Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya

Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya


Macam-Macam Versi Windows Lengkap Beserta Keterangannya - Bill Gates dan Paul Allen secara resmi mendirikan Microsoft pada 4 April 1975. Namun pada 1983, Allen mengundurkan dari Microsoft setelah dirinya mengidap penyakit. Namun meskipun demikian Allen tetap menjadi anggota dewan Microsoft.


Sebelum pengunduran dirinya, Allen dan Gates menciptakan kembali Q-DOS sebagai MS-DOS dan menjualnya sebagai Sistem Operasi kepada IBM. Itu adalah OS pertama dari Microsoft sebelum Windows 1.

Pada 10 November 1983 di Plaza Hotel  New York City, Bill Gates secara resmi mengumumkan dan memperkenalkan Windows sebagai graphical user interface (GUI) untuk MS-DOS, yang telah diperkenalkan beberapa tahun sebelumnya.

Setelah itu, Windows mulai dan terus mendominasi sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia. tercatat lebih dari 90 persen pengguna komputer di dunia memakai Windows sebagai sistem operasi mereka sementara sisanya menggunakan sistem operasi Linux dan Mac.

Awalnya Mirosoft hanya menyediakan Windows versi klien saja untuk penggunaan pribadi. namun pada tahun 1993 perusahaan ini meluncurkan Windows Server. Tak hanya sampai disitu, Microsoft juga terus melakukan inovasi dan menelurkan versi-versi lainnya dengan mengikuti perkembangan zaman.

Macam-Macam Urutan Versi Windows

Berikut daftar urutan versi Windows dari tahun 1985 hingga Sekarang :

1. Windows 1.0 (1985-1987)

Dalam sejarah Windows, Windows 1.0 adalah OS pertama dengan graphical user interface dan diluncurkan pada tahun 1985. Ini adalah versi upgrade dari MS-DOS dan juga menggantikan perintah MS-DOS dengan graphical user interface.

Hal ini membuat pengguna tidak perlu lagi mengetikkan perintah untuk menjalankannya. Cukup menggerakkan mouse dan mengklik dalam kotak bisa melakukan pekerjaan.

Windows 1.0 Screen
Tampilan Windows 1.0
Microsoft juga menambahkan game "Reversi" supaya membuat pengguna terbiasa dengan mouse. Karena saat itu, mouse masih dianggap sebagai perangkat yang aneh pada waktu itu.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 1.0

2. Windows 2.0 (1987-1989)

Dua tahun kemudian, Microsoft memperkenalkan Windows 2.0 dan dirilis pada akhir 1987. Operating System (OS) ini diperkenalkan dengan kemampuan untuk digunakan bersama dengan versi sebelumnya dan juga meningkatkan grafis.

Windows 2.0 Screen
Tampilan Windows 2.0
Microsoft Windows 2.0 menjadi OS yang sangat populer karena memiliki banyak fitur yang user-friendly. Microsoft juga menambahkan keyboard shortcuts and ikon desktop guna menunjukkan keberadaan program dan file.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 2.0

3. Windows 3.0 dan Windows 3.1 (1990 dan 1992)

Windows 3.0 dirilis pada Mei 1900 dengan menawarkan ikon dan kinerja yang lebih baik, serta grafik yang lebih canggih dengan 16 warna yang dirancang untuk prosesor Intel 386.

Versi ini adalah rilis pertama yang memberikan "tampilan dan nuansa" yang kemudian menjadi standar Microsoft Windows selama bertahun-tahun di masa yang akan datang.

Windows 3.0 Screen
Tampilan Windows 3.0
Dalam Windows 3.0 juga terdapat permainan windows terkenal seperti Hearts, Minesweeper, dan Solitaire. Serta File Manager, Program Manager, dan Print Manager.

Pada tahun 1992, versi upgrade Windows 3.1 dirilis dengan perbaikan yang diperlukan dan font yang ditingkatkan. Lebih lanjut, pada tahun 1993 Windows 3.1 yang terkait dengan Windows NT 3.1.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 3.0

4. Windows NT 3.1 (1993)

Windows NT 3.1 adalah sistem operasi (os) yang diproduksi oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT yang dirilis pada 27 Juli 1993. Nama "NT" yang disematkan versi ini awalnya adalah singkatan dari "New Technology" (Teknologi Baru) Namun, hari ini "NT" tidak lagi dianggap sebagai akronim.

Windows NT 3.1 Screen
Tampilan Windows NT 3.1
Windows NT 3.1 sebagian besar hadir dengan komponen 32-bit yang ditampilkan dalam Windows 3.1 dan Windows for Workgroups. Namun juga termasuk aplikasi yang ditujukan khusus untuk kebutuhan Windows NT, seperti MUser Manager, the Performance Monitor, the Disk Administrator, the Event Viewer dan Backup application.

Windows NT 3.1 tersedia dalam dua edisi yaitu : Windows NT 3.1 untuk workstation, dan Windows NT 3.1 Advanced Server untuk server.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows NT 3.1

5. Windows NT 3.5 (1994)

Windows NT 3.5 dirilis pada 21 September 1994 dan merupakan versi kedua dari Windows NT. Salah satu tujuan utama selama pengembangan Windows NT 3.5 adalah untuk meningkatkan kinerja sistem operasi.

Windows NT 3.5 Screen
Tampilan Windows NT 3.5
Windows NT 3.5 hadir dengan support Winsock dan TCP / IP yang telah terintegrasi. Tentunya ini menjadi pembeda dengan pendahulunya, dimana Windows NT 3.1, hanya mencakup implementasi TCP / IP yang tidak lengkap berdasarkan API AT&T Sistem UNIX V "STREAMS".) stacks in TCP / IP dan IPX / SPX pada Windows NT 3.5 ditulis ulang.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows NT 3.5

6. Windows NT 3.51 (1995)

Windows NT 3.51 dirilis pada 30 Mei 1995 yang merupakan versi ketiga dari sistem operasi Microsoft Windows NT, sembilan bulan setelah rilis Windows NT 3.5, dan tiga bulan sebelum rilis Windows 95.

Selai itu, Edisi NT 3.51 juga dirilis untuk arsitektur x86, MIPS, dan Alpha. Rilis ini memberikan dua peningkatan fitur penting; pertama NT 3.51 menjadi yang pertama dari short-lived outing Microsoft Windows pada arsitektur PowerPC.

Windows NT 3.51 Screen
Tampilan Windows NT 3.51
Peningkatan paling signifikan kedua yang ditawarkan pada versi ini adalah bahwa Windows NT 3.51 menyediakan dukungan klien / server untuk inter-operasi dengan Windows 95, yang dirilis tiga bulan setelah NT 3.51.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows NT 3.51

7. Windows 95 (1995)

Windows 95 adalah peningkatan utama dari OS Windows sebelumnya dan didukung oleh user interface baru. Windows 95 menggunakan dukungan software 32-bit yang menjadikannya salah satu OS tercepat.

Selain itu Windows 95 juga mendukung software Windows dan DOS yang lebih lama. Programer mulai mengembangkan aplikasi Windows karena mereka menyadari potensi besar di OS Windows.

Meskipun Windows 95 dapat menjalankan aplikasi Windows dan DOS yang lebih lama, Akan tetapi pada dasarnya OS ini telah menghapus DOS sebagai platform yang mendasarinya.

Windows 95 Screen
Tampilan Windows 95

Fitur penting lainnya dalam sistem operasi ini adalah kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi perangkat keras yang terpasang (plug and play).

Pada tahun 1996, Microsoft mendesain ulang UI Windows 95 dan menggunakannya di Windows NT 4.0. Itu adalah versi upgrade kecil dari Windows NT 3.51 dan mencoba untuk memberikan sedikit popularitas Windows NT. Namun, itu tidak dianggap sebagai rilis utama.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 95

8. Windows NT 4.0 (1996)

Windows NT 4.0 adalah sistem operasi 32-bit preemptively, yang dirancang untuk bekerja dengan baik pada perangkat uniprocessor atau komputer multi-prosesor simetris.

Windows NT 4.0 Screen
Tampilan Windows NT 4.0
Pengganti dari Windows NT 3.51 ini memperkenalkan user interface Windows 95 ke keluarga Windows NT, termasuk shell Windows, File Explorer (dikenal sebagai Windows NT Explorer pada saat itu), dan penggunaan nomenklatur "My" untuk folder shell, misalnya: My Computer.

Windows NT 4.0 juga mencakup sebagian besar komponen yang diperkenalkan di Windows 95. Secara internal, Windows NT 4.0 dikenal sebagai Shell Update Release (SUR).

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows NT 4.0

9. Windows 98 (1998)

Windows 98 adalah OS pertama yang terintegrasi dengan Internet Explorer. Windows 98 datang dengan dukungan teknologi baru seperti DVD, USB, FAT32, dll.

Secara keseluruhan Windows 98 adalah versi yang memang sengaja dirancang untuk menyenangkan konsumen dengan menambahkan efek border 3D, quick launch toolbars, dan warna gradien di title bar serta hardware dan driver yang dapat ditingkatkan.

Windows 98 Screen
Tampilan Windows 98
Tak hanya itu saja, pada sistem operasi ini Microsoft Memindahkan mouse pada program or feature supaya memungkinkan pengguna untuk melihat "Help Tip" yang menampilkan deskripsi bantuan singkat. Microsoft kemudian merilis Windows 98 SE dengan beberapa perbaikan bug.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 98

10. Windows 98 Second Edition (SE) (1999)

Windows 98 Second Edition (sering disingkat menjadi Windows 98 SE dan kadang-kadang ke Win98 SE) adalah rilis terbaru dari Windows 98 yang dirilis pada 5 Mei 1999.

Windows 98 SE Screen
Tampilan Windows 98 SE
Win98 SE mencakup banyak perbaikan seperti perbaikan bug dari versi sebelumnya, peningkatan dukungan audio dan modem WDM, peningkatan dukungan USB, penggantian Internet Explorer 4.0 dengan Internet Explorer 5.0, Folder Web (ekstensi namespace WebDAV untuk Windows Explorer), pembaruan shell terkait dan lain-lain.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 98 SE

11. Windows 2000 (2000)

Pada 17 Februari 2000, Microsoft merilis versi yang mirip dengan Windows 98 dan diberi nama Windows 2000 yang diisi dengan peningkatan penting.

Sistem operasi yang sering disingkat "W2K," ini adalah OS untuk desktop dan laptop bisnis dan berfungsi untuk menjalankan software, terhubung ke Internet dan situs intranet, dan mengakses file, printer, dan sumber daya jaringan. Selain itu, Windows 2000 juga membawa fitur penting dari hyperlink dengan Internet Explorer 5.0 baru.

Windows 2000 Screen
Tampilan Windows 2000
Sepertinya fokus utama Microsoft dalam merancang Windows 2000 adalah untuk membuat tugas lebih sederhana, stabil, dan lebih menarik bagi mata pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat melihat pratinjau gambar sebagai gambar mini.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 2000

12. Windows Millenium Edition (ME) (2000)

Lima bulan setelah Windows 2000 dirilis, Microsoft  merilis versi Windows Millennium Edition pada 14 September 2000.

Ada beberapa fitur utama yang tersedia pada WIN ME, seperti : pemutar media baru dengan skin yang dapat diubah dan support yang lebih banyak pada file systems serta ikon sistem ditingkatkan dengan warna tinggi baru.

Windows Millenium Edition Screen
Tampilan Windows ME
Selain yang telah disebutkan di atas, Tidak banyak perbaikan lainnya di Windows Me kecuali fitur System Restore.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows ME (Millennium Edition)

13. Windows XP (2001)

Windows XP dirilis pada tahun 2001 dan hadir dalam dua versi, Home dan Professional yang dibangun pada kernel Windows 2000. 

Tampilan dan nuansa Windows XP didesain ulang untuk user interface pengguna, sehingga memberikan pengguna suasana yang lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan versi Windows sebelumnya.

Windows XP Screen
Tampilan Windows XP
Windows XP juga hadir dengan beberapa fitur baru seperti Windows Media Player yang diperbarui, Internet Explorer, Bantuan dan Dukungan, Asisten Microsoft, dan MSN messenger.

Di kedua versi XP baik itu Home ataupun Professional Microsoft memfokuskan pada perbaikan mobilitas termasuk fitur plug and play untuk menghubungkan ke jaringan nirkabel. Sistem operasi ini juga menggunakan standar keamanan nirkabel 802.11x.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows XP

14. Windows XP Professional x64 Edition (2005)

Microsoft Windows XP Professional x64 Edition, dirilis pada 25 April 2005, adalah edisi Windows XP untuk komputer pribadi x86-64. Sistem operasi (OS) ini dirancang untuk menggunakan memory address 64-bit yang diperluas dan disediakan oleh arsitektur x86-64.

Windows XP Professional x64 Edition menggunakan kernel dan kode pohon yang sama dengan Windows Server 2003 dan dilayani oleh service pack yang sama.

Windows XP Professional x64 Edition Screen
Tampilan Windows XP Professional x64 Edition
Namun untuk fitur, Microsoft Windows XP Professional x64 Edition memiliki fitur klien Windows XP versi pertama seperti System Restore, Windows Messenger, Fast User Switching, Welcome Screen, Security Center and games, yang tidak dimiliki Windows Server 2003.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows XP Professional x64 Edition

15. Windows Vista (2007)

Windows Vista hadir dengan menawarkan kemajuan dalam keandalan, keamanan, kemudahan penyebaran, kinerja, dan pengelolaan atas Windows XP.

