Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Windows 1.0

Windows 1.0
INFORMASI
Nama
WINDOWS 1.0
Developer
Microsoft
Tipe Produk
Sistem Operasi
Dirilis
20 November 1985
Rilis Terakhir
1.04 / April 1987
Dukungan Hingga
30 Desember 2001
Bahasa
Inggris
Lisensi
MS-EULA
Minimum CPU
8088
Minimum RAM
320KB
Minimum free disk space
720KB
User interface
GUI
Penerus
WINDOWS 2.0

Tentang Windows 1.0

Windows 1.0 adalah versi asli dari Microsoft Windows, yang diumumkan pada tahun 1983 dan diperkenalkan pada tahun 1985. Windows 1.0 adalah aplikasi DOS yang menyediakan antarmuka grafis yang agak canggung dan merupakan generasi pertama dari keluarga windows.


Windows 1.0 bukanlah sebuah paket sistem operasi GUI seperti halnya Apple dengan Lisa dan Macintosh-nya, tetapi Windows 1.0 hanyalah paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS.

Oleh sebab itu, Windows 1.0 menggunakan Interface Manager sebagai nama kodenya. Sistem operasi (OS)  ini menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan tetikus sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Tampilan Windows 1.0
Windows 1.0 juga mendukung multitasking antar banyak program guna memudahkan pengguna dalam membuka beberapa aplikasi sekaligus. Ini tentunya menjadi sebuah peningkatan yang krusial kalau diandingkan dengan pendahulunya, yaitu DOS yang hanya mampu menjalankan satu aplikasi saja atau disebut single-tasking.

Lihat Juga : Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Daftar Program Aplikasi di Windows 1.0

Tidak seperti sistem operasi yang kita kenal saat ini, Windows1.0 hanya dilengkapi dengan beberapa utilitas yang belum sempurna. Yaitu :
  • Windows Paint
  • Windows Write
  • Kalender
  • Kalkulator
  • CardFiler
  • Notepad
  • Jam
  • Control Panel
  • Reversi (Game)
Control Panel yang terdapat pada Windows 1.0 ini digunakan untuk mengkonfigurasi berbagai fitur environment, dan MS-DOS Executive, yang merupakan pendahulu file manager Windows Explorer saat ini.

Edisi Windows 1.0

Windows versi 1.01, yang dirilis pada 20 November 1985, adalah rilis publik pertama dari Windows. Rilis internasional pertama, Windows versi 1.02, dirilis pada Mei 1986. Windows versi 1.03, dirilis pada Agustus 1986, termasuk perangkat tambahan yang membuatnya konsisten dengan rilis internasional seperti driver untuk keyboard Eropa dan driver layar dan printer tambahan.

Sementara Windows versi 1.04, dirilis pada April 1987, pada edisi ini Microsoft menambahkan dukungan untuk komputer IBM PS / 2 baru, meskipun tidak ada dukungan untuk mouse PS / 2 atau mode grafis VGA baru yang disediakan.

Namun, pada 27 Mei 1987, versi OEM dirilis oleh IBM, yang menambahkan dukungan VGA, dukungan mouse PS / 2, dukungan MCGA, dan dukungan untuk driver layar 8514 / A. IBM merilis versi ini pada tiga disket 720k 3,5 inci, dan menawarkannya sebagai bagian dari bundel "Personal Publishing System" dan "Collegiate Kit" mereka.

LIHAT JUGA VERSI WINDOWS LAINNYA