Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows Vista

Windows Vista

INFORMASI
Nama
WINDOWS Vista
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
30 Januari 2007
Rilis Terakhir
Service Pack 2 (6.0.6002  / 26 Mei, 2009
Dukungan Hingga
11 Apil 2017
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
Proprietary commercial software
Minimum CPU
Pentium 800mhz
Minimum RAM
512MB
Minimum free disk space
20GB
Graphics card
Super VGA
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS 7

Tentang Windows Vista

Windows Vista adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft dan merupakan versi keluarga sistem operasi Windows NT untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk desktop rumah dan bisnis, laptop, PC tablet, dan PC media center.



Microsoft mulai mengerjakan Windows Vista yang dikenal saat itu dengan codename "Longhorn", pada Mei 2001, lima bulan sebelum rilis Windows XP. Awalnya versi ini dirilis pada akhir tahun 2003 sebagai langkah kecil antara Windows XP dan "Blackcomb", yang direncanakan menjadi rilis sistem operasi utama berikutnya perusahaan (yang akhirnya akan dirilis sebagai Windows 7).

Secara bertahap, "Longhorn" mengasimilasi banyak fitur dan teknologi baru penting yang dijadwalkan untuk Blackcomb, sehingga tanggal rilisnya didorong mundur beberapa kali dalam 3 tahun.

Dalam beberapa build dari Longhorn, perjanjian lisensi mereka mengatakan "Untuk produk Microsoft dengan nama sandi 'Whistler'". Banyak pengembang Microsoft juga ditugaskan untuk membangun pembaruan untuk Windows XP dan Windows Server 2003 untuk memperkuat keamanan.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Karena mengalami penundaan yang terus menerus dan kekhawatiran tentang fitur creep, Microsoft mengumumkan pada tanggal 27 Agustus 2004, bahwa mereka telah merevisi rencananya.

Untuk alasan ini, Longhorn diatur ulang untuk mulai bekerja pada komponen Windows Server 2003 Service Pack 1, dan dari waktu ke waktu menggabungkan kembali fitur yang akan ditujukan untuk rilis sistem operasi yang sebenarnya.

Windows Vista
Tampilan Windows Vista
Namun, beberapa fitur yang sebelumnya diumumkan seperti WinFS dibatalkan atau ditunda, dan metodologi pengembangan software baru yang disebut Lifecycle digabungkan dalam upaya untuk mengatasi masalah dengan keamanan basis kode Windows, yang diprogram dalam C, C ++ dan perakitan.

Proses pengembangan Windows Vista akhirnya selesai pada 8 November 2006 dan kemudian dirilis pada 30 Januari 2007 yang menjadikan rentang waktu terpanjang antara rilis berturut-turut dari sistem operasi desktop Microsoft Windows

Fitur Windows Vista

  • Windows Aero, GUI yang sepenuhnya baru dan tidak seperti Windows versi sebelumnya.
  • Pencadangan dan pemulihan file dasar.
  • Peningkatan support DVD dengan kemampuan untuk membuat custom DVD movies.
  • Transfer Mudah yang memungkinkan pengguna mengimpor file dari komputer lama ke yang menggunakan Fitur Easy Transfer.
  • Enkripsi file.
  • Instan search tersedia melalui semua jendela Explorer.
  • Support DirectX 10.
  • Kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki masalah yang mungkin ditemui pada komputer.
  • Shadow Copy - fitur yang memungkinkan Pengguna memulihkan file yang terhapus.
  • Peningkatan photo gallery dan kontrol foto.
  • Windows Sidebar memungkinkan pengguna untuk menambahkan daftar berbagai gadget yang hampir tak ada habisnya.
  • Peningkatan Kontrol orangtua.
  • Peningkatan Windows Calendar, dengan kemampuan untuk mengatur tugas dan janji.

Edisi Windows Vista

Windows Vista hadir dalam enam edisi yang berbeda. Ini secara kasar dibagi menjadi dua mangsa pasar, konsumen dan bisnis, dengan edisi yang bervariasi untuk memenuhi sub-pasar tertentu.

Untuk konsumen, ada tiga edisi, dengan dua edisi tersedia untuk negara-negara yang lebih maju secara ekonomi.

6 Edisi Windows Vista

  1. Windows Vista Starter edition : ditujukan untuk komputer berdaya rendah dengan ketersediaan hanya di pasar negara berkembang.
  2. Windows Vista Home Basic : ditujukan untuk pengguna yang memiliki anggaran.
  3. Windows Vista Home Premium :  mencakup sebagian besar pasar konsumen, dan berisi aplikasi untuk membuat dan menggunakan multimedia.
  4. Windows Vista Business : dirancang khusus untuk perusahaan kecil dan menengah
  5. Windows Vista Enterprise : hanya tersedia untuk pelanggan yang berpartisipasi dalam program Jaminan Software Microsoft.
  6. Windows Vista Ultimate : berisi kumpulan fitur lengkap edisi Home dan Business (kombinasi Home Premium dan Enterprise), serta satu set Windows Ultimate Extras, dan ditujukan untuk para penggemar.
Selain 6 edisi diatas, Microsoft juga mengelurakan Edisi Windows Vista Handcrafted akan tetapi ini hanya untuk karyawan yang terlibat dengan pengembangan Windows Vista. Edisi ini tidak pernah dirilis ke publik dan merupakan edisi Windows Vista yang paling langka.

Service Packs Windows Vista

Microsoft sesekali merilis pembaruan seperti Service Pack pada sistem operasi Windows untuk memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, dan menambahkan fitur baru.

Begitupun dengan Windows Vista, versi ini mendapatakan dua pembaruan Service Pack sejak pertama kali dirilis ke pasaran.

Service Packs
Tanggal Rilis
Service Pack 1 (SP1)
4 Februari, 2008
Service Pack 2 (SP2)
28 April, 2009

Windows Vista dan Windows Server 2008 berbagi single service pack binary,, yang mencerminkan fakta bahwa basis kode mereka bergabung dengan rilis Server 2008. 

Sementara untuk service pack 2 bukanlah pembaruan kumulatif yang berarti bahwa service pack 1 harus diinstal terlebih dahulu.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA