Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows XP

Windows XP

INFORMASI
Nama
WINDOWS XP
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
25 Oktober, 2001
Rilis Terakhir
Service Pack 3 (5.1.2600) / 21 April, 2008
Dukungan Hingga
31 Agustus 2019
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
Proprietary commercial software
Minimum CPU
Pentium 233mhz
Minimum RAM
64MB
Minimum free disk space
1.5GB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS Vista

Tentang Windows XP

Windows XP adalah sistem operasi (OS) yang diproduksi oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT yang dirilis ke manufaktur pada 24 Agustus 2001, dan dirilis secara luas untuk penjualan ritel pada 25 Oktober 2001.


Awalnya pengembangan Windows XP dimulai pada akhir 1990-an dengan code-named "Neptunus", namun seiring waktu code-named "Neptunus" di ubah menjadi "Whistler"

Setelah dirilis, Windows XP menerima pujian, dengan kritikus mencatat peningkatan kinerja dan stabilitas (terutama dibandingkan dengan Windows Me), user interface yang lebih intuitif, peningkatan dukungan hardware, dan kemampuan multimedia yang diperluas. Namun, beberapa pengulas industri khawatir dengan model lisensi baru dan sistem aktivasi produk.

Dukungan tambahan untuk Windows XP berakhir pada tanggal 8 April 2014, setelah itu sistem operasi berhenti menerima dukungan lebih lanjut atau pembaruan keamanan (dengan pembaruan keamanan yang luar biasa dibuat misalnya pada tahun 2019, untuk mengatasi potensi ancaman ransomware, seperti BlueKeep).
Windows XP juga tersedia di Windows XP N dan Windows XP Home Edition N, yang merupakan versi yang dirilis oleh Microsoft sebagai bagian dari perjanjian dengan Europe's competition commissioner. Dalam versi ini, pengguna dapat memilih media player mereka serta mengunduh dan menginstalnya di komputer mereka.

Fitur Windows XP

User interface

Selain mempertahankan beberapa tampilan visual dengan versi sebelumnya, Windows XP juga hadir dengan User interface baru seperti alpha compositing effects, drop shadows, and "visual styles" yang benar-benar mengubah penampilan sistem operasi ini.

Jumlah efek yang diaktifkan ditentukan oleh sistem operasi berdasarkan daya pemrosesan komputer, dan dapat diaktifkan atau dinonaktifkan berdasarkan kasus per kasus.

XP juga menambahkan ClearType, sistem rendering subpixel baru yang dirancang untuk meningkatkan tampilan font pada  liquid-crystal displays.

Ikon sistem baru juga diperkenalkan pada OS ini. Wallpaper default, Bliss, adalah foto pemandangan di Lembah Napa di luar Napa, California, dengan bukit-bukit hijau dan langit biru dengan awan stratocumulus dan cirrus. 

Windows XP Start Menu
Windows XP Start Menu
Menu Start menerima perombakan besar pertama di XP, beralih ke tata letak dua kolom dengan kemampuan untuk membuat daftar, menyematkan, dan menampilkan aplikasi yang sering digunakan, document yang baru dibuka, dan menu "All Programs".

Tasbar pada OS inidapat mengelompokkan jendela yang dibuka oleh satu aplikasi menjadi satu tombol bilah tugas, dengan menu popup yang mencantumkan jendela individual.

Area notifikasi juga menyembunyikan ikon "inactive" secara default. Daftar "common tasks" telah ditambahkan, dan sidebar Windows Explorer diperbarui untuk menggunakan desain berbasis new task dengan daftar tindakan umum tugas yang ditampilkan secara kontekstual relevan dengan jenis konten dalam folder (misalnya. folder musik menawarkan untuk memutar semua file di folder, atau burn ke CD).

Infrastructure

Windows XP menggunakan prefetching untuk meningkatkan waktu startup dan peluncuran aplikasi. Juga dimungkinkan untuk mengembalikan instalasi driver perangkat yang diperbarui, jika driver yang diperbarui menghasilkan hasil yang tidak diinginkan.

Sistem perlindungan salinan yang dikenal sebagai Windows Product Activation mulai diperkenalkan di XP, XP Server dan  Windows Server 2003.

Semua lisensi Windows harus diikat ke unique ID yang dihasilkan menggunakan informasi dari hardware komputer, yang kemudian ditransmisikan melalui internet atau hotline telepon. Jika Windows tidak diaktifkan dalam waktu 30 hari pemasangan, OS akan berhenti berfungsi sampai aktvasi sukses.

