Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Bau Sepatu & Tips Agar Tidak Bau!

Sepatu yang bau dapat memberi dampak yang cukup negatif bagi kita semua, sekalipun itu tidak di pakai pasti akan menyebabkan aroma tidak sedap bagi orang yang berada di sekitarnya. Selain itu, ketika kita menggunakan sepatu yang bau pasti juga akan memberi rasa yang tidak nyaman.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu
Jika sepatu kita bau, itu juga dapat berdampak pada kesehatan kaki kita. Sepatu yang bau mengindikasikan bahwa sepatu tersebut kotor dan terdapat bakteri jahat yang menempel. 

Karena hal itu, terkadang membuat kaki kita ikutan bau, berjamur, bahkan timbul mata ikan.

Untuk mengatasi bau tersebut tidak hanya cukup untuk dilakukan pada sepatu, tetapi kaki juga perlu diatasi. 

Sama saja jika sepatu bersih dan wangi tetapi kaki bau dan penuh kuman tidak akan mengatasi bau pada keduanya, begitupun sebaliknya. 

Oleh karena itu yang pertama perlu kita lakukan adalah membersihkan kaki terlebih dahulu dari kuman dan bakteri jahat.

Cara Mengatasi Kaki Bau Karena Pakai Sepatu

Bakteri dan kuman pada sepatu juga dapat menempel pada kaki ketika kita menggunakan sepatu tersebut, oleh karena itu maka tidak heran jika menggunakan sepatu yang bau lalu kaki kita juga akan ikutan bau. Dengan begitu maka perlu langkah mulai dari di bawah ini:

Potong kuku kaki jika sudah mulai panjang

Kuku kaki adalah bagian yang perlu di perhatikan kebersihannya, apa lagi di bawahnya kuku. Kuku yang panjang akan beresiko lebih mudah menyimpan bakteri dan kuman, terutama di balik kuku tersebut. Jangan lupa untuk memotong kuku kaki ketika kuku kaki sudah mulai panjang.

Rendam kaki dengan air campuran cuka / garam

Jika tidak ada air campuran cuka, bisa menggunakan air dengan campuran garam. Rendam kaki selama 10 sampai dengan 20 menit, air campuran tersebut akan menghalau bau pada kaki kita yang disebabkan oleh kuman dan bakteri jahat yang menempel di kaki.

Cuci kaki secara rutin dengan benar

Jangan hanya membasuh kaki dengan air, itu sangat tidak cukup. Mulai sekarang cuci lah kaki dengan benar, jangan hanya menyiramnya dengan air, tetapi gosok-gosok kaki hingga ke sela-sela dengan sabun anti bakteri. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan kaki dengan cepat.

Itu dia cara mengatasi kaki bau yang di sebabkan oleh kuman dan bakteri jahat, yang terpenting jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan kaki. Jika kawan-kawan sudah mengikuti langkah-langkah mengatasi kaki bau karena sepatu, barulah tepat kita untuk mengatasi bau pada sepatu.

Penyebab Sepatu Menjadi Bau

Sebelum mencoba mengatasi bau pada sepatu, alangkah baiknya juga kita mengetahui penyebab sepatu bau atau menimbulkan bau yang tidak sedap. Mungkin kita tidak pernah menyadari penyebab timbulnya bau tak sedap pada sepatu kita, bisa jadi berikut ini adalah penyebabnya:

Tidak pakai kaos kaki atau salah menggunakannya

Jika kita tidak menggunakan kaos kaki ketika hendak memakai sepatu, maka kaki akan bersentuhan secara langsung dengan bagian dalam sepatu yang menyebabkan mudahnya keringat menyerap langsung ke dalam sepatu. Oleh karena itu gunakanlah kaos kaki agar keringat dapat terserap oleh kaos kaki terlebih dahulu.

Kaos kaki yang dibuat dengan bahan katun akan lebih mudah menyerap keringat, jangan salah pilih menggunakan kaos kaki. Kaos kaki yang tepat akan membantu mengurangi bau yang tidak sedap, jangan gunakan kaos kaki yang dibuat dengan bahan yang kurang tepat, katun yang dingin akan lebih baik.

Sepatu terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama

Jangan gunakan sepatu dalam waktu yang sering dan lama, hal tersebut akan membuat sepatu tidak mempunyai kesempatan untuk menguapkan keringat yang ada padanya. Beri kesempatan sepatu untuk melepaskan uap dan se-bisa mungkin jangan gunakan sepatu yang sama setiap hari.

Membiarkan sepatu basah begitu saja

Ketika sepatu kita basah, se-bisa mungkin untuk keringkan segera meskipun itu baru saja di cuci. Kurangi kadar air pada sepatu dengan cepat, gunakan vakum cleaner mini untuk menyedot air pada sepatu dengan cepat dan mudah. Selain itu bisa gunakan dua kain, kain pertama di letakkan di dalam sepatu, kain kedua letakkan di atas sepatu dan tekan-tekan hingga kadar air berkurang, jangan lupa untuk di angin-anginkan biar cepat kering.

Nah Itulah beberapa penyebab sepatu menjadi bau, menimbulkan aroma tidak sedap yang dapat mengganggu aktivitas kita dan orang di sekitarnya. Cobalah se-bisa mungkin untuk menghindari penyebab-penyebab bau sepatu tersebut, jangan membiarkan penyebab itu terulang kembali.

Cara Menghilang Bau Sepatu Tak Sedap

Jika sebelumnya tadi sudah mencoba cara mengatasi kaki yang bau dan mengetahui penyebab sepatu bau, maka selanjutnya adalah menghilangkan bau tersebut pada sepatu. Cara-caranya tidak begitu rumit, kita bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana.

Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Kopi

Kopi memang sudah dikenal mampu menghilangkan bau-bau yang tidak sedap secara efektif, ini juga berlaku untuk menyerap aroma tak sedap pada sepatu. Caranya sangat mudah, bersihkan seluruh bagian sepatu, kemudian masukkan koran / kertas di dalam sepatu untuk menyerap air dan lembab, selanjutnya bungkus sepatu di dalam plastik bersama biji kopi selama seharian.

Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Teh

Tidak hanya kopi, teh juga dapat membantu untuk mengusir aroma tak sedap pada sepatu apapun jenis teh-nya. Caranya cukup sederhana, kita hanya perlu memasukkan beberapa kantong teh ke dalam sepatu, kemudian simpan seharian di tempat yang kering. Ini cukup efektif untuk mengusir bau tak sedap, semakin lama kita menyimpannya bersama teh maka hasilnya akan semakin baik.

Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Bedak Bayi

Cara yang satu ini sangat cocok untuk yang punya adik bayi, jadi jika ada bisa menggunakan bedak bayi tersebut dan tidak perlu membeli bahan lain lagi. Caranya masukkan bedak bayi ke dalam sepatu dan kocok-kocok sampai mengenai seluruh bagian sepatu, kemudian diamkan selama semalaman agar baunya terserap oleh bedak tersebut.

Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Garam

Siapa yang tidak punya garam di dapur? Jangan lupa masak ya hehe. Sebagian besar kita semua mempunyai garam, kita bisa menghilangkan aroma tak sedap pada sepatu dengan garam yang selalu ada di dapur kita lho. Caranya cukup tuangkan garam pada sepatu dan gosoklah ke seluruh bagian sepatu secara perlahan agar tidak merusak bahan sepatu, selanjutnya diamkan semalam.

Nah itu dia cara menghilangkan bau pada sepatu, aroma sepatu yang tidak sedap dapat hilang dengan cara-cara yang telah disebutkan tersebut. Cara tersebut juga dapat dengan mudah dilakukan, karena bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan dan memiliki harga yang terjangkau. Tapi sebelum itu, jangan lupa untuk tips agar sepatu tidak bau.

Tips Cara Agar Sepatu Tidak Bau

Jika kita sudah berhasil sebelumnya untuk menghilangkan bau sepatu, jangan lupa untuk menjaga sepatu tersebut agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap lagi. Percuma saja kan kalau bau-nya sudah hilang tetapi nanti-nya masih dengan mudah bau tersebut datang lagi. Simak langsung!

Jangan menumpuk sepatu pada satu tempat

Jika kita menumpuk sepatu pada satu tempat, bisa jadi lho kuman, bakteri, dan jamur pada sepatu yang kotor ikut menempel pada sepatu yang bersih. Jangan sampai sepatu yang bersih ikutan bau karena tertular jamur oleh sepatu kotor yang menumpuk dengan sepatu bersih kita.

Simpan sepatu di tempat yang kering dengan udara yang baik

Jangan simpan sepatu di tempat yang lembab dan sedikit memiliki udara, karena tempat lembab dan sedikit udara bisa membuat jamur tumbuh dengan mudah. Simpanlah di tempat yang terbuka dan dekat dengan udara yang segar, jangan sekali-kali menyimpannya di kamar mandi dan dapur.

Gunakan spray antimicrobial untuk sepatu

Untuk yang cukup malas bisa menggunakan spray antimicrobial untuk menghilangkan bau sepatu yang tak sedap. Bakteri, virus, kuman, jamur, dan sebagiannya dapat dihilangkan dengan ini, tetapi ini hanya disarankan untuk yang malas dan siap mengeluarkan uang lebih untuk perawatan sepatu ya.

Cuci sepatu secara rutin dengan tepat

Yang terakhir adalah mencuci sepatu secara rutin dengan baik dan benar. Tidak perlu menggunakan spray antimicrobial untuk sepatu, jika kita rajin mencuci sepatu itu sudah sangat cukup kok. Jangan pernah malas untuk mencuci sepatu kalau tidak ingin sepatu menjadi bau dan penuh kuman.

Nah itu dia cara menghilangkan bau sepatu beserta tips agar sepatu tidak bau yang Andronezia rangkum untuk kawan-kawan, seperti biasa jangan lupa membagikan postingan Andronezia kali ya, jaga terus kebersihan sepatu-mu agar tidak mudah rusak dan anti bau.