Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Review ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop Untuk Semua Kalangan

Review ASUS VivoBook 14 (A416), Laptop Untuk Semua Kalangan

Review ASUS VivoBook 14 (A416) - Sepuluh bulan sudah covid-19 telah melanda Negara Indonesia. Adanya pandemi ini memaksa masyarakat mengubah kebiasaan mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan juga harus mengikuti kebijakan pemerintah terkait protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Hampir semua lini pekerjaan terdampak akibat covid-19. Misalnya seperti pekerja kantoran, mereka harus mengubah pola kerja dari yang tadinya bekerja di kantor menjadi bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH).

Begitupun dengan Sekolah. Dari yang tadinya belajar dilakukan secara tatap muka di dalam kelas kini kegiatan belajar mengajar Guru dan Murid harus dilakukan secara online atau juga disebut dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Walaupun awalnya menimbulkan kegaduhan, Namun seiring berjalannya waktu kegiatan bekerja dan belajar dari rumah terbukti bisa dilakukan. Hanya saja ada satu permasalahan yang yang timbul dari perubahan ini yaitu tidak semua orang mempunyai perangkat PC sehingga bekerja atau belajar dari rumah menjadi terkendala.

Jalan keluar tercepat yang banyak orang ambil adalah dengan membeli laptop, pasalnya mempunyai ukuran yang lebih kecil ketimbang PC dan juga telah dilengkapi dengan webcam dan microfone guna menunjang kegiatan bekerja atau belajar dari rumah.

Akan tetapi, dikarenakan saat ini lebih banyak laptop yang di desain secara spesifik hanya untuk kebutuhan tertentu saja, membuat beberapa orang kesulitan dalam memilih laptop yang dapat digunakan untuk segala kebutuhan seperti bekerja atau bermain.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ASUS selaku produsen laptop terdepan di Indonesia membuat sebuah gebrakan dengan memperkenalkan VivoBook 14 A416, yang merupakan laptop untuk semua kalangan.

Hadirnya berbagai teknologi dan fitur terkini pada VivoBook 14 (A416) membuat laptop ini mudah dibawa kemana saja serta membantu meningkatkan produktivitas bekerja dimana saja bagi siapapun baik itu oleh pekerja kantoran yang sedang Work from Home ataupun Guru dan Murid yang menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh.

Lantas, apa lagi kelebihannya ? Berikut ulasan lengkap terkait fitur dan teknologi yang ada pada laptop ASUS VivoBook 14 (A416):

Review ASUS VivoBook 14 (A416)

ASUS VivoBook 14 (A416) adalah laptop segment mainstream yang dirancang sebagai perangkat komputasi handal untuk semua kalangan. Tak hanya mempunyai fitur serta terknologi terkini saja, Produk yang di perkenalkan oleh ASUS pada pertengahan desember tahun lalu ini merupakan salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia dengan berbagai konfigurasi dan spesifikasi beragam serta fitur modern.

Simpel & Ringkas

Tagline "Easy portability" yang disematakan ASUS pada produk ini memang benar-benar terbukti karena VivoBook 14 (A416) hanya memiliki berat 1,6 kilogram serta tebalnya hanya 19,9 mm. Dengan demikian, laptop ini akan sangat mudah untuk dibawa bepergian kemanapun.

ASUS VivoBook 14 (A416) Simpel & Ringkas
© asus.com
Lapisan transparan Silver atau Slate Grey pada body menambah kesan futuristik dan modis pada laptop. Selain itu, ASUS juga bahkan menyediakan charger yang sangat ringkas dan mudah untuk dimasukkan kedalam bermacam-macam tipe ruang di dalam tas. 

Cepat dan Efisien

Begitupun dengan tagline "Effortless productivity" yang tersemat pada laptop ini benar-benar terbukti. karena dari segi hardware, ASUS VivoBook 14 (A416) ditenagai oleh prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 dengan DDR4 RAM 8GB yang bisa diupgrade hingga 16 GB serta Discrete graphics NVIDIA® MX330 akan membuat kinerja laptop lebih cepat dan efisien. 

ASUS VivoBook 14 (A416) Cepat dan Efisien
© asus.com

Dengan menggunakan Laptop yang cepat dan efisien tentunya akan menambah produktivitas baik dalam bekerja ataupun belajar karena dipastikan dapat menunjang kegiatan dengan baik.

Penyimpanan Ganda

ASUS VivoBook 14 (A416) Penyimpanan Ganda
© asus.com
Untuk mengoptimalkan penyimpanan, VivoBook 14 (A416) menggunakan dua jenis penyimpanan yakni 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Selain itu, pengguna juga dapat menyematkan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB yang akan memberi pengguna kapasitas penyimpanan lebih besar dan meningkatkan kecepatan baca/tulis data pada laptop ini. 

NanoEdge Display

Layar NanoEdge yang ASUS sematkan pada VivoBook 14 (A416) dipastikan akan memberikan pengalaman yang mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital sehingga penggunanya bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata baik saat bekerja ataupun bermain.

ASUS VivoBook 14 (A416) NanoEdge Display
© asus.com
Teknologi eksklusif dari ASUS tersebut menawarkan sudut pandang 178° yang luas dan lapisan anti-silau untuk menghalau pantulan sinar ke body laptop guna menambah kenyamanan dan konsentrasi saat bekerja ataupun belajar. 

Tak hanya itu, teknologi NanoEdge juga membuat dimensi laptop secara keseluruhan menjadi sangat ringkas. Selain itu VivoBook 14 (A416) ini masih menempatkan webcam di atas layar guna memberikan kenyamanan kepada pengguna.

Fingerprint Sensor

Fingerprint Sensor atau Sensor Sidik Jari merupakan teknologi modern dan pastinya canggih. Fitur yang biasanya terdapat di laptop kelas premium tersebut memungkinkan pengguna VivoBook 14 (A416) bisa masuk ke dalam sistem Windows 10 Home melalui Windows Hello.

ASUS VivoBook 14 (A416) Fingerprint Sensor
© asus.com
Fingerprint Sensor tentunya akan memberikan sebuah tingkat keamanan ektra sekaligus akan mempercepat proses membuka kunci. Dengan menggunakan Fitur ini penguna tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi, yang pengguna harus lakukan hanyalah menyentuh Sensor Sidik Jari di samping touch pad.

NumberPad LED

NumberPad merupakan solusi bagi kurangnya keypad numerik pada tipe laptop compact. Untuk cara penggunaanya sangat mudah cukup tekan ikon touchpad untuk mengubahnya menjadi panel angka. Fitur ini akan memudahkan pengguna ketika harus menginput angka saat bekerja.

ASUS VivoBook 14 (A416) Fingerprint Sensor
© asus.com
Tak hanya itu saja, ASUS NumberPad juga dilengkapi dengan LED yang membuat VivoBook 14 (A416) semakin lebih cantik.

Keyboard Ergonomis

ASUS VivoBook 14 (A416) hadir dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi backlit untuk memudahkan pengguna saat bekerja saat di lingkungan yang minim cahaya. Selain itu, Keyboard juga didesain secara ergonomis dan lebih kokoh dan setiap tombol keyboard-nya memiliki key travel sejauh 1,4mm yang sangat ideal untuk mengetik.

Konektivitas Lengkap

Laptop ini di desain sebagai laptop modern dan mengedepankan mobilitas supaya dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Karenanya VivoBook 14 (A416) dibekali dengan berbagai fitur konetivitas untuk memudahkan pengguna.

ASUS VivoBook 14 (A416) Konektivitas Lengkap
© asus.com
Seperti port USB-C® 3.2 port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack guna melancarkan kebutuhan konektivitas sehari-hari. Sedangkan pada sisi konektivitas nirkabel, Laptop ini dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terkoneksi ke jaringan internet, dan Bluetooth 4.1 supaya penggunanya bisa menyambungkan berbagai tool nirkabel.

Struktur Yang Kokoh Dengan Perlindungan Ekstra

Tak hanya memiliki banyak fitur modern, VivoBook 14 (A416) pun mempunyai struktur yang kokoh pada seluruh bagian laptop. Misalnya pada chasis utama dan rangka layar yang bahan dasarnya berasal dari logam guna memeperkuat seluruh bodi laptop guna memberikan perangkat yang jauh lebih stabil saat digunakan untuk mengetik dan mengoperasikan touchpad.

ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan perlindungan ekstra yakni berupa fitur E-A-R® HDD protection yang berfungsi untuk menyerap getaran yang timbul saat laptop terguncang dan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

ASUS VivoBook 14 (A416) Struktur Yang Kokoh
© asus.com
E-A-R® HDD protection ini sangat berguna sekali pasalnya kebanyakan HDD laptop lebih rentan terhadap kerusakan fisik dibandingkan dengan SSD. 

Tak hanya itu saja, ASUS juga memperkuat bagian sisi tutup VivoBook 14 A416 dan memfungsikannya seperti pelindung benturan pada bagian sisi mobil. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan struktural pada bagian cover, layar, dan engsel.

Microsoft Office Siap Pakai

Di VivoBook 14 (A416) ini, ASUS juga menyertakan Microsoft Office Pre-Installed. Jadi selain mendapatkan laptop, Para pembeli juga akan mendapatkan lisensi permanen dari semua produk Microsoft Office Home & Student 2019. Software ini terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel dan PowerPoint. 

Microsoft Office

Tentunya ini adalah hal yang menguntungkan bagi Pembeli karena akan menghemat pengeluaran. Pasalnya, harga Microsoft Office lumayan mahal bagi para pelajar.

Selain itu Software besutan Microsoft tersebut juga akan terus diperbaharui guna menjaga penggua terkena virus dan malware yang kemungkinan dapat menginfeksi software kedaluarsa.

Aplikasi  MyASUS

Aplikasi MyAsus secara default telah terinstal di semua seri laptop buatan ASUS mulai dari seri entry-level hingga kelas premium.

Lebih jauh, MyAsus adalah sebuah aplikasi utility atau utilitas yang di dalamnya tersedia bermacam-macam fitur dan fungsi yang bisa gunakan untuk mengoptimalkan performa laptop, Misalnya: update driver, mengatur saturasi warna layar, mengatur kipas, mengatur ulang software ASUS, membuat recovery drive secara mandiri dan dengan menghubungi Customer Support (Dukungan Konsumen).

ASUS VivoBook 14 (A416) Aplikasi  MyASUS
© asus.com
Tak hanya itu saja, pada aplikasi ini juga terdapat fitur Link to MyASUS yang memiliki fungsi untuk menyambungkan laptop dan smartphone. Ketika smartphone terhubung dan muncul di desktop, pengguna bisa menikmati semua fungsi dan mengoperasikan smartphone lewat mouse, keyboard, dan layar sentuh. 

Dengan menggunakan Link to MyASUS, pengguna dapat melakukan/menerima panggilan lewat speaker dan mikrofon komputer, mengirim dan menerima pesan teks, melihat Kontak, memunculkan notifikasi smartphone di komputer, berbagi file atau link satu sama lain, dan melakukan mirroring layar smartphone ke laptop.

Spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416)

Prosesor
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)
Sistem Operasi
Windows 10 Home - ASUS merekomendasikan Windows 10 Pro for business.
Memori
4 GB DDR4 3200MHz SDRAM Onboard memory, 1 x SO-DIMM socket , total up to 12 GB SDRAM
Storage
Hard drive: 
1TB 5400 rpm SATA HDD 
Solid state drive: 
256GB PCIe® Gen3 x2 
SSD Solid state drive: 
512GB PCIe® Gen3 x2 
SSD Hybrid Storage: 
1TB HDD + 256GB SSD
Display
14.0" (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC 
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC 
14.0" (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC with wide 178° viewing angles
Grafis
NVIDIA® GeForce® MX330 , with 2GB GDDR5 VRAM (Optional)
Connectivity
Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1
Interface
1 x COMBO audio jack 
1 x Type-C USB 3.2 (Gen 1) 
1 x Type-A USB 3.2 (Gen 1) 
2 x USB 2.0 port(s) 
1 x HDMI 1 x Fingerprint reader (Optional)
Audio
ASUS SonicMaster Technology
Baterai
2 -Cell 37 Wh lithium-polymer battery Battery
Adaptor Daya
Plug type :ΓΈ4 (mm) 
Output : 19 V DC, 3.42 A, 65 W 
Input : 100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
Dimensi
NB:
325.4 x 216 x 19.9 mm (WxDxH)
Berat
NB
1.5 kg
Sekuritas
fTPM (Firmware-based Trusted Platform Module)
Sertifikat
UL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy Star
Garansi
2 tahun garansi hardware global. *berbeda di setiap negara
Aplikasi Bawaan
MyASUS
McAfee's (Penawaran Gratis 1 tahun)
Fitur MyASUS
System Diagnosis
Battery Health Charging 
Splendid 
Tru2Life 
Function Key Lock 
Smart Wifi 
AppDeals 
Link to MyASUS
Warna
Transparent Silver, Slate Grey

Harga ASUS VivoBook 14 (A416)

ASUS VivoBook 14 (A416) dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai harga 4 juta hingga 10 jutaan tergantung spesifikasinya. Berikut harga resmi VivoBook 14 (A416) yang bersumber dari situs resmi ASUS per 6 Januari, 2021:

(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020/4GB/1TB HDD/HD)
Rp 4,799,000

(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020/4GB/256GB PCIe/HD)
Rp 4,899,000

(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020/4GB/1TB HDD/V-IPS FHD)
Rp 5,099,000

(Windows 10 Home/Intel® Celeron® N4020/4GB/256GB PCIe/V-IPS FHD)
Rp 5,199,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/4GB/1TB HDD/HD)
Rp 6,699,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/4GB/1TB HDD/FHD)
Rp 6,799,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/4GB/512GB PCIe/HD)
Rp 7,099,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/1TB HDD/FHD)
Rp 7,699,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/256G PCIe+HOUSING/FHD)
Rp 7,799,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/4GB/1TB HDD/FHD)
Rp 8,399,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/1TB HDD/FHD)
Rp 8,599,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/512GB PCIe/V-IPS FHD)
Rp 10,399,000

(Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/8GB/1TB HDD+256GB PCIe/FHD)
Rp 10,799,000

Kesimpulan

Dengan banyaknya fitur dan konektivitas serta teknologi modern yang tersedia pada laptop ini membuat ASUS VivoBook 14 (A416) memang cocok digunakan oleh semua kalangan seperti pekerja kantoran yang sedang menjalankan WFH ataupun Pengajar dan Pelajar yang menjalankan PJJ. 

Kelebihan lainnya yang ada pada laptop ini yaitu pada penggunaan Intel Core i5 generasi ke-10 sebagai prosesornya. Pasalnya, prosesor generasi terbaru dapat meningkatkan kinerja laptop.

Kemudian dapat disematkannya storage berbasis SSD pada ASUS VivoBook 14 (A416) akan memberikan banyak kelebihan yakni membuat booting lebih cepat, Melakukan pencarian file lebih cepat, Mentransfer file lebih cepat, Memulai aplikasi lebih cepat, Memproses file & data lebih cepat, Hemat listrik (baterai bisa bertahan lebih lama) dan Multitasking.

Selain itu, bobot yang ringan juga membuat laptop ini sangat mudah untuk dibawa bepergian kemanapun dan digunakan dimanapun karena ASUS VivoBook 14 (A416) adalah salah satu laptop all-round paling ringkas di dunia.

Penutup

Demikianlah Review VivoBook 14 (A416) mulai fitur, spesifikasi sampai harga dari dari produk ASUS satu ini. Semoga bisa membantu Anda yang saat ini sedang mencari rekomendasi laptop untuk menunjang WFH ataupun PJJ.

Sumber Referensi Spesifikasi & Harga: