Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Public domain software dan Contohnya

Public domain software
Ada banyak software yang saat ini di distribusikan ke pengguna, baik itu yang gratis, trial, ataupun berbayar. 6 jenis yang paling terkenal adalah SharewareLitewareFreewarePublic domain softwareOpen source software, dan Proprietary software.

Pengertian Public Domain Software

Public domain software adalah perangkat lunak yang telah ditempatkan di domain publik. dengan kata lain, sama sekali tidak ada kepemilikan dari developer (pengembang) seperti hak cipta, merek dagang, atau paten. 

Public domain software  dapat dimodifikasi, didistribusikan, atau dijual bahkan tanpa atribusi apa pun oleh siapa pun. Meskipun tidak ada persyaratan lisensi pada Public domain software, akan tetapi The Unlicense, Creative Commons Licence dan WTFPL didasarkan pada pendekatan yang serupa.

Tentunya ini sangat berbeda dengan perangkat lunak yang berada di bawah hak cipta eksklusif, di mana lisensi software memberikan hak penggunaan terbatas. Misalnya seperti Free Software dan freeware yang memang kedua jenis ini memiliki hak cipta dan paten yang terkait dengannya.

Di bawah Konvensi Berne, yang telah ditandatangani sebagian besar negara, seorang penulis secara otomatis mendapatkan hak cipta eksklusif untuk apa pun yang telah mereka tulis, dan hukum setempat dapat secara serupa memberikan hak cipta, paten, atau hak merek dagang secara default.

Konvensi Berne juga mencakup program. Oleh karena itu, suatu program secara otomatis tunduk pada hak cipta, dan jika itu akan ditempatkan dalam domain publik, penulis harus secara eksplisit menafikan hak cipta dan hak-hak lain di atasnya dengan cara tertentu, misalnya oleh pernyataan pengabaian hak cipta.

Dalam beberapa yurisdiksi, beberapa hak (khususnya hak moral) tidak dapat disangkal: misalnya, Urheberrecht "hukum Jerman" yang berbasis tradisi hukum sipil berbeda dengan konsep "hak cipta" tradisi hukum adat Anglo-Saxon.

Mudahnya pengertian dari Public domain software adalah sebuah program atau aplikasi yang diberikan oleh pengembang (pembuat) kepada seseorang dan orang tersebut diberikan hak penyalinan serta kepemilikan sepenuhnya.

Contoh Public Domain Software

Contoh populer Public domain software adalah SQLite, I2P, CERN dan httpd.