Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4 Level Pembelajaran 2 dan Kunci Jawaban Tahun 2021 - Asesmen Kompetensi Minimum atau yang biasa disingkat dengan AKM adalah suatu kegiatan penilaian kompetensi mendasar yang dibutukan oleh Peserta Didik baik siswa maupun siswi guna mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. 

AKM memiliki tiga jenis soal level pembelajaran yakni, Numerasi, Literasi dan Literasi Teks Informasi, dimana ketiga komponen tersebut bisa di Implikasikan pada Pembelajaran.

Pada postingan ini Andronezia akan membagikan Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4  dan Kunci Jawaban untuk Level Pembelajaran yang diambil dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dengan diterbitkannya Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4 dan Kunci Jawaban ini, Andronezia berharap dapat mempermudah Bapak/Ibu Guru, Wali Murid, ataupun peserta didik dalam mencari Contoh Soal AKM Literasi Teks Fiksi sebagai bahan referensi tambahan dalam proses belajar dan mengajar. 

Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4 dan Kunci Jawaban

Terdapat tiga pokok materi pembelajaran dalam pembahasan Contoh Soal AKM Kelas 3 & 4 ini Menemukan Informasi, Memahami, serta Mengevaluasi dan merefleksi.

A. Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks
  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)
B. Memahami

1. Memahami teks secara literal
  • Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (2 Soal)
2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak
  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi. (6 Soal)
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)
    C. Mengevaluasi dan merefleksi

    1. Menilai format penyajian dalam teks
    • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (3 Soal)
    2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi
    • Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya. (1 Soal)

    Untuk memudahkan Bapak/Ibu Guru, ataupun peserta didik yang ingin mengetahui Soal AKM Literasi Teks Fiksi Kelas 3 & 4, Andronezia telah merangkum keseluruhan soalnya dalam format file PDF supaya dapat di buka saat online maupun offline.

    Preview soal

    Bagi yang berminat memilikinya silahkan klik tautan unduhan di bawah ini:


    Sumber Soal : https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm?j=2&l=2