Sementara untuk fitur baru pada versi ini terletak kemampuan dalam mendeteksi masalah hardware sebelum terjadi, fitur keamanan untuk melindungi terhadap ancaman generasi terbaru, start-up yang lebih cepat, dan konsumsi daya yang rendah.

Windows Vista Screen
Tampilan Windows Vista
Dalam banyak kasus, Windows Vista terasa lebih responsif daripada Windows XP pada hardware yang identik. Windows Vista menyederhanakan dan memusatkan manajemen konfigurasi desktop, dan pembaruan sistem.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows Vista

16. Windows 7 (2009)

Windows 7 dirilis oleh Microsoft pada 22 Oktober 2009 sebagai yang terbaru dalam jajaran sistem operasi Windows sebagai penerus Windows Vista. OS ini dirilis bersamaan dengan Windows Server 2008 R2, yang merupakan mitra dari Windows 7 server.

Windows 7 Screen
Tampilan Windows 7

Sementara pada peningkatan dan fitur baru Windows 7 terletak pada multi-touch support, Internet Explorer 8, peningkatan kinerja  dan waktu start-up, Aero Snap, Aero Shake, dukungan untuk hard disk virtual, Windows Media Center yang baru dan lebih baik, serta peningkatan keamanan.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 7

17. Windows 8 (2012)

Windows 8 dirilis pada 1 Agustus 2012 dan merupakan sistem operasi yang sepenuhnya didesain ulang yang telah dikembangkan dari bawah ke atas dengan mempertimbangkan penggunaan layar sentuh serta kemampuan lebih cepat dalam waktu load hanya dalam hitungan detik.

Windows 8 menggantikan tampilan dan nuansa Microsoft Windows yang lebih tradisional dengan desain system interface "Metro" baru yang pertama kali debut di sistem operasi seluler Windows Phone 7.

Windows 8 Screen
Tampilan Windows 8
Sayangnya, meskipun memiliki desain yang lebih modern dan futuristik, akan tetapi banyak yang menganggap bahwa Windows 8 adalah sistem operasi gagal yang pernah dirilis sepanjang sejarah Windows. 

Pada 2013, Microsoft merilis peningkatan versi Windows 8 yang di sebut dengan 8.1, dan memperkenalkan kembali "tombol start" menambahkan  easy multitask options.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 8

18. Windows 8.1 (2013)

Windows 8.1 dirilis ke manufaktur pada 27 Agustus 2013, dan untuk umum pada 17 Oktober 2013, sekitar setahun setelah rilis ritel pendahulunya.

Windows 8.1 tersedia untuk diunduh melalui MSDN dan Technet dan tersedia sebagai peningkatan gratis untuk salinan ritel pengguna Windows 8 dan Windows RT melalui Windows Store.

Windows 8.1 Screen
Tampilan Windows 8.1
Microsoft mengakhiri mainstream support untuk Windows 8.1 pada 9 Januari 2018, dan extended support akan berakhir pada 10 Januari 2023.

Windows 8.1 bertujuan untuk mengatasi keluhan pengguna dan reviewer saat peluncuran Windows 8 lalu.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 8.1

19. Windows 10 (2015)

Microsoft meluncurkan Windows 10 sebagai penerus Windows 8. Windows 10 memulai debutnya pada 29 Juli 2015, setelah rilis beta "technical preview" dari sistem operasi baru yang tiba di Musim Gugur 2014 dan beta "consumer preview" pada awal 2015.

Windows 10 datang dengan sejumlah fitur seperti Microsoft Edge (alternatif untuk Internet Explorer), Cortana, Continuum, Windows halo, dll dan juga kembalinya menu start, virtual desktop, Aplikasi Windows Store universal.

Windows 10 Screen
Tampilan Windows 10
Setelah sejarah Windows yang panjang, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 10 akan menjadi OS terakhir dari seri Windows. Selain itu, Windows 10 akan mendapatkan pembaruan besar untuk meningkatkan UI, keamanan, dan pembaruan kumulatif lainnya.

Baca Selengkapnya : Sejarah dan Fitur Windows 10

Penutup

Itulah postingan seputar Macam-Macam Versi Windows dari versi Microsoft Windows 1.0 hingga versi yang paling terbaru yaitu MS Windows 10  Lengkap Beserta Keterangannya.