Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Liteware Software Dan Contohnya

Ada banyak software yang saat ini di distribusikan ke pengguna, baik itu yang gratis, trial, ataupun berbayar. 6 jenis yang paling terkenal adalah SharewareLitewareFreewarePublic domain softwareOpen source software, dan Proprietary software.

Pengertian Liteware

Liteware adalah istilah untuk software (perangkat lunak) yang didistribusikan secara bebas dalam versi yang memiliki kemampuan kurang dari versi full for-sale. Jenis ini biasanya dirancang untuk memberi pelanggan sebuah sampel dari "tampilan dan nuansa" produk dan bagian dari seluruh fitur yang terdapat pada perangkat lunak.

Jenis Ini memungkinkan pengembang perangkat lunak dan vendor perangkat lunak independen (ISV) untuk mencoba versi lite tanpa biaya sebelum membeli perangkat lunak yang sebenarnya.

Liteware akan Bergantung pada pengembang atau vendor, fitur tertentu mungkin dinonaktifkan, tidak tersedia, atau hanya tersedia sebagian untuk pengguna.

Selain itu, Liteware juga mungkin memiliki pembaruan dan dukungan pengembang / vendor yang terbatas. Seperti software trial, perangkat lunak umumnya tidak memiliki tanggal kedaluwarsa.

Meskipun terbatas dan tidak lengkap, liteware dirancang untuk menyediakan fungsionalitas yang memadai untuk evaluasi penuh oleh pengguna sebelum membeli.

Setelah pengguna membeli full versionnya, fitur software dapat diupgrade, dibuka kuncinya, atau diganti dengan versi yang lebih baru.

Liteware dapat dianggap sebagai jenis shareware, di mana shareware juga menyertakan produk yang didistribusikan secara bebas yang biasanya dalam bentuk trial dengan memiliki kemampuan fitur penuh dari software.

Contoh Liteware

Salah satu Contoh software liteware adalah HTML Assistant Pro, editor HTML yang memungkinkan pengguna untuk membuat file HTML (halaman Web) dan menunjukkannya kepada pengguna. Akan tetapi tidak semua fitur dapat digunakan seperti tabel, dan fasilitas pembuatan form.

Pengguna tentunya harus membeli software tersebut jika ingin menikmati semua fitur .