Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot di Laptop ASUS Dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop ASUS Dengan Mudah

Sebagian besar Laptop ASUS yang lebih baru menggunakan Sistem Operasi (OS) Microsoft. Yang berarti akan menjalankan OS Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Hal tersebut akan membuat proses cara screenshot di laptop Asus lebih sederhana. Pasalnya, metodenya cukup mirip untuk semua versi Windows tersebut.

Versi Windows yang lebih baru dari Windows 10 ke atas juga menawarkan fitur on-board tools yang sudah disertakan dengan Windows Suite. Yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil tangkapan layar dengan lebih mudah.

Pada umumnya untuk mengambil screenshot di laptop Asus, kita tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga karena tools yang terdapat pada Windows 10 sudah akan bisa melakukan pekerjaan ini.

Tentunya ini sangat berbanding terbalik dengan beberapa tahun yang lalu. dimana saat itu kita harus mengunduh dan menginstal program atau add-on tertentu saat hendak mencapture desktop. Sementara Kini kita tidak perlu lagi melakukan hal tersebut karena kamu dapat menggunakan tools yang disertakan Windows untuk mengambil screenshot di Laptop ASUS kamu.

Sekedar informasi, Laptop ASUS keluaran terbaru seperti ZenBook Series, ZenBook Pro Series, ZenBook S Series, ZenBook Classic Series, VivoBook Series, VivoBook Pro Series, VivoBook S Series, VivoBook Classic Series, StudioBook Series, ASUS Laptop Series, Chromebook Series, Commercial Series, Gaming Series, FX / ZX Series dan ASUS TUF Gaming Series memiliki mekanisme yang cukup sederhana dalam mengambil tangkapan layar desktop.

Jadi bisa dipastikan kamu tidak akan lagi kesulitan saat mengambil screenshot di laptop Asus.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop ASUS 

Pada postingan ini, Andronezia akan membagikan cara screenshot di semua model laptop ASUS. Cara ini bisa diterapkan pada pengguna yang menjalankan sistem operasi Windows 7, Windows 8 ataupun Windows 10.

1. Screenshot Menggunakan Tombol Kombinasi

Berikut langkah-langkah cara screenshot di laptop Asus :

Cara #1

Tekan tombol WIN (Logo Jendela) dan Print (prt sc sysrq) di keyboard secara bersamaan.
Selanjutnya akan otomatis muncul folder file bernama "Screenshot" di dalam folder Image laptop. 

Dalam folder ini semua tangkapan layar yang kamu ambil akan disimpan dan muncul disini hingga kamu memindahkannya ke tempat lain.

Cara #2

Alternatif lainnya, yang bisa kamu gunakan dalam mengambil tangkapan layar di laptop Asus adalah dengan cara hanya menekan tombol Print (prt sc sysrq) saja tanpa menekan tombol Win (Jendela). 

Metode ini akan membuat tangkapan layar yang kamu ambil tidak tersimpan di folder Screenshot. tetapi tersimpan di clipboard.

Untuk melihat hasilnya, silahkan buka program editor photo seperti Paint atau photoshop. Lalu buat New Document. Setelah itu tekan CTRL + V. 

Selanjutnya kamu bisa edit terlebih dahulu screenshot tersebut atau juga langsung simpan dengan format file gambar sesuai keinginan kamu. 

2. Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Metode kedua yang dapat kamu pakai ketika ingin mengambil screenshot di laptop Asus adalah dengan menggunakan aplikasi bawaan Windows yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini merupakan Default Apps yang telah termasuk kedalam OS buatan Microsoft sejak Windows Vista.

Jadi supaya dapat memakai  aplikasi ini, pastikan terlebih dulu kamu menjalankan OS Windows versi Vista ke atas.

Untuk cara menggunakan Snipping Tools sangatlah mudah. Silahkan baca tutorialnya di postingan ini : Cara Menggunakan Snipping Tool Untuk Membuat Screenshot Di Laptop

Dengan menggunakan Snipping tool, kamu tidak perlu mendownload software screenshoot. Apalagi sampai berlangganan yang berbayar.

Penutup

Itulah cara screenshot di laptop Asus baik yang menjalankan sistem operasi Windows 10, Windows 8, WIndows 7, ataupun Windows Vista dengan mudah. Semoga bermanfaat.