Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Cara Agar Sandal dan Sepatu Tidak Licin dengan Aman

10 Cara Agar Sandal dan Sepatu Tidak Licin dengan Aman - Sepatu dan sandal yang licin memang sangat tidak nyaman untuk di gunakan, kita perlu hati-hati untuk menggunakannya agar tidak terpeleset. 

Penyebab utama sandal dan sepatu menjadi licin adalah karena waktu pakainya memang sudah terlalu lama, oleh karena itu bagian sol atau karet bawah menjadi sangat rata dan licin.

cara agar sepatu tidak licin

Cara Agar Sandal dan Sepatu Tidak Licin

Jika menurut kawan-kawan sepatu atau sandal yang sudah licin tidak bisa digunakan lagi, tidak apa. Yang terpenting jangan di buang dan tidak perlu khawatir, karena Andronezia sudah merangkum cara mengatasi sandal sepatu agar tidak licin lagi sebagai berikut:

Gesekkan sol di jalanan yang kasar

Umunya sepatu kita gunakan di jalanan yang rata dan licin, sepatu biasanya kita pakai untuk berjalan di lantai sekolah, kantor, rumah, maupun kampus. 

Lantai adalah permukaan yang licin, oleh karena itu sepatu yang licin sangat tidak di sarankan berjalan di lantai yang licin pula, itu bisa membuat-mu terpeleset.

Sebelum berjalan di lantai, coba gesek-gesek sol sepatu-mu terlebih dahulu di permukaan yang kasar seperti jalan raya atau jalan aspal. 

Dengan menggesekannya seperti itu akan membuat sol sepatu menjadi kasar dan tidak licin lagi, tetapi jangan terlalu berlebihan agar sepatu tidak rusak.

Ampelas bagian sol yang licin

Langkah yang selanjutnya sangat cocok untuk kawan-kawan yang lagi santai, belilah ampelas yang kasar di toko bangunan terdekat. 

Jika ampelas sudah tersedia, gosok sol sepatu dengan ampelas tersebut. Pastikan ampelasnya kasar ya, karena jika ampelasnya halus nanti solnya juga halus dan licin.

Oleskan sol dengan lem tembak

Buat permukaan sol agar lebih berstruktur dengan lem tembak, ini merupakan cara yang bisa kawan-kawan lakukan juga untuk mengatasi bagian sol yang rata dan licin. 

Cara menggunakannya sangatlah mudah, hanya perlu berikan lemnya di bagian sol dengan cara yang tidak merata agar permukaan menjadi berstruktur dan tidak rata lagi. Setelah itu biarkan lem tersebut sampai benar-benar kering.

Ganti sol yang baru di reparasi sepatu

Untuk kawan-kawan yang memiliki sepatu dengan harga yang cukup mahal, alangkah baiknya jangan mengambil risiko. Hal ini akan lebih baik jika kawan-kawan membawanya ke tempat reparasi sepatu yang profesional. 

Disana kawan-kawan akan mendapatkan solusi terbaik dari ahlinya, tetapi biasanya adalah mengganti sol yang lama menjadi baru.

Aplikasikan pengkikir kuku pada bagian sol

Cara yang selanjutnya ini bisa kawan-kawan lakukan sendiri juga, tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang. Jika kawan-kawan mempunyai pengkikir kuku yang terbuat dari besi, cobalah aplikasikan alat tersebut ke sol sandal atau sepatu. 

Setelah itu pastikan sol sepatu dapat menempel dengan baik di permukaan, biasanya jika sol sudah kasar berarti sudah bagus.

Tempelkan plester pada bagian sol yang licin

Plester merupakan alat yang berguna untuk melindungi luka pada tubuh dari kotoran-kotoran di luar, tetapi kawan-kawan juga bisa menggunakan plester untuk mengatasi sepatu dan sandal yang licin. Caranya sangat mudah, tempelkan satu atau dua buah plester pada bagian sol sepatu.

Pastikan plesternya mempunyai warna yang selaras dengan bagian sol-nya ya, selain itu jangan lupa untuk menjaga alas kaki kawan-kawan agar terhindar dari air. Jangan sampai alas kaki tersebut basah, karena beberapa plester tidak memiliki daya tempel yang kuat dan mudah di lepas.

Gunakan karet grip pada bagian sol

Jika alasan kawan-kawan sepatu atau sandal yang dimiliki masih layak pakai, namun hanya saja bagian sol-nya sudah licin dapat di atasi dengan karet grip loh. Karet grip ini bisa kawan-kawan dapatkan di toko-toko dengan mudah, baik offline maupun online.

Karet grip dapat membantu sol memiliki daya tempel atau cengkeram sol menjadi lebih kuat lagi, caranya menggunannya juga sangatlah mudah. Tempelkan karet grip di bagian sol menggunakan perekat, pastikan karet grip menempel dengan baik. Dengan begitu kawan-kawan tidak perlu khawatir untuk terpeleset.

Semprot sol dengan spray khusus

Traction spray atau grip spray terkenal ampuh dapat mengatasi sepati yang licin, kawan-kawan bisa menggunakan spray tersebut sebagai solusi yang cukup baik. Namun sayangnya spray tersebut memiliki harga yang cukup mahal, karena spray tersebut tahan lebih lama.

Jika kawan-kawan menginginkan alternatif spray lain, bisa gunakan hair-spray untuk mengatasi sepatu yang licin. Hair-spray mungkin jauh lebih murah di bandingkan dengan grip spray maupun traction spray, tetapi sayangnya hair-spray tidak tahan lama seperti grip dan traction spray.

Gunakan lebih sering mungkin

Beberapa sepatu dan sandal baru ada yang licin ketika digunakan untuk pertama kalinya, tidak perlu khawatir, apa lagi sampai-sampai mengganti bagian sol dengan yang lain. Sebenarnya sepatu maupun sandal tersebut hanya perlu digunakan untuk beberapa kali lagi, jangan langsung di otak-atik.

Parut sol yang licin dengan parutan keju

Cara yang terakhir juga cukup ampuh untuk mengatasi sepatu ataupun sandal kawan-kawan yang sudah licin, sol yang sudah rata dapat menjadi bergerigi kembali dengan memarutnya dengan parutan keju. Parut dengan cara yang lembut dan perlahan agar tidak merusak teksturnya, setelah itu kawan-kawan bisa menggunakannya kembali.

Itulah cara-cara untuk mengatasi sepatu dan sandal agar tidak licin ketika digunakan yang Andronezia rangkum, kawan-kawan bisa memilih salah satu alternatif terbaik menurut kawan-kawan. Jangan lupa bagikan postingan Andronezia kali ini jika bermanfaat, terima kasih dan semoga berhasil!