum, blog merupakan bagian dari sebuah website yang berfungsi untuk menampilkan konten atau catatan secara dinamis, tanpa mengganggu informasi di halaman utama.

Jenis konten yang diposting di blog bisa bermacam-macam, mulai dari artikel, gambar, video, hingga kutipan. Salah satu jenis konten yang paling sering diposting di blog adalah artikel, seperti artikel yang sekarang sedang teman-teman baca.

Perbedaan Website dan Blog

Terdapat beberapa hal yang membedakan antara website dengan blog, di antaranya sebagai berikut:

1. Konten

Website biasa berisi tentang informasi penting mengenai produk atau layanan. Jika kita membuat website perusahaan maka di halaman awal biasanya terdapat informasi tentang perusahaan. Informasi lain meliputi profil, visi dan misi, program, struktur organisasi, kontak hingga informasi layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Bahkan website company profile dapat juga menyertakan laman khusus untuk blogging, isinya berupa berita terkini perusahaan.

Lain dengan website, blog biasanya diisi sesuai keinginan pemilik blog. Isi blog bisa berupa artikel, gambar, video, ataupun audio sesuai dengan minat. Tipe konten blog biasanya lebih variatif dibandingkan website, karena tidak memiliki batasan tertentu mengenai panjang atau pendeknya konten yang kita tayangkan.

2. Bahasa

Website umumnya menggunakan gaya bahasa formal yang ditujukan untuk semua kalangan. Teknik penulisan yang terdapat pada halaman website juga menggunakan teknik copywriting yang bisa mendorong audiens untuk melakukan action.

Sedangkan pada blog, karena biasanya dikelola oleh penulisnya sendiri, maka tujuannya tentu untuk menarik minat pembaca. Karena itu, bahasa yang digunakan adalah yang mampu membuat audiens betah dan nyaman. Bahasa informal bisa dijadikan sebagai pilihan, namun ingat harus tetap sopan dan mudah dipahami.

3. Komunikasi

Komunikasi pada website berjalan satu arah yaitu dari pemilik website kepada pengunjung website.

Sedangkan pada blog yang hampir mirip seperti media sosial, maka komunikasi bisa dilakukan dua arah. Melalui blog, kita bisa menampilkan semua gagasan dengan lebih leluasa. Kita bisa menyampaikan ide, gagasan, atau pengalaman secara langsung, kemudian pengunjung atau pembaca bisa memberikan tanggapan melalui kolom komentar.

4. Pengelola

Karena website merupakan aset penting, maka sistem pengelolaan website harus dilakukan secara profesional. Website biasanya dikelola oleh tim ahli atau perusahaan tertentu. Agar lebih optimal, pengelolaan sebuah website biasanya dibagi kepada beberapa bagian. Mulai dari web developer, programmer, designer, copywriter, hingga produk manager.

Sedangkan blog biasanya dikelola oleh satu atau beberapa penulis. Blog memiliki sistem pengelolaan yang lebih sederhana, seperti menggunakan CMS (Content Management System) yang bisa didapatkan secara gratis. Penggunaan CMS ini akan sangat memudahkan untuk mengelola blog agar lebih optimal.

5. Proses Pembuatan

Proses pembuatan website lebih rumit dari blog, karena kita perlu membuat desain UI/UX sesuai kebutuhan. Selanjutnya, perlu dilakukan coding agar website memiliki tampilan menarik dan bisa berfungsi dengan normal. Sebuah website, baik itu company profile, toko online, atau website portofolio, umumnya memerlukan integrasi fitur khusus agar bisa digunakan.
 
Sedangkan ketika kita membuat blog, maka kita bisa memanfaatkan CMS (Content Management System) seperti WordPress atau Blogspot. Selain gratis dan fleksibel untuk dikembangkan, proses pembuatan blog juga sangat gampang. Kita tidak memerlukan keterampilan coding karena semua fungsi yang kita lihat bisa kita dapatkan dengan mudah. sudah WYSIWYG (What You See Is What You Get).

Namun, yang perlu diperhatikan adalah, platform blog gratisan tentu memiliki kekurangan. Apabila teman-teman sudah mempunyai blog gratisan dan ingin berpindah ke platform blog yang handal dan terbaik seperti WordPress yang di-hosting sendiri, teman-teman bisa membaca artikel kami terkait panduan cara memindahkan web dari blogger ke WordPress.

6. Update

Website bersifat lebih statis sehingga tidak selalu membutuhkan update konten. Informasi yang terdapat di sebuah website biasanya sudah pasti dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Sedangkan untuk blog yang bersifat lebih dinamis, diperlukan update yang lebih sering. Secara berkelanjutan, kita bisa terus membuat artikel informasi, tips dan trik, tutorial, hingga update perkembangan kondisi perusahaan.

Nah itulah tadi beberapa informasi terkait perbedaan website dan blog. Bisa dikatakan bahwa sebenarnya setiap blog adalah bagian dari website. Akan tetapi, setiap website belum tentu bisa disebut sebagai sebuah blog. Untuk menunjang bisnis di era teknologi, baik website maupun blog adalah elemen penting. 

Semoga informasi di atas bisa dipahami dengan baik oleh teman-teman.

Dalam rangka menunjang aktivitas bisnis agar semakin lancar, pastikan teman-teman sudah memiliki website dan blog yang optimal. Jetorbit sebagai penyedia layanan hosting dan domain, mulai dari web hosting, email hosting, WordPress hosting, cloud VPS manage, hingga jasa pembuatan website profesional yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kemajuan bisnis teman-teman.

Pesan Sekarang