Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Cara Screenshot di Laptop Windows 10 - Screenshot  dikenal juga dengan tangkapan layar atau screen capture pada dasarnya tidak hanya dibuat untuk pelengkap tutorial saja. Pasalnya, pengguna biasa pun terkadang perlu mengambil Screenshot di Laptop untuk membagikan apa yang mereka lihat di layar dengan seorang teman, keluarga ataupun rekan bisnis.

Sebagai blog yang membagikan tutorial seputar android dan laptop, Andronezia selalu berhubungan dengan yang namanya screen capture. Karena memberikan artikel panduan tanpa gambar terasa hambar dan juga akan membuat orang yang melihatnya sedikit kebingungan.

Sebagian besar tutorial laptop yang Andronezia berikan di blog ini berasal dari tampilan layar sistem operasi Windows 10. Jadi bisa dikatakan Andronezia cukup mahir dan menguasai dalam Cara Screenshot di Windows 10.

Bagi pengguna laptop yang masih baru menjalakan WIN 10 kemungkinan besar hanya mengetahui Cara Screenshot di Windows 10 menggunakan bantuan tombol Print Screen (PRTSC SYSRQ). Namun tahukah kamu ? Sebenarnya masih ada beberapa cara lainya yang dapat kamu gunakan untuk membuat tangkapan layar di sistem operasi terbaru Microsoft ini.

6 Cara Screenshot di Windows 10

Jika kamu sedang bertanya-tanya bagaimana cara mengambil screen capture di Windows 10, di bawah ini adalah beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk melakukannya.

1. Tombol Print Screen

Menggunakan Print Screen adalah cara paling dasar untuk menangkap tampilan layar. Selain itu metode ini juga bisa digunakan pada semua sistem operasi microsoft.
  1. Tekan Print Screen atau PrtScn/PrtSc/PRTSC SYSRQ pada keyboard, Metode ini akan memerintahkan komputer untuk mencapture seluruh tampilan layar.
  2. Selanjutnya buka program editor image semisal aplikasi Paint, Photoshop, Corel Draw, atau bisa juga Ms. Word.
  3. Setelah aplikasi terbuka, silahkan buat New document atau blank document. untuk ukurannya biarkan saja default.
  4. Kemudian pastekan screenshot yang telah kamu ambil dengan cara Tekan CTRL + V.
  5. Save hasil screenshot.
Sebelum menyimpannya kamu juga dapat mengeditnya terlebih dahulu. Dan Perlu dicatat bahwa pada beberapa laptop Kamu mungkin perlu menekan FN + PrtScn bersamaan untuk mengambil layar.

2. Tombol Kombinasi Alt + Print Screen

Jika pada metode pertama mengambil seluruh tampilan layar, di cara yang kedua ini hanya akan mencapture pada windows program yang sedang digunakan atau yang sedang aktif saja.
  1. Pertama, Tekan Alt + Print Screen secara bersamaan.
  2. Kemudian Ulangi langkah 2 sampai 5 seperti metode pertama.
Dapat kita simpulkan bahwa metode ini hampir sama seperti fungsi Print Screen. hanya saja membuat pengeditan dan berbagi lebih mudah karena hasil capture hanya berisi windows program yang sedang digunakan sehingga kita tidak perlu lagi membuang bagian layar yang tidak dibutuhkan.

3. Tombol Kombinasi Windows Key + Print Screen

Mengambil Screenshot di Windows 10 menggunakan Windows Key + Print Screen lebih simpel ketimbang dua cara diatas. Pasalnya, metode ini akan membuat hasil tangkapan layar otomatis tersimpan di hardisk laptop dengan format gambar PNG.
  1. Pertama, Tekan Windows Key + Print Screen secara bersamaan.
  2. Selanjutnya buka program Windows Explorer.
  3. Kemudian klik Pictures.
  4. Lalu klik dua kali pada folder Screenshot.
  5. Sekarang kamu akan mendapati hasil tangkapan layar yang kamu ambil di folder tersebut.
Jika masih bingung, kamu bisa mencari, melihat atau membuka hasil Screenshot di Windows 10 menggunakan Windows Key + Print Screen di This PC >Pictures > Screenshot pada Win explorer.

4. Tombol Kombinasi Windows key + Shift + S

Cara ini sangat cocok digunakan jika kamu hanya ingin mengambil sedikit tampilan layar saja.
  1. Tekan Windows key + Shift + S bersamaan.
  2. Selanjutnya layar monitor akan redup dan mouse pointer akan berubah.
  3. Lalu silahkan tarik kotak kebagian layar yang ingin kamu jadikan screenshot.
  4. Tangkapan layar yang telah kamu ambil akan disalin ke clipboard.
  5. Untuk menyimpan hasil screenshot harus melalui aplikasi editor image.
  6. Jadi silahkan Ulangi langkah 2 sampai 5 seperti metode pertama.
Catatan : Shortcut keyboard ini hanya berfungsi pada versi terbaru Windows 10, yang disebut Windows 10 Creators Update. Maka, jika ingin memakai cara ini pastikan kamu menggunakan edisi tersebut.

5. Snipping Tool

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Microsoft menyertakan utilitas tangkapan layar yang jauh lebih fleksibel di Windows 10, yang disebut dengan Snipping Tool.

Anda dapat menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot dan menyimpannya sebagai file gambar tanpa terlebih dahulu mempaste nya ke program lain.

Untuk Menjalankan aplikasi ini pun sangatlah mudah. Supaya lebih jelas, Silahkan baca postingan Cara Menggunakan Snipping Tool Untuk Membuat Screenshot Di Laptop

6. Snip & Sketch tool

Cara Screenshot di Laptop Windows 10

Cara termudah dan paling memuaskan untuk mengambil tangkapan layar di Windows adalah dengan aplikasi Snip & Sketch tool.

Ini adalah aplikasi gratis yang disertakan dengan Windows 10 sebagai default apps. Kamu dapat menemukannya dengan cara mengklik tombol Windows di start menu dan mencarinya disitu. Namun jika tidak ada berarti kamu perlu mendownloadnya terlebih dahulu di Microsoft Store. 

Snip & Sketch pada dasarnya merupakan pengganti Snipping Tool lama dari versi Windows 10 yang lebih lama. Jadi fitur-fitur yang terdapat pada kedua aplikasi bisa dikatakan sangat mirip. 

Menggunakan Snip & Sketch untuk mengambil screenshot di Windows 10 sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Buka aplikasi Snip & Sketch.
  2. klik tombol New.
  3. Geser kursor pada area layar yang akan diambil.
  4. Selanjutnya akan terbuka hasil screenshot.
Sekarang kamu dapat langsung menyimpannya atau juga mengeditnya terlebih dulu. seperti membuat sketsa, menambahkan anotasi, menhighlight atau juga memotong screenshot kamu. Selain itu kamu juga bisa membagikannya via Skype, mail atau OneNote.

Penutup

Demikianlah postingan tentang Cara mengambil Screenshot di Laptop Windows 10. Sebenarnya selain 6 metode di atas, kita juga dapat mengambil Screenshot di Windows 10 menggunakan Windows Inking tool, Game DVR, dan aplikasi screen capture pihak ketiga. 

Namun Andronezia rasa 6 Cara Screenshot di Laptop Windows 10 sudah cukup. Oh iya, Metode mengambil Screenshot di Windows 10 ini bisa digunakan pada semua merek laptop seperti Acer, Dell, HP, Lenovo, Toshiba, dan lain-lain.