Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows XP Professional x64 Edition

Windows XP Professional x64 Edition

INFORMASI
Nama
WINDOWS XP Professional x64 Edition
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
25 April, 2005
Rilis Terakhir
Service Pack 2 (5.2.3790.3959) / 13 Maret, 2007
Dukungan Hingga
8 April, 2014
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
Proprietary commercial software
Minimum CPU
Pentium 733mhz
Minimum RAM
512MB
Minimum free disk space
1.5GB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS Vista

Tentang Windows XP Professional x64 Edition

Microsoft Windows XP Professional x64 Edition, dirilis pada 25 April 2005, adalah edisi Windows XP untuk komputer pribadi x86-64. Sistem operasi (OS) ini dirancang untuk menggunakan memory address 64-bit yang diperluas dan disediakan oleh arsitektur x86-64.

Manfaat utama pindah ke 64-bit terletak pada peningkatan random-access memory (RAM) maksimum yang dapat dialokasikan. Pasalnya, Windows XP edisi 32-bit terbatas hingga total 4 gigabytes saja.

Windows XP Professional x64 Edition menggunakan kernel dan kode pohon yang sama dengan Windows Server 2003 dan dilayani oleh service pack yang sama.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Namun untuk fitur, Microsoft Windows XP Professional x64 Edition memiliki fitur klien Windows XP versi pertama seperti System Restore, Windows Messenger, Fast User Switching, Welcome Screen, Security Center and games, yang tidak dimiliki Windows Server 2003.

Windows XP Professional x64 Edition berbeda dengan Windows XP 64-Bit Edition karena berbeda pada segi arsitektur. Dumana yang terakhir dirancang dengan arsitektur Itanium.

Selama fase pengembangan awal, sistem operasi ini bernama Windows XP 64-Bit Edition untuk Sistem 64-Bit Extended.

Keuntungan

  • Support hingga 128 GB RAM
  • Support ke dua CPU fisik (dalam soket fisik terpisah) dan hingga 64 prosesor logis (mis. inti atau utas pada satu CPU). Dengan demikian, pada tahun 2014, OS mendukung semua CPU multicore yang tersedia secara komersial, termasuk seri Intel Core, atau seri AMD FX.
  • Menggunakan kernel Windows Server 2003 yang lebih baru dari Windows XP 32-bit dan memiliki peningkatan untuk meningkatkan skalabilitas.
  • Windows XP Professional x64 Edition juga memperkenalkan Kernel Patch Protection (juga dikenal sebagai PatchGuard) yang dapat membantu meningkatkan keamanan dengan membantu menghilangkan rootkit
  • Support disk yang dipartisi GPT untuk volume data (tetapi bukan volume yang dapat di-boot) setelah SP1, yang memungkinkan penggunaan disk yang lebih besar dari 2 TB untuk digunakan sebagai partisi single GPT untuk menyimpan data.
  • Memungkinkan penyandian audio atau video yang lebih cepat, permainan video kinerja yang lebih tinggi dan rendering 3D yang lebih cepat dalam perangkat lunak yang dioptimalkan untuk perangkat keras 64-bit.
  • Di bundle dengan  Internet Information Services (IIS) versi 6.0. Sementara semua edisi Windows XP 32-bit lainnya menggunakan IIS v5.1.
  • Di bundle dengan Windows Media Player (WMP) versi 10. Windows XP Professional dikirimkan dengan WMP 8 (dengan pengiriman WMP 9 pada service pack 2 dan yang lebih baru), meskipun WMP 11 tersedia untuk Windows XP service pack 2 atau lebih baru.
  • Manfaat dari fitur IPsec dan peningkatan yang dibuat pada Windows Server 2003.
  • Manfaat dari fitur-fitur Shadow Copy yang diperkenalkan di Windows Server 2003.
  • Remote Desktop Services yang support Unicode keyboard input, client-side time-zone redirection, GDI+ rendering primitives for improved performance, FIPS encryption, fallback printer driver, auto-reconnect dan Group Policy settings terbaru.
  • Files and Settings Transfer Wizard mendukung pengaturan migrasi dari PC Windows XP 32-bit dan 64-bit.

Service Packs

Versi RTM Windows XP Professional x64 Edition dibangun dari basis kode Windows Server 2003 Service Pack 1. Karena Windows XP Professional x64 Edition berasal dari basis kode yang berbeda dari Windows XP 32-bit, Service Packnya juga dikembangkan secara terpisah. 

Untuk alasan yang sama, Service Pack 2 untuk Windows XP x64 Edition, dirilis pada 13 Maret 2007, dan tidak sama dengan Service Pack 2 untuk versi Windows XP 32-bit.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA