Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Shareware, Jenis, dan Contohnya

shareware

Ada banyak software yang saat ini di distribusikan ke pengguna, baik itu yang gratis, trial, ataupun berbayar. 6 jenis yang paling terkenal adalah SharewareLitewareFreewarePublic domain softwareOpen source software, dan Proprietary software.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an, shareware adalah cara populer bagi developer kecil untuk mendistribusikan software yang mereka kembangkan. Munculnya CD memungkinkan banyak developer saat itu untuk mengirimkan program perangkat lunak mereka sebagai koleksi, seperti "Top 100 Mac Games."

Lihat Juga :

Pengertian System Software dan Contoh Software Sistem
Pengertian Software Aplikasi dan Contohnya

Pengertian Shareware

Apa Itu Shareware ? Shareware adalah jenis Software yang tersedia secara gratis namun memiliki masa kedaluarsa atau hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu tergantung berapa lama waktu yang ditetapkan oleh developernya.

Beberapa developer software menawarkan versi shareware dari program yang mereka buat dengan durasi trial  selama 1 bulan atau 30 hari. Artinya setelah 30 hari, pengguna tidak dapat lagi mendapatkan akses ke program.

Dalam banyak kasus, program-program ini berfungsi penuh (tanpa batasan fitur) dan hanya meminta sumbangan dari pengguna. Akan tetapi meskipun demikian, ada juga versi shareware yang membatasi penggunaan hanya untuk tujuan pribadi non-komersial, dengan pembelian lisensi yang diperlukan untuk digunakan dalam perusahaan bisnis.

Saat ini, jenis program shareware yang paling umum adalah program percobaan, yang juga disebut "trialware" atau "demoware." Program-program ini disediakan sebagai demo yang dapat Anda coba untuk waktu yang terbatas, seperti dua minggu atau satu bulan.

Setelah masa uji coba berakhir, Ketika pengguna merasa tertarik dengan perangkat lunak ini mereka harus membelinya supaya dapat menggunakannya kembali. Kebanyakan demo shareware dapat diunduh langsung dari situs web penerbit.

Jenis Shareware

Ada 7 jenis shareware yang saat ini di distribusikan. berikut daftar dan ulasannya :

Adware

Adware, kependekan dari "advertising-supported software", adalah setiap paket software yang secara otomatis membuat iklan untuk menghasilkan pendapatan bagi pembuatnya. Iklan dapat berada di interface user  software atau pada layar yang disajikan kepada pengguna selama proses instalasi.

Fungsi ini dirancang untuk menganalisis situs web mana yang dikunjungi pengguna dan untuk menampilkan iklan yang berkaitan dengan jenis barang atau layanan yang ditampilkan di sana.

Istilah ini terkadang digunakan untuk merujuk pada perangkat lunak yang menampilkan iklan yang tidak diinginkan.

Crippleware

Crippleware berarti bahwa "fitur-fitur utama dari program seperti pencetakan atau kemampuan untuk menyimpan file dinonaktifkan sampai pengguna membeli lisensi atau registration key.

Kekurangan dari jenis ini adalah pengguna tidak dapat menggunakan semua fitur sepenuhnya dan tidak dapat menguji fungsionalitas lengkapnya karena fungsi yang dinonaktifkan sebelum mereka membelinya.

Trialware 

Trialware umumnya memiliki batas waktu bawaan. Pengguna dapat mencoba seluruh fitur termasuk fitur utama hingga periode uji coba selesai, dan kemudian sebagian besar fitur yang tadinya dapat dia akses akan dibatasi atau dikunci.

Jika ingin tetap menikmati semua program dari fitur pengguna harus membeli lisensi untuk membuka kunci program. Trialware telah menjadi norma untuk Software as a Service (SaaS).

Donationware

Donationware adalah produk software yang ditawarkan kepada publik secara gratis, bersama dengan permintaan donasi kepada programmer atau penerima manfaat pihak ketiga (biasanya nirlaba). Donationware umumnya dianggap sebagai jenis freeware karena pengguna dapat memperoleh produk lengkap tanpa membayar lisensi.

Jumlah besaran donasi juga dapat ditentukan oleh developer, atau dapat diserahkan kepada kebijaksanaan pengguna, berdasarkan persepsi individu dari nilai software.

Nagware

Nagware (juga dikenal sebagai begware, annoyware atau nagscreen) adalah istilah yang merendahkan untuk software jenis shareware yang terus-menerus mengingatkan pengguna untuk membeli lisensi.

Biasanya developer memunculkan pesan untuk membeli lisensi. Pesan-pesan ini dapat muncul berupa banner yang menutupi bagian layar, atau sebagai kotak pesan yang dapat ditutup.

Freemium 

Freemium Freemium bekerja dengan menawarkan produk atau layanan gratis (biasanya penawaran digital seperti software, konten, game, layanan web, atau lainnya) sambil mengenakan biaya premium untuk fitur, fungsi, atau produk dan layanan terkait yang lebih canggih dari versi gratis.

Kata "freemium" adalah portmanteau yang menggabungkan dua aspek model bisnis: "Free" dan "Premium". Jenis ini telah menjadi model yang populer terutama di industri antivirus.

Postcardware

Postcardware, juga disebut just cardware, adalah gaya distribusi software yang mirip dengan shareware, didistribusikan oleh penulis dengan syarat bahwa pengguna mengirim kartu pos kepada penulis.

Variasi lainnya dari cardware yaitu Emailware, menggunakan pendekatan yang sama tetapi mengharuskan pengguna untuk mengirim email kepada pembuatnya.

Contoh Shareware

Ada jutaan program shareware yang dapat di download di Internet. Beberapa contoh yang paling terkenal adalah Winzip dan program antivirus seperti Smadav.

Berikut beberapacontoh Shareware yang anyak di download:

  1. DVD-Cloner VI
  2. Registry Mechanic
  3. Blue-Cloner
  4. Total Privacy
  5. Easy Movie Splitter
  6. UltraISO
  7. Wondershare YouTube Downloader
  8. Internet Download Accelerator
  9. Internet Download Manager
  10. CloneDVD 4.3
  11. PHP Debugger
  12. BadCopy Pro
  13. System Mechanic
  14. IVOS – Intelligent Voice Operating System
  15. WinAVI Video Converter
  16. Xilisoft Video Converter Ultimate
  17. SnapTouch
  18. VLC Media
  19. AIMP
  20. Audacity
  21. Adobe Acrobat 8 Professional 
Hal terbaik tentang program shareware adalah bahwa kamu dapat mencobanya, sebelum membelinya. Jika kamu tidak puas dengan kinerjanya selama periode trial, kamu bisa menolak untuk membelinya.