Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Itu Investasi? Berikut Resiko & Cara Memulainya

investasi

Sebagian besar investasi menghasilkan uang melalui capital gain, bunga atau dividen. Jika Anda membeli barang koleksi seharga 1 juta rupiah dan lima tahun kemudian bernilai 5 juta rupiah, kira-kira seperti itu investasi, untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel ini sampai habis.

Apa itu investasi?

Investasi yaitu Anda memberi uang atau sumber daya lain dengan harapan mendapat untung di masa depan.

Pendidikan universitas misalnya, dapat dianggap sebagai investasi karena Anda menginvestasikan waktu Anda (sumber daya) dengan harapan mendapatkan ijazah dan pekerjaan yang baik setelah lulus (manfaat masa depan). 

Di sisi keuangan, investasi berarti bahwa seseorang berinvestasi dalam aset keuangan, atau jaminan, seperti saham atau obligasi, dengan harapan menerima lebih banyak uang sesudahnya.

Risiko berinvestasi

Bahkan jika berinvestasi dapat menghasilkan uang bagi Anda, itu bukan tanpa risiko. Risiko investasi terbesar adalah Anda dapat kehilangan uang yang Anda investasikan. 

Tidak seperti tabungan atau giro, yang nilainya dijamin oleh Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC), investasi tidak mendapat manfaat dari jaminan tersebut.

Risiko besar lainnya dalam berinvestasi adalah emosi Anda sendiri. Banyak investasi yang fluktuatif dalam jangka pendek, yang berarti bahwa nilainya dapat berfluktuasi banyak selama satu hingga lima tahun. Selama resesi ekonomi, nilai banyak investasi dapat turun secara dramatis. 

Ketika Anda berinvestasi, Anda harus menyimpan sebagian besar investasi Anda selama sepuluh, dua puluh tahun atau lebih. 

Selama periode waktu yang lebih lama, nilai investasi ini secara historis meningkat. Ingatlah ini ketika membuat keputusan investasi. 

Sebagai seorang investor, Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik jika keputusan investasi Anda didasarkan pada logika dan alasan daripada emosi.

Mengapa Penting Untuk Berinvestasi?

Ketika Anda berpikir untuk berinvestasi, mudah untuk memahami mengapa orang mempertaruhkan uang mereka untuk potensi pengembalian. 

Berinvestasi sama dengan menabung, namun Anda bisa saja mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dari apa yang Anda tabung. 

Lihat Juga:

Tetapi pastikan Anda benar-benar selalu detail terhadap investasi, jangan asal berinvestasi, karena mungkin Anda hanya akan membuang-membuang uang dan waktu saja.

Cara Mulai Berinvestasi

Munculnya investasi online telah membuatnya mudah untuk mulai berinvestasi. Banyak broker online tidak memerlukan jumlah minimum untuk memulai, sehingga Anda bisa mulai hanya dengan beberapa ratus ribu rupiah saja. 

Ketahuilah bahwa semua broker memungut berbagai biaya untuk menggunakan layanan mereka; Anda harus memahaminya sebelum mendaftar. Buat dan tentukan strategi serta pastikan Anda melakukan riset dan memahami semua risiko yang terlibat.