Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows 3.0


INFORMASI
Nama
WINDOWS 3.0
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
22 Mei 1990
Rilis Terakhir
Oktober 1991
Dukungan Hingga
31 Desember 2001
Bahasa
Inggris
Lisensi
MS-EULA
Minimum CPU
8086/8088 atau lebih tinggi
Minimum RAM
640KB
Minimum free disk space
10MB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS 95 (1995) Windows NT 3.1 (1993)

Tentang Windows 3.0

Windows 3.0 adalah sistem operasi (OS) ketiga dari Microsoft Windows yang dirilis pada tahun 1990 dan hadir dengan fitur graphical user interface (GUI) terbaru aplikasi direpresentasikan sebagai ikon yang dapat diklik, sebagai lawan dari daftar nama file yang terlihat pada pendahulunya.


Windows 3.0 merupakan versi Windows pertama yang berkinerja baik baik secara kritis maupun komersial. Kritikus dan pengguna saat itu menganggap bahwa GUI merupakan penantang bagi Apple Macintosh dan Unix.

Fitur lain yang dipuji adalah peningkatan multitasking, kemampuan kustomisasi, dan terutama manajemen utilitarian memori komputer yang menyulitkan para pengguna pendahulu Windows 3.0. Selain itu Windows 3.0 juga menambahkan dukungan multimedia untuk merekam dan memutar suara, serta dukungan untuk CD-ROM.

Meskipun masih boot di DOS, akan Windows 3.0 memiliki extender DOS yang memecahkan penghalang memori satu megabyte DOS yang terkenal dan memungkinkan program untuk menggunakan hingga 16MB RAM, jumlah yang sangat besar untuk waktu itu termasuk untuk menjalankan aplikasi Windows 16-bit dan aplikasi DOS.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Windows 3.0 memiliki beberapa aplikasi-aplikasi yang sebelumnya juga telah ada pada versi sebelumnya seperti Program Manager, File Manager, Print Manager dan games yang kemudian menjadi legenda di kemudian hari seperti Hearts, Minesweeper dan Solitaire.

Windows 3.0 Display
Tampilan Windows 3.0
Versi ketiga dari OS Microsoft ini adalah yang pertama sukses terjual secara komersial di pasaran. Dan sebagian besar popularitas Windows 3.0 pada awalnya adalah karena program DOS multitasking.

Edisi Windows 3.0

Setelah merilis Windows 3.0, Microsoft kemudian merilis Windows 3.1 pada 6 April 1992 (kode nama Sparta). Itu adalah salah satu sistem operasi PC GUI pertama yang banyak digunakan.

Lebih dari setahun berselang atau tepatnya pada 22 November, 1993, Microsoft kembali mengeluarkan update dari Win 3.0 Windows 3.2.

Windows 3.1 & Windows 3.1 memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa fitur yang sebelumnya tidak tersedia di MS-DOS. Salah satu fitur baru ini adalah penggunaan mouse, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dan memanipulasi data di komputer tanpa menggunakan perintah MS-DOS.

Windows juga membantu memperkenalkan multitasking kepada penggunanya, yang membuat mereka dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutup setiap program sebelum menjalankan yang lain.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA