Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan / Yang Sempit

Ukuran sepatu memang sering kali menjadi masalah bagi beberapa orang, meskipun modelnya sangat keren tetap sangat disayangkan apa bila tidak digunakan karena kekecilan. Sepatu yang kekecilan memang sangat tidak nyaman untuk dipakai, apa lagi ketika melangkah.

Sepatu Kekecilan

Sepatu yang kekecilan juga bisa dapat menyebabkan masalah pada kaki, terutama rasa sakit, pegal, dan luka. Dengan begitu alangkah baiknya untuk mengatasi sepatu yang kekecilan apabila kawan-kawan memang masih ingin menggunakan sepatu yang kekecilan tersebut.

Bukan tanpa alasan, beberapa orang ingin tetap menggunakan sepatu yang kekecilan tersebut karena memang sepatu tersebut adalah sepatu favorit yang sangat keren. 

Apa lagi bagi kawan-kawan yang gemar mengoleksi sepatu, sepatu yang sudah kecil bukanlah halangan.

Jika kawan-kawan memiliki sepatu yang kekecilan alangkah baiknya untuk di wariskan saja ke adik maupun saudara, atau di simpan saja juga tidak masalah. 

Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan / Yang Sempit

Tetapi jika kawan-kawan memang memaksa masih tetap ingin menggunakan sepatu tersebut, bisa coba cara-cara yang Andronezia rangkum sebagai berikut.

Longgarkan Sepatu Dengan Panas Hairdryer

Jika kawan-kawan mempunyai hairdryer di rumah, bisa banget mengatasi sepatu yang sempit dengan alat tersebut. 

Tetapi ini hanya cocok untuk sepatu yang terbuat dari bahan kulit, caranya mengatasi sepatu yang kekecilan dengan hairdryet benar-benar sangat mudah dilakukan.

Pertama-tama pakailah sepatu-mu dengan kaos kaki yang tebal, kemudian panaskan sisi sepatu yang dirasa cukup sempit. 

Panaskan sepatu sambil menggoyangkan hairdryer-nya dari sisi satu ke yang lain, atau juga bisa dengan menggoyang-goyangkan sepatu. 

Gunakan panas yang wajar, setidaknya beri jarak hairdryer dengan sepatu antara 10 sampai dengan 15 cm agar sepatu tidak mudah rusak.

Semprot Sepatu Dengan Alkohol

Selain hairdryer, alkohol juga bisa membantu mengatasi sepatu yang kekecilan. Caranya cukup mudah, semprotkan alkohol ke bagian sepatu yang sempit. Jika tidak ada semprotan, kawan-kawan bisa menggunakan kapas untuk mengoleskan alkohol ke bagian sepatu yang sempit. Setelah itu gunakanlah sepatu tersebut ke manapun sampai alkohol pada sepatu mengering.

Gunakan Alat Peregang Sepatu

Alat peregang sepatu bisa jadi alternatif terbaik kawan-kawan, karena ini adalah cara untuk mengatasi sepatu kekecilan yang sudah banyak direkomendasikan oleh orang-orang. Ini adalah cara yang sangat mudah dan bisa dibilang cukup aman, alat ini bisa kawan-kawan temukan di berbagai toko sepatu.

Longgarkan Dengan Panas Api

Cara yang selanjutnya ini cukup terbilang sangat ekstrem, tetapi melonggarkan sepatu memang benar bisa menggunakan panas api. Pada cara yang ini tidak jauh seperti dengan memanaskan sepatu dengan hairdryer, pada cara ini hanya medianya saja yang berbeda.

Caranya isi air di dalam botol, kemudian masukkan botol tersebut ke dalam sepatu. Setelah itu panaskan sepatu di atas api sambil menggoyangkannya secara cepat dan teratur. Pastikan jarak api dengan sepatu benar-benar jauh, tergantung dari besar apinya. Hati-hati jangan sampai sepatu-mu terbakar!

Gunakan Gulungan Kaos Kaki Basah

Kumpulkan kaos kaki bersih dan gulung-gulunglah hingga padat, kemudian basahkan dengan air. Setelah kaos kaki basah yang digulung sudah siap, selanjutnya masukkan kaos kaki tersebut ke dalam sepatu dan diamkan selama seharian. Ini sangat cocok untuk sepatu dengan bahan kain.

Masukkan Sepatu Ke Freezer

Cara berikutnya cukup unik dan bisa terapkan untuk sepatu plastik dan kain, isi sepatu dengan air dan masukkan sepatu ke dalam freezer seharian sampai dengan air di dalamnya membeku. Sesudahnya keluarkan sepatu dari freezer dan simpan di ruang suhu normal sampai air yang membeku kembali mencair.

Jika sepatu-mu mudah menyerap air, seperti kain kanvas. Maka isi air-nya di dalam kantong plastik, kemudian baru masukkan plastik yang berisi air tersebut ke dalam sepatu. Cara yang satu ini tidak di rekomendasikan untuk sepatu kawan-kawan yang terbuat dari bahan kulit asli ya.

Masukkan Kertas Basah Ke Sepatu

Jika kawan-kawan punya kertas tak terpakai di rumah, bisa gunakan kertas-kertas tersebut untuk mengatasi sepatu yang kekecilan. Caranya basakan kertas dengan air, kemudian remas-remas kertas tersebut hingga padat dan sedikit mengering. Selanjutnya masukkan kertas tersebut ke dalam sepatu sampai sepatu tersebut terlihat melebar, kemudian diamkan sepatu tersebut semalam hingga kertas mengering, selanjutnya jemur sepatu di bawah panas matahari.

Gunakan Sepatu Sesering Mungkin

Sepatu yang kekecilan jika kawan-kawan gunakan sesering mungkin, lama kelamaan sepatu tersebut akan menjadi longgar. Pakailah kaos kaki yang tebal agar sepatu dapat longgar dengan lebih cepat. Tetapi perlu di ingat, jika kaki sudah terasa capek langsung lepaskan saja, jangan sampai malah kaki kawan-kawan sakit dan bermasalah.

Masukkan Benda Padat Ke Sepatu

Jika kawan-kawan memiliki benda padat seperti batu dan besi, bisa coba cara yang satu ini. Gulung benda pada tersebut dengan kain, kemudian masukkan ke dalam sepatu. Jangan lupa untuk menambah potongan kain lagi hingga bagian dalam sepatu benar-benar terisi penuh, kemudian diamkan dalam waktu yang lama.

Tukar Sepatu Dengan Ukuran Yang Baru

Beberapa toko memperbolehkan pembelinya untuk menukar sepatu dengan ukuran yang berbeda, namun biasanya ini bisa dilakukan jika kawan-kawan sudah melakukan perjanjian sebelumnya. Seperti ketika membelikan sepatu untuk adik, anak, dan saudara kita sering kali mengatakan kepada penjual “bang kalau sepatunya tidak muat nanti saya boleh tukar ya”.

Toko-toko offline sering mengizinkan hal tersebut, selama sepatu yang dibeli masih terjaga, tidak apa-apa untuk menukarnya, yang terpenting sudah sama-sama sepakat sebelumnya. Nah itu dia cara-cara mengatasi sepatu kekecilan yang Andronezia rangkum, semoga berhasil!