Windows juga secara berkala memverifikasi hardware untuk memeriksa perubahan. Jika perubahan perangkat keras yang signifikan terdeteksi, aktivasi yang telah dilakukan akan dibatalkan, dan Windows harus diaktifkan kembali. 

Networking and internet functionality

Windows XP pada awalnya dibundel dengan Internet Explorer 6, Outlook Express 6, Windows Messenger, dan MSN Explorer. Fitur jaringan baru juga ditambahkan, termasuk Firewall Sambungan Internet, integrasi Berbagi Sambungan Internet dengan UPnP, API traversal NAT, fitur Kualitas Layanan, tunneling IPv6 dan Teredo, Background Intelligent Transfer Service, fitur faks tambahan, penghubung jaringan, penghubung jaringan, jaringan peer to peer, mendukung sebagian besar modem DSL, koneksi IEEE 802.11 (Wi-Fi) dengan konfigurasi dan roaming otomatis, TAPI 3.1, dan jaringan melalui FireWire.

Remote Assistance dan Remote Desktop juga ditambahkan, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke komputer yang menjalankan Windows XP dari seluruh jaringan atau Internet dan mengakses aplikasi, file, printer, dan perangkat mereka atau meminta bantuan.

Perbaikan juga dilakukan pada fitur IntelliMirror seperti File Offline, profil pengguna Roaming, dan pengalihan Folder. 

Fitur Lainnya

  • Peningkatan kompatibilitas aplikasi dan shims dibandingkan dengan Windows 2000.
  • DirectX 8.1, dapat ditingkatkan ke DirectX 9.0c.
  • Sejumlah fitur baru di Windows Explorer termasuk panel tugas, gambar kecil, dan opsi untuk melihat foto sebagai tampilan slide.
  • Fitur pencitraan yang ditingkatkan seperti Windows Picture dan Fax Viewer.
  • Start-up lebih cepat, (karena fungsi Prefetch ditingkatkan) logon, logoff, hibernasi, dan urutan peluncuran aplikasi.
  • Sejumlah peningkatan untuk meningkatkan keandalan sistem seperti Peningkatan Pemulihan Sistem, Pemulihan Sistem Otomatis, dan peningkatan keandalan driver melalui Device Driver Rollback. 
  • Peningkatan dukungan hardware seperti FireWire 800 dan peningkatan untuk dukungan multi-monitor dengan nama "DualView".
  • Pergantian pengguna yang cepat.
  • Mekanisme render font ClearType, yang dirancang untuk meningkatkan keterbacaan teks pada liquid-crystal display (LCD) dan monitor serupa, terutama laptop.
  • Peningkatan umum untuk dukungan internasional seperti lebih banyak lokal, bahasa dan skrip, dukungan MUI di Layanan Terminal, Editor Metode Input yang ditingkatkan, dan Dukungan Bahasa Nasional.

Edisi Windows XP

Windows XP dirilis dalam dua edisi utama saat diluncurkan yaitu Home Edition dan Professional Edition. Kedua edisi tersedia di ritel sebagai software yang dimuat sebelumnya pada komputer baru dan sebagai salinan kotak.

Salinan dalam kotak dijual sebagai lisensi "Upgrade" atau "Penuh"; versi "Upgrade" sedikit lebih murah, tetapi membutuhkan versi Windows yang ada untuk menginstal. Versi "Penuh" dapat diinstal pada sistem tanpa sistem operasi atau versi Windows yang ada.

Windows XP Service Packs

Service Pack adalah paket pembaruan kumulatif yang merupakan superset dari semua pembaruan, dan bahkan paket layanan, yang telah dirilis sebelumnya. Ada Tiga Service Pack yang telah dirilis untuk Windows XP.

Service Packs
Tanggal Rilis
Service Pack 1 (SP1)
9 September, 2002
Service Pack 2 (SP2)
25 Agustus, 2004
Service Pack 3 (SP3)
6 Mei, 2008

Service Pack 3 sedikit berbeda dengan pendahulunya, karena setidaknya diperlukan Service Pack 1 yang telah terinstal, untuk memperbarui OS langsung.

Namun, Service Pack 3 masih dapat disematkan ke disk instalasi Windows; SP1 tidak dilaporkan sebagai prasyarat untuk melakukannya.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA