Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 7,8,10

Windows Defender

Windows Defender adalah software aplikasi bawan Windows yang awalnya dirilis pada Windows Vista dan Window 7 dan kini telah terpasang secara default pada dua versi terakhir dari sistem operasi ini atau tepatnya pada Win 8 dan Win 10.



Security Apps ini menawarkan seperangkat anti-malware tools yang berfungsi untuk menjaga PC Anda supaya aman dari berbagai ancaman seperti virus, malware dan juga keamanan cyber agar menjaga terhindar dari pencurian data saat Anda sedang berselancar di internet.

Microsoft sendiri terus berinovasi agar membuat windows defender lebih berguna dan lebih maksimal lagi, termasuk menambahkan fitur offline scan yang memungkinkan Anda menjalankan pemindaian sistem saat bootup, dan tanpa koneksi internet.

Secara default, windows defender ini akan aktif dengan sendirinya di Laptop yang Anda gunakan. Akan tetapi dalam beberapa kasus pengguna melaporkan aplikasi ini tidak aktif meskipun mereka telah mengaktifkan windows defender di Windows 10 secara manual.

Cara Mengaktifkan Windows Defender

Mengaktifkan Windows Defender di Windows 7

Meskipun Microsoft tidak lagi memberikan update terhadap Windows 7, akan tetapi faktanya masih banyak yang menggunakan versi ini. Bagi Anda yang ingin tahun cara mengaktifkan windows defender baik itu di windows 7, di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

Pertama, Buka Control Panel, lalu Klik ikon Windows Defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 7

Selanjutnya Windows 7 akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi ini telah dimatikan atau masih nonaktif. Silahkan Klik tautan 'click here to turn it on'.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 7

Setelah melakukan cara di atas, windows defender windows 7 di komputer Anda akan diaktifkan kembali.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8 dan 8.1

Windows 8 pertama kali dirilis pada tahun 2012 lalu, dan setahun kemudian Microsoft kembali menelurkan edisi terbaru dari versi ini yang diberi nama Windows 8.1. Bagi Anda yang masih menggunakan versi ini dan ingin mengaktifkan windows defender di windows 8 silahkan ikuti step-stepnya di bawah ini.

Tekan tombol kombinasi WINDOWS KEY + Q, lalu ketikkan "defender" tanpa tanda petik ke dalam kotak Pencarian dan klik hasilnya. Sementara untuk Pengguna layar sentuh, Anda harus membuka Charms bar dengan menswipe dari sisi kanan layar dan kemudian ketuk/sentuh Cari Windows Defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Atau bisa juga dengan masuk ke Control Panel lalu pilih All Control Panel Items, kemudian klik Action Center dan klik Turn on now pada kotak Spyware and unwanted software protection (Important).

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Sesudah itu akan terbuka jendela konfiguasi Windows Defender, silahkan klik tab Settings, lalu klik tab Real-time Protection dan centang kotak Turn on Real-time Protection (Recomended). Terakhir, klik tombol Save Changes yang ada di jendela bagian bawah.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 8

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Windows Defender di Windows 8 akan aktif dan mulai memproteksi laptop Anda.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Windows 10 merupakan versi paling baru dari semua Windows. Secara default Windows Defender akan otomatif aktif di versi ini. Tapi pada beberapa kasus, pengguna harus mengaktfikannya secara manual.

Berikut cara mengaktifkan windows defender windows 10 :  

Klik ikon ^ di pojok kanan taskbar, kemudian klik ikon Shield dan pilih Open.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Lalu klik Settings pada jendela Windows Defender.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Selanjutnya akan terbuka pengaturan konfigurasi dari Windows Defender. Silahkan geser switch di bawah opsi Real-time protection ke arah kanan sehingga yang tadinya Off menjadi ON.

Cara Mengaktifkan Windows Defender di Windows 10

Dengan mengikuti metode-metode diatas, windows defender di Windows 10 akan aktif dan mulai memproteksi laptop Anda.

Penutup

Jika diperhatikan dengan seksama panduan cara mengaktifkan windows defender baik itu di windows 7, windows 8 & 8.1 serta windows 10 di atas sangatlah mirip dan yang membedakkan hanya tampilannya saja karena masing-masing versi tentunya memang sengaja di rancang dengan Interface yang berbeda.

Jika kamu berubah pikiran dan ingin mematikan Windows Defender, silahkan baca postingan ini : Cara Menonaktifkan Windows Defender Di Windows 10