Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows 8

Windows 8

INFORMASI
Nama
WINDOWS 8
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
26 Oktober, 2012
Rilis Terakhir
6.2 (Build 9200) / 1 Agustus, 2012
Dukungan Hingga
12 Januari 2020
Tipe Kernel
Hybrid
Lisensi
Trialware, Microsoft Software Assurance, MSDN subscription, DreamSpark
Minimum CPU
Prosesor 1 GHz atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
Minimum RAM
1GB (32-bit) & 2GB (64-bit)  
Minimum free disk space
16GB (32-bit) & 20GB (64-bit)
Graphics Card
DirectX 9 graphics device WDDM 1.0 or higher driver
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS 8.1

Tentang Windows 8

Windows 8 adalah sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft, dirilis sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Versi ini dirilis ke manufaktur pada 1 Agustus 2012, dan umumnya ritel pada 26 Oktober 2012.


Windows 8 memperkenalkan perubahan besar pada platform sistem operasi dan user interface untuk meningkatkan pengalaman penggunanya di tablet, di mana Windows sekarang bersaing dengan sistem operasi seluler lainnya, termasuk Android dan iOS.

Secara khusus, perubahan ini termasuk shell Windows yang dioptimalkan pada gestur sentuh berdasarkan pada bahasa desain "Metro" Microsoft. Start screen (yang menampilkan program dan konten yang diperbarui secara dinamis pada grid of tiles), platform baru untuk mengembangkan "aplikasi" dengan penekanan pada input layar sentuh.

Windows 8 juga terintegrasi dengan layanan online (termasuk kemampuan untuk menyinkronkan aplikasi dan pengaturan antar perangkat), dan Windows Store, yang merupakan aplikasi online untuk mengunduh dan membeli software baru.

OS penerus Windows 7 ini juga menambahkan support untuk USB 3.0, Advanced Format hard drives, near field communications, dan cloud computing.
Fitur keamanan tambahan diperkenalkan Windows 8. Seperti software antivirus bawaan, integrasi dengan layanan penyaringan phishing Microsoft SmartScreen dan support untuk UEFI Secure Boot pada perangkat yang didukung dengan firmware UEFI, untuk mencegah malware menginfeksi proses booting.

Windows 8 dirilis mendapatkan ulasan yang beragam dari pengguna. Dalam hal peningkatan kinerja, peningkatan keamanan, dan peningkatan dukungan untuk perangkat layar sentuh OS ini mendapatkan review positif.

Windows 8 Display
Tampilan Windows 8
Sementara dari segi user interface, Windows 8 secara luas dikritik karena berpotensi membingungkan dan sulit dipelajari, terutama ketika digunakan dengan keyboard dan mouse daripada saat menggunakan layar sentuh.

Terlepas dari kekurangan di atas, tercatat 60 juta lisensi Windows 8 terjual hingga Januari 2013 mencakup peningkatan dan penjualan ke OEM untuk PC baru.

Guna memperbaiki kekurangan yang terdapat pada versi ini, Setahun berselang Microsoft kemudian mengeluarkan versi baru yaitu Windows 8.1.

Fitur Windows 8

Transisi dari Windows 7 ke Windows 8 membawa Microsoft memperkenalkan sejumlah fitur baru di berbagai aspek sistem operasi ini. Termasuk fokus yang lebih besar pada pengoptimalan sistem operasi untuk perangkat berbasis layar sentuh (seperti tablet) dan cloud computing.
  • Metro interface : Interface baru yang disebut Metro guna membantu Windows berjalan lebih baik sebagai tablet. Sementara bagian Windows lainnya, misalnya Task Manager didesain ulang.
  • Startup yang lebih cepat : Melalui integrasi UEFI dan mode "Hybrid Boot" baru.
  • Lock Screen : Layar kunci baru dengan jam dan pemberitahuan.
  • Windows To Go : Fitur bagi pengguna edisi enterprise untuk membuat versi Windows USB langsung (dikenal sebagai Windows To Go).
  • Store : Toko aplikasi baru yang memungkinkan Pengguna menginstal aplikasi Windows.
  • Login akun Microsoft : Pengguna dapat menggunakan akun Microsoft mereka untuk memiliki akses ke pengaturan Windows yang sama di beberapa komputer.
  • Pilihan cara Login : Masuk ke Windows menggunakan kata sandi Pin atau gambar.
  • 32-bit dan 64-bit : Windows 8 tersedia untuk diinstal sebagai 32-bit atau 64-bit.
  • Peningkatan Windows Defender : Meningatkan Windows Defender dengan kemampuan antivirus.
  • Xbox Live : Microsoft juga membangun Windows 8 dengan mempertimbangkan integrasi Xbox Live.
  • USB 3.0 support.
  • Internet Explorer 10.

Edisi Windows 8

Windows 8 dirilis dengan empat edisi, dengan beragam set fitur.  Edisi masing-masing dengan beragam fitur disebut Core, Pro, Enterprise, dan RT. Selain itu ada jga versi-versi yang fiturnya dimodifikasi untuk alasan hukum atau pemasaran.
  1. Windows 8
  2. Windows 8 Pro
  3. Windows 8 Enterprise
  4. Windows 8 OEM
Tidak seperti Windows Vista dan Windows 7, di WIN 8 ini tidak ada edisi Starter, Home Basic, Home Premium, atau Ultimate.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA