Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot di Laptop HP Dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop HP Dengan Mudah

Banyak orang menemukan diri mereka dalam situasi mencari informasi menarik di internet, yang ingin mereka simpan atau bagikan. Biasanya cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan membuat Screenshot.

Jika kamu memiliki Laptop HP (Hewlett Packard), kamu mungkin bertanya pada diri sendiri: Bagaimana cara mengambil screenshot di Laptop HP yang menjalankan Windows 7, 8 atau Windows 10?

Lihat Juga :

Cara Screenshot di Laptop Acer
Cara Screenshot di Laptop Lenovo
Cara Screenshot di Laptop Toshiba

Jika benar seperi itu, kamu berada di tempat yang tepat karena pada postingan ini Andronezia akan membagikan tutorial Cara Screenshot di Laptop HP Dengan Mudah yang bisa kamu praktekkan pada semua tipe Laptop HP seperti:
  • HP Spectre Folio
  • HP Spectre x360 15
  • HP Spectre Folio
  • HP Envy 13
  • HP EliteBook x360
  • HP Omen 17
  • HP Envy x360
  • HP Omen X
  • HP Elite Dragonfly
  • HP Chromebook 14

Cara Screenshot di Laptop HP

Mengambil screenshot di semua Laptop HP sangatlah mudah karena saat ini kebanyakan merek ini menjalankan Windows 10,Windows 8 atau Microsoft Windows 7. Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

Menggunakan Tombol Print Screen

Langkah 1 : Tekan tombol Print atau Print Screen di keyboard. Sekarang Windows telah menyimpan gambar layar ke clipboard.
Langkah 2 : Buka program foto editor biasanya aplikasi Paint adalah pilihan tercepat.
Langkah 3 : Buat New Document.
Langkah 4 : Lalu Tekan kombinasi tombol Ctrl + V untuk mempaste screenshot yang kamu ambil tadi ke dalam program.
Langkah 5 : Terakhir Save screenshot kamu.

Metode di atas akan membuat seluruh tampilan desktop tercapture. Jika hanya ingin pada satu Windows saja, misalnya hanya browser silahkan ikuti panduannya di bawah ini :

Menggunakan Tombol Kombinasi

Langkah 1 : Tekan tombol ALT + Print atau Print Screen secara bersamaan. Sekarang Windows telah menyimpan gambar layar ke clipboard.
Langkah 2 : Ulangi Langkah 2 sampai Langkah 5 seperti mengambil screenshot menggunakan tombol Print diatas.

Catatan : Seperti yang telah Andronezia sampaikan di atas, cara ini hanya akan mengcapture satu Windows yang sedang aktif. Misalnya yang sedang kamu buka adalah browser maka hasilnya akan tampilan browser nya saja.

Membuat Screenshot Otomatis Tersimpan ke Folder

Selain dua metode di atas, kamu juga membuat screenshot yang kamu ambil otomatis tersave ke folder. Namun cara ini hanya bisa bekerja pada OS Windows 8 ke atas. artinya jika kamu memakai WIN 7 kamu tidak dapat menggunakan trik ini.

Caranya :
  • Tekan tombol Windows + Print secara bersamaan. Layar monitor selanjutnya akan menjadi redup yang menandakan bahwa tangkapan layar berhasil di ambil.
  • Masuk ke Windows Explorer atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi Windows + E
  • Setelah itu klik menu Pictures dan klik dua kali pada folder Screenshot.
  • Sekarang kamu akan melihat hasil dari tangkapan layar di folder tersebut. 

Cara Screenshot di Laptop HP Dengan Snipping Tool

Metode lainnya yang dapat kamu coba untuk mengambil Screenshot di Laptop HP adalah dengan memanfaatkan Snipping tool. Alat ini merupakan aplikasi bawaan pada sistem operasi Windows sejak versi WIN Vista.

Jadi, jika kamu menjalankan Windows Vista ke atas, misalnya Microsoft Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 kamu bisa menggunakan cara ini.

Supaya lebih jelas, Andronezia telah membuat artikel tutorial Membuat Screenshot Di Laptop Menggunakan Snipping Tool. Jadi, silahkan baca tutorialnya di postingan Cara Menggunakan Snipping Tool Untuk Membuat Screenshot Di Laptop

Penutup

Demikianlah tutorial dan panduan Cara Screenshot di Laptop HP Windows 10, 8, dan 7 Dengan Mudah yang dapat Andronezia bagikan. Dengan menggunakan tiga metode diatas kamu tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi screenshot pc pihak ketiga.