Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian Software, Jenis, Fungsi, & Contohnya


Sebelum langsung membahas tentang Pengertian Software (Perangkat Lunak), Fungsi, Jenis, & Contohnya. Andronezia akan terlebih dulu membagikan Sejarah Software. Oke langsung Saja.

Sejarah Software 

Istilah Software "perangkat lunak" belum digunakan sampai akhir 1950-an.  Meskipun berbagai jenis perangkat lunak pemrograman sedang dibuat, mereka biasanya tidak tersedia secara komersial Selama rentang waktu tersebut. Akibatnya, pengguna (kebanyakan ilmuwan dan perusahaan besar) sering harus menulis Software mereka sendiri.

Hal ini membawa beberapa keuntungan bagi perusahaan, dimana mereka dapat menyesuaikan perangkat lunak dengan kebutuhan secara spesifik, dan oleh karena itu mereka mengerti persis apa yang dilakukan Software buatan mereka.

Akan tetapi, hal tersebut mengharuskan setiap perusahaan atau lab untuk memiliki programmer in-house on staff dan perusahaan yang membuat Software  sering tidak dapat menukarnya dengan bisnis lain, karena akan dikembangkan untuk satu sistem komputer tertentu.

Perangkat lunak mulai menjadi lebih lazim pada tahun 1970-an, ketika komputer menjadi kecil dan cukup murah untuk dibeli oleh masing-masing pengguna. Tetapi karena pengguna rumahan tidak dapat memprogram komputer mereka sendiri, membuat Developer membuat Operating System/sistem operasi (OS) untuk menjalankan komputer dan meluncurkan Software lain sesuai kebutuhan pengguna.

Saat itu Salah satu sistem operasi MS-DOS yang diperkenalkan pada 1981 merupakan OS yang paling banyak dijalankan oleh banyak komputer IBM.

Saat itu, pengguna harus mengetikkan perintah, dan Software awal hanya menerima input keyboard. Karena sebagian besar komputer pribadi tidak memiliki hard drive yang 'sebenarnya', membuat perangkat lunak harus di desain sesederhana mungkin.

Semua itu berubah ketika hard drive menjadi standar di komputer pribadi ada 1980-an dan hardware komputer berkembang, serta perangkat lunak menjadi lebih canggih. Pada titik itu, Software dapat diinstal pada komputer sebelum meninggalkan distributor, memungkinkan produsen komputer untuk mulai menggabungkan sistem operasi dan Software dengan komputer.

Selain itu, ini memungkinkan Software yang lebih besar untuk dimuat ke komputer tanpa mengirimkan setumpuk disk kepada pelanggan. Ini memungkinkan pengguna akhir untuk beralih di antara berbagai perangkat lunak tanpa mengubah disk, sehingga meningkatkan produktivitas.

Ketika CD-ROM menjadi standar sekitar tahun 1989, Software yang lebih besar dapat didistribusikan dengan cepat, mudah dan relatif murah. Karena CD dapat menampung lebih banyak data daripada floppy disk, dan program yang pernah tersebar di selusin disket muat pada satu CD.

Dengan demikian, CD dengan cepat menjadi standar untuk distribusi Software, dan pada pertengahan 2000-an, floppy disk drive tidak lagi menjadi standar pada komputer.

DVD, yang menyimpan informasi lebih banyak daripada CD, memungkinkan untuk menempatkan bundel program, seperti Microsoft Office Suite, semua dalam satu disk.

Namun saat ini, penggunaan DVD mulai ketinggalan zaman karena banyak pengguna membeli dan mengunduh Software mereka langsung dari internet. Sekarang dengan cloud computing, pengguna bahkan tidak perlu mengunduh perangkat lunak ke komputer mereka - mereka dapat menjalankan program langsung dari cloud.

Pengertian Software

Software atau dalam bahasa indonesia berarti Perangkat Lunak adalah Kumpulan instruksi data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu. Ini mengarahkan semua perangkat periferal pada sistem komputer seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukan pekerjaan.

Tanpa adanya perangkat lunak dalam sebuah komputer, kita tidak akan dapat mengoperasikan hardware dan melakukan perhitungan apa pun.

Pengertian Software Menurut Para Ahli

Selain Pengertian Software secara universal di atas, ada juga Pengertian Software menurut para ahli : 

1. Roger S. Pressman

Bedasarkan gagasan yang di kemukakan oleh oleh Roger S. Pressman (2002), Beliau menyebutkan bahwa software adalah suatu program perintah yang teradapat pada sebuah komputer.

Yang ketika dijalankan oleh penggunanya akan memberikan sejumlah fungsi sekaligus dan juga menampilkan informasi yang diinginkan oleh penggunanya.

Pernyataan ini memberikan gambaran jika perangkat lunak memiliki fungsi untuk memberikan perintah kepada komputer agar dapat menjalankan fungsi dengan optimal, sesuai dengan kemauan si pegguna yang akan memberikan perintah.

2. Wiwit Siswoutomo

Sedangkan menurut Wiwit Siswoutomo, Pengertian Software adalah nyawa dari sebuah hardware atau juga komputer disebabkan karna tanpa adanya perangkat lunak tersebut maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati serta tidak dapat digunakan.

3. Melwin Syafrizal Daulay

Dalam bukunya yang berjudul "Mengenal Hardware-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer". Melwin menjelaskan bahwa pengertian software sebagai suatu perangkat yang memiliki fungsi sebagai pengatur aktivitas kerja dalam komputer sekaligus semua intruksi yang mengarah kepada sistem komputer.

Selanjutnya ia juga menerangkan jika software adalah perangkat yang menjembatani interaksi anatara user dengan komputer dengan menggunakan bahasa mesin.

4. Wilman & Riyan

Sementara menurut Wilman dan Riyan, pengertian Software menurut mereka adalah suatu perangkat operasi kerja yang berfungsi untuk menjalankan berbagai komponen yang ada di hardware.

Tak hanya itu saja, Wilman dan Riyan juga menyebutkan bahwa software bersifat maya, yang mana dapat diartikan jika perangkat lunak tidak bisa dilihat secara fisik dalam sebuah bentuk. Akan tetapi, sebagai user kita dapat menjalankan fungsi dan merasakan manfaatnya.

5. ITL Education Solutions Ltd.

Sebagai salah satu perusahaan yang berskala internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, ITL Education Solutions Limited sering merilis buku yang berhubungan dengan perangkat lunak.

Dan dalam bukunya yang berjudul "Introduction to Computer Science". perusahaan tersebut menerangkan bahwa Pengertian Software merupakan suatu istilah umum yang berfungsi untuk menunjukkan informasi data dalam komputer serta instruksi yang terorganisir.

Dalam hal ini, perangkat lunak memiliki tanggung jawab untuk mengendalikan, mengelola, serta mengintegrasikan komponen hardware dari suatu sistem komputer dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas atau perintah tertentu.

Software Bedasarkan Distribusinya

Software diklasifikasikan menjadi 6 yang dapat dibeli atau di download secara gratis tergantung ketersediaan mereka serta sharabilitynya.

Berikut 6 Klasifikasi Software berdasarkan Distribusinya:
  • Shareware : Biasanya didistribusikan secara gratis atau percobaan (Trial), dengan maksud untuk dijual ketika waktu percobaan berakhir.
  • Liteware : Adalah jenis shareware dengan beberapa fitur yang dinonaktifkan pada versi gratis. Untuk menikmati seluruh fitur, pengguna harus membeli versi premium.
  • Freeware : dapat diunduh secara gratis tetapi dengan batasan hak cipta.
  • Public domain software : Dapat diunduh secara gratis tanpa batasan.
  • Open source software : Jenis software yang kode sumbernya dapat dibuka, diubah-ubah, ditingkatkan, serta disebarluaskan oleh pengguna.
  • Proprietary software : Perangkat lunak yang tetap menjadi milik pemilik / penciptanya dan digunakan oleh pengguna akhir atau organisasi dalam kondisi yang ditentukan sebelumnya.

Macam-Macam Jenis Software

Secara umum, ada dua klasifikasi utama software, yaitu, System Software (Perangkat Lunak Sistem) bersama dengan Application Software (Perangkat Lunak Aplikasi). Mari kita bahas satu-persatu.

1. System Software

System Software membantu pengguna serta hardware di komputer untuk berfungsi dan bahkan berinteraksi satu sama lain dengan mudah. Pada dasarnya, ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola perilaku hardware komputer untuk menawarkan fungsionalitas dasar yang dibutuhkan oleh pengguna.

Dengan kata lain, perangkat lunak sistem pada dasarnya dapat dikatakan sebagai perantara atau bahkan lapisan tengah antara pengguna dan hardware.

Software ini mensupport lingkungan atau platform agar perangkat lunak lain dapat bekerja dengan mudah. ​​Oleh karena itu, System Software cukup penting dalam pengelolaan seluruh sistem komputer.

System Software pada dasarnya berjalan di latar belakang, dan itu sebenarnya tidak digunakan oleh pengguna akhir. Karena alasan ini, System Software juga dikenal sebagai "low level software".

Perusahaan biasanya menyewa perusahaan software development terbaik untuk membangun perangkat lunak sistem mereka.
Berikut beberapa contoh system software yang umum : 

a. Sistem Operasi

Sistem operasi menjadi contoh yang paling umum dan menonjol di system software. Jenis ini pada dasarnya adalah kumpulan perangkat lunak yang menangani sumber daya serta menawarkan layanan umum untuk berbagai aplikasi lain yang berjalan.

Ada berbagai jenis sistem operasi seperti embedded, real-time, terdistribusi, satu-pengguna, multi-pengguna, mobile, internet dan banyak lagi. Layanan pengembangan Full stack web mengembangkan aplikasi untuk beroperasi pada sistem operasi seluler seperti Android dan iOS.

Beberapa contoh utama dari sistem operasi adalah sebagai berikut:
  1. MS Windows 
  2. macOS 
  3. Linux 
  4. iOS 
  5. Android  
  6. CentOS 
  7. Ubuntu 
  8. Unix

b. Device Drivers

Jenis perangkat lunak ini mengontrol hardware tertentu yang pada dasarnya tertanam pada sistem. Perangkat keras berbeda yang memerlukan driver untuk terhubung ke sistem dengan mudah terdiri dari displays, printers, sound cards, hard disks, keyboard, and mice. Beberapa contoh driver tersebut adalah:
  1. BIOS Driver
  2. Motherboard Drivers
  3. Display Drivers
  4. ROM Drivers
  5. Printer Drivers
  6. USB Drivers
  7. Sound Card Driver
  8. VGA Drivers

c. Firmware

Ini sebenarnya adalah software permanen yang tertanam dalam memori read-only memory. Ini pada dasarnya adalah seperangkat instruksi yang disimpan secara permanen ke perangkat perangkat keras.

Jenis ini menawarkan informasi penting tentang bagaimana perangkat tertentu berinteraksi dengan perangkat keras lain yang berbeda.

Beberapa contoh firmware adalah:
  1. Computer
  2. Peripherals
  3. Embedded
  4. Systems
  5. UEFI
  6. BIOS

d. Utility

Software ini dirancang untuk membantu menganalisis, serta mengoptimalkan, bersama dengan mengkonfigurasi dan memelihara sistem komputer.

Jenis ini Ini memberikan support untuk infrastruktur komputer. Seperti pembersih disk dan alat manajemen, anti-virus, defragmenter, alat kompresi dll semuanya disebut dengan utility software.

Beberapa contohnya adalah:
  1. Norton Antivirus
  2. McAfee Antivirus
  3. WinRAR
  4. WinZip
  5. Piriform CCleaner
  6. Windows File Explorer
  7. Directory Opus
  8. Razer Cortex

2. Software Aplikasi

Software aplikasi juga dikenal sebagai program pengguna akhir atau bahkan program produktivitas yang membantu pengguna dalam menyelesaikan berbagai tugas seperti melakukan penelitian online, membuat catatan, merancang grafik, memelihara akun, melakukan perhitungan atau bahkan bermain game komputer.

Software aplikasi pada dasarnya terletak di atas Software System. Mereka sebenarnya digunakan oleh pengguna akhir serta memiliki fungsionalitas atau tugas khusus yang dirancang untuk mereka lakukan.

Perangkat lunak ini sering dikembangkan melalui pengembangan custom software, berdasarkan pada kebutuhan pengguna.

Selengkapnya silahkan baca : Pengertian Software Aplikasi dan Contohnya

Ada beragam jenis software aplikasi. Berikut beberapa diataranya :

a. Word Processors (Pengolah Kata)

Aplikasi semacam ini dimaksudkan untuk dokumentasi. Ini juga membantu dalam menyimpan serta memformat dan bahkan mencetak dokumen. Contoh utama dari perangkat lunak tersebut adalah:
  1. Microsoft Word
  2. Apple
  3. iWork-Pages
  4. Corel WordPerfect
  5. Google Documents

b. Database Software

Ini digunakan untuk membuat serta mengelola database dan juga dikenal sebagai Database Management System atau di singkat DBMS. Perangkat lunak semacam ini digunakan untuk membantu dalam organisasi data. Beberapa contoh DBMS adalah:
  1. MS Access
  2. FileMaker
  3. dBase
  4. Clipper
  5. MySQL
  6. FoxPro

c. Multimedia Software

Ini adalah perangkat lunak yang dapat memainkan, membuat serta merekam gambar, file audio atau bahkan video. Jenis ini digunakan untuk animasi, pengeditan video, grafik serta pengeditan gambar.

Karena tingginya permintaan jenis software ini, setiap perusahaan pengembangan produk software memiliki peluang besar dalam mengembangkannya.

Beberapa contoh perangkat lunak tersebut adalah:
  1. Adobe Photoshop
  2. Picasa
  3. VLC Media Player
  4. Windows Media Player
  5. Windows Movie Maker

d. Web Browsers

Perangkat lunak ini digunakan untuk menjelajah internet. Browser membantu pengguna menemukan dan mengambil data dengan baik di seluruh web.

Beberapa contoh dari jenis ini adalah:
  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Internet Explorer
  4. Opera
  5. UC Browser
  6. Safari

Fungsi Software

Pada dasarnya fungsi utama dari software adalah untuk membuat sebuah komputer bisa menjalankan command dari pengguna. Berdasarkan pengertian software yang telah dijelaskan di atas, Berikut beberapa fungsi software :
  • Mensupport fungsi dasar dari sebuah komputer sehingga bisa dioperasikan. Contohnya seperti ketersediaan OS dan juga sistem pendukung pada komputer.
  • Memanage tiap-tiap hardware yang terdapat pada komputer sehingga bisa bekerja bersamaan secara serentak.
  • Sebagai penghubung antara beberapa software lainnya dengan hardware yang terdapat pada komputer.
  • Software juga berfungsi sebagai penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin, sehingga dapat dimengerti oleh hardware.
  • Software ini juga bisa mengidentifikasi suatu program yang terdapat pada sebuah komputer.

Penutup

Demikianlah postingan tentang Pengertian Software (Perangkat Lunak), Jenis, Fungsi, & Contohnya yang dapat Andronezia bagikan. Semoga bermanfaat