Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rumah Belajar: Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah

Rumah Belajar: Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah

Rumah Belajar: Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah - Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi kekosongan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah dengan merilis sebuah layanan belajar gratis di Web Kemendikbud dan Aplikasi smartphone yang diberi nama Rumah Belajar.

Apa Itu Rumah Belajar Kemendikbud

Rumah Belajar adalah sebuah portal pembelajaran yang membagikan materi bahan ajar dan fasilitas komunikasi guna mendukung interaksi diantara komunitas.

Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah ini hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru.

Tujuan kemendikbud menghadirkan Rumah Belajar adalah supaya semua orang di Indonesia bisa belajar di mana saja dan kapan saja bersama siapa saja.

Dengan demikian, Seluruh siswa dan guru yang ada di Indonesia dari semua jenjang PAUD, SD, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dipastikan dapat mengakses seluruh konten yang tersedia di Rumah Belajar secara gratis.

Hingga postingan ini ditulis, tercatat telah ada sebanyak 273.509 Guru dan 666.708 Siswa yang telah bergabung. 

Fitur Utama Rumah Belajar

Berikut Fitur Utama di Rumah Belajar yang dapat kamu gunakan:

Kelas Maya

Kelas Maya adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan secara khusus guna memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. 

Dengan menggunakan Kelas Maya, Pengajar bisa membagikan bahan ajar kepada Pelajar dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.

Sumber belajar

Sumber belajar adalah fitur Rumah Belajar yang menyajikan materi ajar untuk siswa serta guru yang berlandaskan kurikulum.

Seluruh Materi ajar yang tersedia disajikan secara terstruktur dan di support oleh tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, serta permainan.

Bank Soal

Bank Soal merupakan fitur yang berisi koleksi soal serta materi materi evaluasi siswa 
Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikategorikan berdasarkan topik atau tema ajar. 

Selain itu di Bank Soal juga terdapat bermacam-macam soal latihan, ulangan, serta ujian yang dapat di akses secara gratis.

Laboratorium Maya

Laboratorium Maya adalah Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada di Rumah Belajar. Fitur ini disajikan secara interaktif serta menarik. Selain itu, Laboratorium Maya juga dikemas dengan lembar kerja siswa (LKJ) serta teori praktikum.

Fitur Pendukung Rumah Belajar

Selain fitur-fitur utama yang telah Andronezia sebutkan di atas, Rumah Belajar kemendikbud ini juga mempunyai fitur-fitur pendukung lainnya yaitu:

Peta Budaya

Fitur Peta Budaya berisikan konten-konten seputar budaya Indonesia. Di sini Pengguna dapat Mengunduh Konten, Memberi Komentar, Memberikan Link Referensi.

Buku Sekolah Elektronik

Fitur Buku Sekolah Elektronik atau yang biasa disingkat dengan BSE berisi kumpulan Buku Paket Sekolah Guru & Siswa dari jenjang PAUD, SD, SMP, hingga SMA berformat PDF yang dapat Pengguna download secara gratis

Wahana Jelajah Angkasa

Fitur ini akan sangat cocok sekali bagi Kamu yang menyukai luar angkasa. dengan fitur ini, Pengguna dapat melihat tata surya, planet-planet seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Bumi, Venus, Mars, Merkurius dan juga planet yang belum didientifikasi. Selain itu ada juga penampakan langit, panorama dan lain-lain.

Karya Bahasa dan Sastra

Fitur ini berisikan konten-konten seputar Bahasa dan Sastra, seperti Prosa dan Puisi. Selain itu, pengguna juga dapat Mengunduh Konten, Memberi Komentar, Memberikan Link Referensi.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

SimpaTIK atau PembaTIK yang merupakan singakatan kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, adalah program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang berdasarkan pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. 

Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Edugame

EduGame yang merupakan singkatan dari Edukasi & Game adalah fitur Rumah Belajar kemendikbud yang berisi bermacam-macam game interaktif yang bisa dimanfaatkan oleh siswa baik secara mandiri maupun dengan bimbingan guru atau bersama orang tua.

Game yang tersedia di EduGame telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan.

Blog Pena

Blog Pena adalah sebuah blog dari Kemendikbud yang berisikan informasi-informasi seputar pendidikan. 

Pertanyaan Umum Seputar Rumah Belajar

Apakah APK Rumah Belajar Gratis?

Tidak ada biaya khusus yang harus dikeluarakan oleh Pengguna supaya dapat melihat seluruh konten yang ada di Rumah Belajar. Pasalnya Apps yang dikembangkan oleh Kemendikbud ini merupakan Aplikasi Belajar Online Gratis Dari Pemerintah

Siapa Yang Boleh Mengakses Rumah Belajar?

Semua orang dapat mengakses dan melihat, membaca ataupun mengunduh konten yang tersedia di Rumah Belajar baik itu Pengajar (Guru), Pelajar (Siswa), maupun Umum.

Konten Apa Saja Yang Terdapat Pada Aplikasi Rumah Belajar?

Rumah Belajar mempunyai sebanyak 11 fitur yang terdiri dari 5 Fitur Utama yaitu Kelas Maya, Sumber belajar, Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Dan 7 Fitur Fitur Pendukung yakni Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Edugame dan Blog Pena.

Apa Website Rumah Belajar?

Apa Email Rumah Belajar?

rumahbelajar@kemdikbud.go.id

Berapa Nomor Telepon Rumah Belajar?

Telepon: (021) 1500005

Berapa Nomor WhatsApp Rumah Belajar?

WA: +62 813-1569-8315

Akhir Kata

Demikianlah postingan seputar Portal Rumah Belajar Kemendikbud yang merupakan aplikasi belajar online gratis dari pemerintah.