Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows 10

Windows 10

INFORMASI
Nama
WINDOWS10
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
29 Juli, 2015
Rilis Terakhir
2004 (10.0.19041.331) 18 Juni, 2020
Dukungan Hingga
-
Tipe Kernel
Hybrid (Windows NT)
Lisensi
Trialware, Microsoft Software Assurance, MSDN subscription, Microsoft Imagine
Minimum CPU
Prosesor 1 GHz atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64).
Minimum RAM
1GB (32-bit) & 2GB (64-bit)  
Minimum free disk space
16GB (32-bit) & 20GB (64-bit)
Graphics Card
DirectX 9 graphics device WDDM 1.0 atau driver yang lebih tinggi
User interface
GUI
Penerus
-

Tentang Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi (OS) paling baru yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.

Versi ini dirilis ke manufaktur pada 15 Juli 2015, dan dirilis secara luas untuk masyarakat umum pada 29 Juli 2015 dan juga sebagai penerus Windows 8.1, yang dirilis hampir dua tahun sebelumnya.

Windows 10 tersedia untuk diunduh melalui MSDN dan Technet dan tersedia sebagai upgrade gratis untuk salinan ritel pengguna Windows 8 dan Windows RT melalui Windows Store. 

Windows 10 menerima build baru secara berkelanjutan, yang tersedia tanpa biaya tambahan bagi pengguna, selain test build Windows 10 yang tersedia untuk Windows Insiders.

Perangkat di enterprise environments dapat menerima pembaruan ini dengan kecepatan lebih lambat, atau menggunakan tonggak dukungan jangka panjang yang hanya menerima pembaruan penting, seperti patch keamanan, selama jangka waktu sepuluh tahun dukungan tambahan.

Salah satu fitur Windows 10 yang paling terkenal adalah supportnya untuk aplikasi universal, perluasan aplikasi Metro-style yang pertama kali diperkenalkan di Windows 8.

Aplikasi universal dapat dirancang untuk dijalankan di berbagai OS keluarga produk Microsoft dengan kode yang hampir sama termasuk PC, tablet, smartphone, embedded systems, Xbox One, Surface Hub dan Mixed Reality.

User interface Windows direvisi untuk menangani transisi antara interface yang menggunakan mouse dan interface yang memakai layar sentuh berdasarkan pada perangkat input yang tersedia‍ khususnya pada PC 2-in-1.

Kedua interface tersebut termasuk menu Start yang diperbarui yang menggabungkan unsur-unsur Start menu Windows 7 dengan tiles Windows 8.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Windows 10 juga memperkenalkan web browser Microsoft Edge, virtual desktop system, window and desktop management fitur yang disebut Task View, serta support for fingerprint and face recognition login yang merupakan fitur keamanan baru untuk enterprise environments, dan DirectX 12.

Windows 10 menerima sebagian besar ulasan positif pada rilis aslinya pada Juli 2015. Kritikus memuji keputusan Microsoft untuk menyediakan interface desktop yang sejalan dengan versi Windows sebelumnya dab kontras dengan pendekatan berorientasi tablet 8.
Sementara untuk Windows 10's touch-oriented user interface mode tidak disukai dan dikritik karena mengandung regresi pada interface Windows 8 touch-oriented user interface.

Para kritikus juga memuji peningkatan software Windows 10 yang dibundel pada Windows 8.1, terintegrasi Xbox Live, serta fungsionalitas dan kemampuan asisten pribadi Cortana dan penggantian browser Internet Explorer dengan Edge.

Tampilan Windows 10
Namun, outlet media memberikan kritik terhadap perubahan perilaku sistem operasi, termasuk mandatory update installation, masalah privasi atas pengumpulan data yang dilakukan oleh OS untuk Microsoft dan mitranya dan taktik seperti adware yang digunakan untuk mempromosikan sistem operasi pada rilisnya.

Fitur Terbaru Windows 10

Windows 10 berbagi banyak fitur yang pertama kali diperkenalkan dengan Windows 8. Selain itu terdapat pula fitur utama yang terdapat pada Windows 10.

Berikut fitur utama dari Windows 10 :
  • Start menu : Kembali menggunakan menu Start Windows, dengan tiles yang diperkenalkan pada Windows 8 juga dapat ditampilkan di menu Start.
  • Microsoft Edge : Microsoft tetap memasukan Internet Explorer sebagai default apps, tetapi juga memperkenalkan dan menambahkan browser Microsoft Edge baru untuk pengguna Windows 10, dan merekomendasikan untuk menggunakannya sebagai browser default.
  • Cortana : Asisten suara baru Cortana sekarang menjadi bagian dari Windows dan search bar Windows.
  • Action Center : Sebuah pop-out windows dengan pemberitahuan untuk Windows dan software di komputer dan akses cepat ke beberapa fitur, seperti Bluetooth, atau mode tablet dan opsi penghemat baterai jika menggunakan laptop. Action Center di tambahkan ke WIN 10 sebagai pengganti fitur Charms yang tersedia di Windows 8.

Edisi Windows 10

Windows 10 memiliki dua belas edisi, dengan beragam set fitur, kasus penggunaan, atau perangkat yang dimaksudkan. Edisi tertentu didistribusikan hanya pada perangkat langsung dari produsen peralatan asli (OEM), sedangkan edisi seperti Enterprise dan Education hanya tersedia melalui saluran lisensi volume.

Berikut Edisi dari Windows 10 :
  • Windows 10 Home
  • Windows 10 Pro
  • Windows 10 Pro for Workstations
  • Windows 10 Pro Education
  • Windows 10 Enterprise
  • Windows 10 Enterprise LTSC (sebelumnya LTSB)
  • Windows 10 Education
  • Windows 10 IoT Core Blast
  • Windows 10 IoT Enterprise
  • Windows 10 S (sekarang mode operasional dalam edisi Enterprise dan Education)
Microsoft juga menyediakan edisi Windows 10 untuk pabrikan perangkat untuk digunakan pada kelas perangkat tertentu, termasuk perangkat IoT dan yang sebelumnya dipasarkan Windows 10 Mobile untuk smartphone.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA