Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows NT 4.0


INFORMASI
Nama
WINDOWS NT 4.0
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
31 Juli, 1996
Rilis Terakhir
4.0 SP6a with Post SP6a Security Rollup (Build 1381) / 26 Juli, 2001
Dukungan Hingga
30 Juni 2002
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
Commercial proprietary software
Minimum CPU
486
Minimum RAM
16MB
Minimum free disk space
110MB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS 2000

Tentang Windows NT 4.0

Windows NT 4.0 adalah sistem operasi (OS) dari Microsoft yang dirilis ke manufaktur pada 31 Juli 1996 dan diluncurkan ke ritel pada 24 Agustus 1996.

Versi ini merupakan bagian dari keluarga sistem operasi Microsoft Windows NT yang berorientasi bisnis utama Microsoft sampai diperkenalkannya Windows 2000.

Pengganti dari Windows NT 3.51 ini memperkenalkan user interface Windows 95 ke keluarga Windows NT, termasuk shell Windows, File Explorer (dikenal sebagai Windows NT Explorer pada saat itu), dan penggunaan nomenklatur "My" untuk folder shell, misalnya: My Computer.

Windows NT 4.0 juga mencakup sebagian besar komponen yang diperkenalkan di Windows 95. Secara internal, Windows NT 4.0 dikenal sebagai Shell Update Release (SUR).

Sementara itu, pada OS ini juga terdapat banyak alat administratif, terutama Manajer Pengguna untuk Domain, Manajer Server dan Manajer Layanan Nama Domain masih menggunakan graphical user interfaces lama, menu Start pada Windows NT 4.0 memisahkan pintasan dan folder per pengguna dari pintasan dan folder bersama oleh pemisah baris.

Windows NT 4.0 menyertakan beberapa peningkatan dari Microsoft Plus! untuk Windows 95 seperti Space Cadet pinball table, font smoothing, showing window contents while dragging, high-color icons dan dan meregangkan wallpaper agar sesuai dengan layar.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Update Windows Desktop juga dapat diinstal pada Windows NT 4.0 yang berfungsi untuk memperbarui versi shell dan menginstal Task Scheduler. Windows NT 4.0 Resource Kit termasuk utilitas Desktop Themes.

Windows NT 4.0 Display
Tampilan Windows NT 4.0
Windows NT 4.0 adalah sistem operasi 32-bit preemptively, yang dirancang untuk bekerja dengan baik pada perangkat uniprocessor atau komputer multi-prosesor simetris.

Windows NT 4.0 adalah rilis besar terakhir dari Microsoft Windows untuk mendukung arsitektur CPU Alpha, MIPS atau PowerPC yang tetap digunakan oleh bussines version selama beberapa tahun, meskipun Microsoft banyak melakukan upaya dalam mendapatkan pelanggan untuk meng-upgrade ke Windows 2000 dan versi yang lebih baru.

Windows NT 4.0 juga menjadi rilis terakhir dalam keluarga Windows NT yang dicap sebagai Windows NT meskipun Windows 2000 mengusung sebutan "Built on NT Technology".

Fitur Windows NT 4.0 

Meskipun peningkatan utama terfokus pada penambahan shell Windows 95, akan tetapi masih ada beberapa peningkatan kinerja, skalabilitas dan fitur utama untuk arsitektur inti, kernel, USER32, COM dan MSRPC pada OS ini.

Windows NT 4.0 juga memperkenalkan konsep system policies dan System Policy Editor.

Berikut Fitur penting lainnya  yang ada pada Windows NT 4.0:
  • Internet Explorer 2 
  • Internet Information Services 2.0
  • Microsoft FrontPage 1.1
  • NetShow Services
  • Remote Access Service
  • Utilitas Windows Task Manager baru
  • Crypto API
  • Telephony API 2.0 dengan dukungan Unimodem terbatas, yang merupakan rilis pertama TAPI pada Windows NT
  • DCOM dan dan fitur baru OLE
  • Microsoft Transaction Server untuk aplikasi jaringans
  • Microsoft Message Queuing (MSMQ), yang dtingkatkan untuk komunikasi antarproses 
  • Perbaikan Winsock 2 and the TCP/IP
  • Dukunga File system defragmentation
Dan masih banyak fitur baru lainnya.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA