Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Screenshot di Laptop Acer Dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Acer Dengan Mudah

Cara Screenshot di Laptop Acer - Acer adalah salah satu merek komputer paling populer di seluruh dunia. Jika kamu adalah salah satu penggunanya, tentunya dalam beberapa kesempatan kamu perlu mengcapture tampilan layar desktop.

Sebagai contoh, ketika kamu mengalami sedikit kesulitan dalam mengoperasikan sebuah software atau program dan ingin bertanya kepada orang lain yang sedang tidak ada denganmu, orang tersebut kemungkinan akan meminta screenshot dari program tersebut guna mempermudah dirinya dalam menjawab pertanyaan yang kamu ajukkan.

Atau saat kamu berbelanja online dan membayar melalui pembayaran elektronik di komputer. Kamu juga biasanya akan diminta untuk melampirkan Screenshot transfer yang kamu lakukan sebagai bukti pembayaran.

Dan juga, ketika kamu ingin menunjukkan sesuatu yang lucu atau berita menarik yang kamu lihat di internet, mengambil screenshot pasti akan menjadi hal yang kamu lakukan supaya teman kamu juga dapat melihatnya.

Lihat Juga :

Cara Screenshot di Laptop HP
Cara Screenshot di Laptop Lenovo
Cara Screenshot di Laptop Toshiba

Tidak peduli untuk apapun screenshot, tapi yang pasti sebagai pengguna kita haruslah mengetahui cara mengambil screenshot di laptop Acer supaya jika membutuhkannya kita tidak perlu lagi mencari tutorialnya di Internet.

Cara Mudah Mengambil Screenshot di Laptop Acer 

Bagi yang sedang mencari tutorial cara mengambil screenshot di laptop Acer, kamu berada di tempat yang tepat. Pasalnya, dalam postingan ini Andronezia akan membahas hal tersebut.

Cara Screenshot di Laptop Acer Tanpa Aplikasi

1. Bagi pengguna laptop Acer yang menjalankan Windows 7 sebagai sistem operasinya, bisa mengambil tangkapan layar dengan cara :
  • Menekan tombol "Print Screen" (atau "PrtSc") pada program atau aplikasi yang kamu kehendaki.
  • Setelah itu buka aplikasi editor foto seperti photoshop atau bisa juga apps Paint. 
  • Kemudian buatlah blank document dan pastekan di situ dengan menekan tombol CTRL + V.
  • Tangkapan layar yang kamu ambil tadi akan tampil disitu.
  • Terakhir simpan dengan format gambar yang kamu inginkan.
2. Bagi pengguna laptop Acer yang menjalankan Windows 8, WIN 8.1, dan Windows 10 sebagai sistem operasinya, bisa mengambil tangkapan layar dengan cara :
  • Tekan tombol Win + Print Screen di aplikasi atau program yang kamu ingin screenshot.
  • Selanjutnya hasil tangkapan seluruh layar akan secara otomatis tersimpan ke Pictures library (Biasanya di disk C).
3. Metode ketiga ini bisa di terapkan pada semua laptop Acer baik yang menggunakan Windows 7,  Windows 8, 8.1, ataupun Windows 10. Caranya hampir sama seperti di atas namun yang membedakan adalah tombol yang harus di tekan.
  • Tekan tombol Windows + Shift + S pada keyboard secara bersamaan.
  • Selanjutnya, layar akan menjadi gelar karena screenshot aktif.
  • Silahkan Klik dan drag kursor mouse ke bagian yang ingin kamu ambil tangkapan layarnya.
  • Jika sudah selesai, lepaskan klik kursor mouse.
  • Untuk melihat hasilnya kamu harus menyalinnya ke aplikasi foto editor. Jadi silahkan buka apps Paint atau bisa juga photoshop. 
  • Lalu buatlah blank document dan pastekan di situ dengan menekan tombol CTRL + V.
  • Tangkapan layar yang kamu ambil tadi akan tampil disitu.
  • Terakhir simpan dengan format gambar yang kamu inginkan.
Kelebihan dari metode ini adalah kamu tidak perlu mendownload software screenshot aplikasi pihak ketiga agar bisa mengambil screenshot di laptop acer. Sementara untuk kekurangannya adalah kamu hanya dapat mengambil tangkapan layar dari layar penuh dan harus mengeditnya jika ingin mengubahnya.

Cara Screenshot di Laptop Acer Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah metode lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Acer. Ini adalah tool tangkapan layar bawaan sederhana di Windows dan ntuk menggunakannya pun sangatlah mudah sekali.

Untuk pengguna Windows 7 :  Pertama klik start menu, lalu cari Accessories, setelah itu klik Snipping Tool.

Untuk pengguna Windows 8, 8.1, dan 10 : Ketikkan Sniping tool pada search bar start menu. Setelah muncul klik aplikasi tersebut.

Selanjutnya aplikasi Snipping Tool akan terbuka dan silahkan baca tutorial cara mengambil screenshot dengan Snipping Tool selengkapnya di postingan: Cara Menggunakan Snippingg Tool 

Akhir Kata

Demikianlah postingan Cara Screenshot di Laptop Acer Dengan Mudah yang bisa Andronezia bagikan. Semoga bermanfaat.