Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022

Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022

Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 dan Cara Mengatasi Gagal Unduh Prefill "Data Akun Operator Belum Terdaftar" di Aplikasi Dapodik 2022.

Salah satu error umum yang kemungkinan akan ditemui oleh Operator Sekolah saat memakai rilis terbaru dari Aplikasi Dapodik adalah tidak bisa mendowload Prefill, Termasuk pada Aplikasi Dapodik 2022.

Solusi utama yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah adalah dengan cara menghubungi Dinas.

Hanya saja metode tersebut cukup memakan waktu dan ada juga beberapa Dinas Kabupaten yang mewajibkan Operator untuk mengirimkan dokumen lengkap. 

Bagi Anda yang masih malas untuk menghubungi dinas dan memilih untuk mencari metode alternatif, Anda berada di tempat yang tepat. Pasalnya pada postingan ini Andronezia akan membagikan Solusi Cara Mengatasi Gagal Unduh Prefill "Data Akun Operator Belum Terdaftar" di Aplikasi Dapodik 2022.

Jadi silahkan baca postingan Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 ini sampai selesai.

Penyebab Gagal Unduh Prefill Aplikasi Dapodik 2022

Sebelum langsung ke pembahasan, Andronezia akan memberikan beberapa penyebab mengapa error ini bisa terjadi. Yaitu:
  • Koneksi Internet Bermasalah/Tidak Stabil
  • Data tidak Lengkap Meskipun Berhasil Generate Prefill
  • Akun Terkena Pembersihan (Cleanshing)
Dari beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, dapat diketahui bahwa beda masalah maka beda pula Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022.

Cara Mengatasi Gagal Unduh Prefill Aplikasi Dapodik 2022

Berikut beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk Mengatasi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022:

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Koneksi internet yang bermasalah merupakan faktor yang sangat mempengaruhi error ini terjadi. Hal ini disebabkan karena gagal proses generate prefill. Tak hanya itu, Koneksi internet yang tidak stabil juga dapat membuat data yang terunduh di dalamnya tidak lengkap.

Refresh Browser

Beberapa pengguna menuturkan bahwa mereka dapat mengatasi error ini hanya dengan melakukan trik sederhana yakni dengan mereload atau merefresh browser yang mereka gunakan. 

Caranya yaitu dengan menekan tombol F5 di keyboard. Selanjutnya laman akan otomatis tereload.

Menggunakan VPN

Virtual Private Network atau biasa disingkat dengan VPN juga bisa menjadi salah satu Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 yang dapat Anda coba.

Beberapa VPN yang bisa Anda coba diantaranya adalah
  • Browsec
  • SetupVPN- Lifetime Free VPN
  • Hola VPN
  • ZenMate VPN
  • TunnelBear VPN
  • Hotspot Shield VPN
  • VPN Free
  • Tunnell VPN
  • PureVPN Free VPN Proxy
  • NordVPN
Bagi yang menggunakan Chrome silahkan buka Chrome Web Store melalui link ini https://chrome.google.com/webstore/category/extensions?hl=id Kemudian ketikkan salah satu VPN di atas dan pasang di browser Anda. 

Jika memakai Firefox kunjungi Firefox Addon lewat link ini https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/ Kemudian ketikkan salah satu VPN di atas dan pasang di browser Anda. 

Setelah itu aktifkan VPN dan coba lagi untuk Download Preffil.

Registrasi Dapodik Secara Online

Seperti yang Anda ketahui bahwa melakukan Registrasi Dapodik 2022 itu bisa dilakukan Secara Offline ataupun Online.

Yang membedakannya adalah Jika Registrasi secara Offline harus menggunakan prefill sementara Online tidak.

Jadi silahkan lakukan Registrasi Dapodik Secara Online supaya tidak perlu repot mendownload data Prefill terlebih dulu.

Untuk caranya silahkan baca postingan ini: Cara Registrasi Dapodik 2022 Secara Offline & Online

Uninstal dan Instal Kembali Aplikasi Dapodik

Solusi lainnya yang dapat Anda coba untuk Mengatasi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 adalah dengan mencopot terlebih dahulu Aplikasi Dapodik kemudian menginstalnya kembali. Pasalnya, kemungkinan error ini disebabkan oleh aplikasi yang tidak terinstall dengan benar. 

Agar Aplikasi tidak meninggalkan sampah dan di PC, silahkan gunakan metode ini Cara Uninstal Aplikasi di Laptop Hingga Ke Akarnya Sampai Bersih Kemudian baca panduan Cara memasang Aplikasi Dapodik 2022 di artikel berikut: Cara Install Aplikasi Dapodik 2022

Menghubungi Admin Dinas Pendidikan

Jika 5 metode di atas tidak ada satu pun yang berhasil menjadi Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 artinya Akun Dapodik terkena Cleanshing. Maka satu-satunya cara adalah dengan menghubungi Admin Dinas Pendidikan setempat.

Untuk menangani masalah ini, Ada Kabupaten yang menanganinya hanya dengan menginstruksikan Satuan Pendidikan untuk mengirimkan data NPSN, Email Dapodik, Password dan Kode Registrasi.

Namun ada pula yang mewajibkan pemohon untuk menyiapkan dokumen secara lengkap. Berikut beberapa di antaranya:
  • Surat Tugas
  • SK Operator Dapodik
  • Surat Permohonan Kepala Sekolah

Penutup

Demikianlah postingan tentang Solusi Tidak Bisa Download Prefill Dapodik 2022 dan Cara Mengatasi Gagal Unduh Prefill "Data Akun Operator Belum Terdaftar" di Aplikasi Dapodik 2022.