Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows NT 3.1

Windows NT 3.1

INFORMASI
Nama
WINDOWS NT 3.1
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
27 Juli 1993
Rilis Terakhir
Service Pack 3 (3.1.528) 29 Oktober 1994
Dukungan Hingga
31 Desember 2001
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
MS-EULA
Minimum CPU
486 33 MHz atau lebih tinggi
Minimum RAM
16MB
Minimum free disk space
110MB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS NT 3.5

Tentang Windows NT 3.1

Windows NT 3.1 adalah sistem operasi (os) yang diproduksi oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT yang dirilis pada 27 Juli 1993. Nama "NT" yang disematkan versi ini awalnya adalah singkatan dari "New Technology" (Teknologi Baru) Namun, hari ini "NT" tidak lagi dianggap sebagai akronim.

Pada saat rilis Windows NT, lingkungan desktop Microsoft Windows 3.1 telah menetapkan pengakuan merek dan pangsa pasar; tetapi Windows 3.1 mengandalkan sistem operasi DOS untuk fungsi-fungsi penting, dan ia memiliki arsitektur 16-bit yang ketat.

Oleh karena itu, supaya tidak kehilangan pembeli Microsoft mendesain versi ini dengan interface yang mirip dengan Windows 3.1, dengan kemampuan jaringan canggih dan dukungan perangkat keras supaya lebih akrab bagi pengguna.

Dengan memperluas merek Windows dan memulai Windows NT pada versi 3.1, Microsoft menyiratkan bahwa konsumen harus mengharapkan pengalaman pengguna yang akrab. Nama Windows NT ("Teknologi Baru") mengiklankan bahwa ini adalah versi Windows rekayasa ulang.

Windows NT 3.1 Display
Tampilan Windows NT 3.1
Windows NT dimulai sebagai penulisan ulang sistem operasi OS / 2, yang dikembangkan bersama Microsoft dengan IBM pada 1980-an. Untuk beberapa alasan, termasuk keberhasilan pasar Windows 3.0 pada tahun 1990, Microsoft memutuskan untuk memajukan Windows daripada OS / 2.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Mereka kemudian menyerahkan tanggung jawab pengembangan OS / 2 mereka kepada IBM, dan membagi kerja mereka pada OS / 2 v3.0 ke dalam sistem operasi yang bersaing.

Program Aplikasi Windows NT 3.1

Windows NT 3.1 sebagian besar hadir dengan komponen 32-bit yang ditampilkan dalam Windows 3.1 dan Windows for Workgroups. Namun juga termasuk aplikasi yang ditujukan khusus untuk kebutuhan Windows NT, seperti MUser Manager, the Performance Monitor, the Disk Administrator, the Event Viewer dan Backup application.

Windows NT 3.1 tidak berbasis DOS, arena OS ini menggunaan 32-bit command-line processor baru yang disebut CMD.EXE yang kompatibel dengan MS-DOS 5.0. Untuk alasan kompatibilitas, Windows NT 3.1 jual dengan beberapa aplikasi 16-bit, seperti Microsoft Write atau EDLIN.

Windows NT 3.1, yang merupakan sistem operasi serba baru yang tidak menggunakan driver sebelumnya, mencakup banyak driver untuk berbagai komponen dan periferal umum. Ini termasuk perangkat SCSI umum seperti hard drive, drive CD-ROM, tape drive dan image scanners serta perangkat ISA seperti graphics cards, sound cards and network cards. Sementara PCI Bus tidak lagi support.

Edisi Windows NT 3.1

Windows NT 3.1 tersedia dalam dua edisi yaitu : Windows NT 3.1 untuk workstation, dan Windows NT 3.1 Advanced Server untuk server.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA