Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows 98 & Windows 98 SE (Second Edition)

Windows 98

INFORMASI
Nama
WINDOWS 98
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
15 Mei 1998
Rilis Terakhir
First edition:
4.1 (Build 2000: Service Pack 1) 25 Juni 1998
Second Edition:
4.1 (Build 2222 A) 5 Mei 1999
Dukungan Hingga
11 Juli 2006
Tipe Kernel
Kernel monolitik
Lisensi
MS-EULA
Minimum CPU
486DX @ 66 MHz
Minimum RAM
16MB
Minimum free disk space
250MB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS ME 2000

Tentang Windows 98

Windows 98 adalah sistem operasi (OS) yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Microsoft Windows 9x. Ini adalah penerus untuk Windows 95, dan dirilis untuk manufaktur pada 15 Mei 1998, dan umumnya untuk ritel pada 25 Juni 1998.

Seperti pendahulunya, Windows 98 adalah produk monolitik 16-bit dan 32-bit hybrid dengan tahap booting berdasarkan MS-DOS.

Windows 98 adalah sistem operasi yang sangat terintegrasi dengan web yang memiliki banyak kesamaan dengan pendahulunya, dengan sebagian besar perbaikannya dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Tetapi ada pula beberapa fitur yang ditingkatkan guna meningkatkan fungsionalitas dan kemampuan sistem termasuk peningkatan dukungan USB dan aksesibilitas, serta dukungan untuk peningkatan perangkat keras seperti pemutar DVD. 

Windows 98 Display
Tampilan Windows 98
Windows 98 adalah sistem operasi Windows pertama yang mengadopsi Model Driver Windows dan juga memperkenalkan fitur yang akan menjadi standar pada generasi Windows mendatang, seperti Disk Cleanup, Windows Update, multi-monitor support, dan Internet Connection Sharing.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Microsoft memasarkan Windows 98 sebagai "tune-up" untuk Windows 95, daripada generasi Windows yang sepenuhnya ditingkatkan. Setelah dirilis, Windows 98 umumnya diterima dengan baik untuk antarmuka yang terintegrasi web dan kemudahan penggunaan, serta untuk mengatasi masalah yang telah ada di Windows 95, meskipun pengguna telah menunjukkan bahwa OS ini tidak jauh lebih stabil daripada pendahulunya.

Tentang Windows 98 SE (Second Edition) 

Windows 98 SE (Second Edition)

Windows 98 Second Edition (sering disingkat menjadi Windows 98 SE dan kadang-kadang ke Win98 SE) adalah rilis terbaru dari Windows 98 yang dirilis pada 5 Mei 1999.

Win98 SE mencakup banyak perbaikan seperti perbaikan bug, peningkatan dukungan audio dan modem WDM, peningkatan dukungan USB, penggantian Internet Explorer 4.0 dengan Internet Explorer 5.0, Folder Web (ekstensi namespace WebDAV untuk Windows Explorer), pembaruan shell terkait dan lain-lain.

Fitur Windows 98 & Win98 Second Edition

Windows 98 SE (Second Edition) Display
Tampilan Windows 98 SE (Second Edition)
Berikut beberapa fitur yang terdapat pada Win 98 dan Windows 98 second edition:
  • Proteksi : Windows 98 mencakup perlindungan tambahan untuk file-file penting di komputer Anda seperti membuat cadangan registri penggunanya secara otomatis.
  • Peningkatan dukungan : Peningkatan dukungan untuk perangkat dan teknologi baru seperti ACPI, AGP, IEEE 1394, DVD, USB, dan MMX.
  • FAT32 : Windows 98 memiliki kemampuan untuk mengubah drive Anda ke FAT32 tanpa kehilangan informasi apa pun
  • PnP : Peningkatan dukungan PnP, untuk mendeteksi perangkat yang bahkan lebih baik daripada Windows 95.
  • Internet Explorer 4.0 : Termasuk Internet Explorer 4.0
  • Customizable Taskbar : Windows menambahkan fitur baru ke Taskbar seperti Quick Launch yang tidak dimiliki Windows 95 dan Windows NT.
  • Includes Plus : Hanya ditemukan di Microsoft Plus! Gratis.
  • Active Desktop : Termasuk Active Desktop yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan desktop mereka dengan tampilan Internet.
  • New background properties : Pengguna dapat mengatur file * .bmp, * .pcx, * .jpg, * .gif, dan * .htm sebagai wallpaper (latar belakang) Anda.
  • Updated Microsoft Paint : yang diperbarui memungkinkan pengguna untuk membuka file * .bmp, * .pcx, * .jpg, dan * .gif.
  • Multiple monitor support : Windows 98 mendukung banyak monitor di satu komputer.
  • Personal Web Server (PWS) : mendukung aplikasi CGI (common gateway interface) dan ISAPI (Internet Server Application Programming Interface).
  • Peningkatan Floppy drive : Termasuk driver floppy disk HSFLOP.PDR yang membantu mempercepat akses untuk banyak floppy disk drive.
  • Software baru : Termasuk Dr. Watson, Outlook Express, FrontPage Express, Windows Media Player, DirectX, NetMeeting, dan banyak lagi.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA