Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

20 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh

Blueberry mengandung antioksidan dan fitonutrien, keduanya memiliki manfaat kesehatan yang kuat.

Ini termasuk kemampuan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengendalikan tekanan darah dan diabetes, dan bahkan dapat menurunkan risiko kanker.

Tak hanya dianggap sebagai makanan super oleh banyak orang, blueberry juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak, mempercepat penurunan berat badan, dan meredakan peradangan.

Apa itu Blueberry?

Blueberry (Vaccinium corymbosum) adalah buah beri kecil berwarna indigo yang dapat dimakan, yang rasanya manis. Tanaman blueberry adalah semak berbunga abadi yang tumbuh berkelompok, terutama di Amerika Utara.

Blueberry terkait erat dengan bilberry, cranberry, dan gooseberry.

Kandungan Nutrisi Blueberry

Blueberry padat nutrisi, rendah kalori, dan tinggi serat. Menurut Database Nutrisi Nasional USDA, buah beri kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalium, tembaga, dan mangan.

Buah ini rendah karbohidrat dan natrium serta memiliki kandungan air yang tinggi. Mereka juga kaya akan antioksidan, terutama antosianin, yang bertanggung jawab atas warna biru tua dan manfaat kesehatannya yang kuat. 

Blueberry, dibandingkan dengan banyak makanan lain, memiliki salah satu antioksidan tertinggi.

Apa Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan?

Mari kita lihat apa saja manfaat Blueberry untuk kesehatan tubuh kita di bawah ini:

1. Memperkuat Tulang

Manfaat Blueberry yang pertama adalah untuk memperkuat tulang karena buah sehat ini kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, seng, dan vitamin K; Nutrisi ini, bersama dengan olahraga dan pola makan sehat secara keseluruhan, adalah kunci kesehatan tulang.

2. Merawat kulit (Skin Care)

Antosianin dalam blueberry membantu melawan kerusakan DNA oksidatif, sedangkan kelimpahan vitamin C merupakan faktor besar dalam membangun kolagen.

Inilah sebabnya mengapa mengkonsumsi blueberry secara teratur dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput, bintik-bintik penuaan, dan jerawat.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan serat yang tinggi dan antioksidan yang melimpah dalam blueberry dapat membantu melarutkan kolesterol jahat, menjadikannya suplemen makanan yang ideal untuk memerangi banyak penyakit jantung, sekaligus memperkuat otot jantung.

Blueberry juga mengandung kalium, kalsium, dan magnesium, yang membantu menurunkan tekanan darah. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa konsumsi blueberry setiap hari membantu meningkatkan tekanan darah dan kekakuan arteri pada wanita pascamenopause.

Sementara studi populasi yang lebih panjang dan lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi kemanjuran hasil ini, temuan awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi blueberry setiap hari dapat mengurangi tekanan darah dan kekakuan arteri. 

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Blueberry dikenal dengan kandungan serat, antosianin, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C.

Serat dan antosianin telah terbukti membantu mengurangi kolesterol, yang pada gilirannya, dapat mengurangi atau mencegah penyumbatan arteri.

Vitamin B6 dan folat mengurangi kerusakan pembuluh darah dengan menghambat pembentukan homosistein dan kalium mengatur kerja otot jantung.

5. Mengelola Diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian, Jus dan ekstrak blueberry dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada pria dan wanita obesitas, nondiabetes, dan residen insulin.

Blueberry adalah makanan berserat tinggi yang merupakan bagian penting dari diet diabetes dan membantu menurunkan kadar gula darah.

6. Dianggap Sebagai Antikanker 

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Beckman Research Institute of the City of Hope, California, dalam Cancer Research Journal, buah beri memiliki sifat anti kanker.

Hasil studi mereka menunjukkan bahwa asupan blueberry secara oral bisa menjadi komponen kunci dari strategi pencegahan kanker jangka panjang.

Sebuah tim peneliti Amerika juga menerbitkan laporan di Nutrition and Cancer Journal yang menyatakan bahwa buah sehat ini mengandung senyawa tertentu seperti pterostilbene dan asam ellagic.

Keduanya selaras dengan antosianin dan antioksidan lainnya (seperti vitamin C dan tembaga) juga sedang diteliti untuk potensi anti kankernya.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin, mineral, dan fitonutrien dalam blueberry di antara anak-anak dalam kelompok usia 7-10 tahun tampaknya meningkatkan kognisi dan mencegah beberapa degenerasi dan kematian neuron menunjukkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition.

Menurut studi pendahuluan yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa bermanfaat yang ditemukan dalam buah beri ini mungkin memiliki implikasi positif untuk menurunkan risiko Anda menderita gangguan seperti penyakit Alzheimer.

Mereka bahkan dapat menyembuhkan sel-sel otak yang rusak dan jaringan neuron untuk menjaga daya ingat tetap tajam. Namun, penelitian masa depan diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan awal ini.

8. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya meningkatkan pencernaan dan penurunan berat badan. Menurut sebuah penelitian, Blueberry juga meningkatkan rasa kenyang dan dapat membantu mengurangi lemak perut.

Satu cangkir blueberry hanya mengandung 15 gram karbohidrat dan 84 kalori. Jadi, blueberry beku atau kering adalah camilan rendah kalori yang bagus untuk dikonsumi saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan secara alami.

9. Kaya Antioksidan

Antioksidan bersama dengan fitonutrien dan flavonoid lain yang ada dalam blueberry bertanggung jawab atas beberapa aktivitas pembersihan radikal bebas di dalam tubuh.

Kelompok flavonoid, khususnya antosianin, melindungi tubuh dari segala jenis kerusakan akibat radikal bebas. 

Sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menetapkan bahwa antioksidan dalam jumlah tinggi bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai cara termasuk mengurangi kerusakan struktur sel, kerusakan DNA, dan penuaan dini.

10. Mengurangi Peradangan

Antioksidan dalam blueberry memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi aktivitas penanda peradangan.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah penyakit inflamasi kronis.

11. Antidepresan 

Blueberry liar yang kaya flavonoid membantu meningkatkan suasana hati dan bertindak sebagai antidepresan yang efektif.

12. Melancarkan Pencernaan 

Serat yang ada dalam blueberry berkontribusi terhadap jumlah total produk susu yang dibutuhkan untuk mencegah sembelit.

Selain itu, vitamin, natrium, tembaga, fruktosa, dan asam yang dikandung blueberry dapat membantu pencernaan dengan merangsang sekresi cairan lambung dan pencernaan yang benar.

Faktor ini membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem gastrointestinal.

13. Obat Infeksi Saluran Kemih 

Mirip dengan bagaimana cranberry dan jus cranberry dikenal untuk meredakan Infeksi Saluran Kemih, blueberry juga bisa melakukan hal tersebut.

Keduanya diketahui memiliki sifat dan senyawa antibiotik tertentu yang mencegah bakteri menempel pada dinding kandung kemih.

14. Menyehatkan Mata

Blueberry dapat menunda masalah mata terkait usia karena sifat antioksidannya. termasuk degenerasi makula, katarak, miopia dan hipermetropia, kekeringan, serta infeksi yang berkaitan dengan retina.

Buah sehat ini mengandung antioksidan khusus yang disebut karotenoid (lutein, zeaxanthin, dll.), Flavonoid (seperti rutin, resveratrol, quercetin, dll.), Dan senyawa antioksidan lainnya, yang semuanya sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

15. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Antioksidan yang ada dalam blueberry dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda secara keseluruhan dan mencegah infeksi.

Setelah sistem kekebalan Anda kuat, Anda mengurangi kemungkinan terkena masuk angin, demam, cacar, dan penyakit menular lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang disebarkan oleh bakteri dan virus.

16. Mengurangi Nyeri Otot 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Society of Sports Nutrition, Blueberry membantu mengurangi nyeri otot dan kelelahan yang terjadi setelah olahraga atau aktivitas berat.

17. Menyehatkan Rambut

Blueberry mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Campur blueberry dan minyak zaitun, oleskan campuran tersebut ke rambut dan akar dan bilas dengan air hangat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

18. Mengurangi Sindrom Radang Usus

Kulit blueberry yang dikonsumsi bersama dengan probiotik menunjukkan sifat anti-inflamasi yang kuat. Kombinasi ini dapat meringankan gejala sindrom radang usus dan penyakit Crohn, seperti perdarahan dan nyeri yang disebabkan oleh kolitis ulserativa.

19. Detoksifikasi 

Antosianin dalam blueberry telah dipelajari pada model hewan dan ditemukan berpotensi membantu detoksifikasi logam berat dari tubuh termasuk timbal, merkuri, kadmium, dan arsen.

20. Memperpanjang Umur

Polifenol dan resveratrol yang ditemukan dalam blueberry telah lama dianggap membantu meningkatkan umur panjang dan mengurangi efek buruk yang terkait dengan penuaan.

Tentunya senyawa tersebut hanya bermanfaat jika dipadukan dengan olahraga dan gaya hidup sehat.

Penutup

Demikianlah artikel seputar 20 Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh. Sekarang kita tahu bahwa buah sehat ini memiliki bayak manfaat yang dapat membantu Kita hidup sehat.

Sumber Referensi Manfaat Blueberry Untuk Kesehatan Tubuh
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171711/nutrients
  • https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/171711/nutrients
  • https://doi.org/10.3945/jn.110.124701
  • http://jandonline.org/article/S2212-2672%2814%2901633-5/abstract
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3762447/
  • https://doi.org/10.3390/antiox5040044
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2862148/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18444155/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26437830
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3797064/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21861718/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10995120
  • https://pubs.acs.org/doi/abs/10.1021/jf801381y
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15186133
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22175691
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3492709/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24905959
  • https://www.psychologytoday.com/us/articles/200307/flavonoids-antioxidants-help-the-mind
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3544045/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/17492798
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4632771/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14715915
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583121/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18680631
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19670079
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3311639/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24751684
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3654245/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22197903
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4347486/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1413581/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19770673
  • https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-blueberries.html