Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10

Microsoft telah menambahkan skema daya "Ultimate Performance" pada Pembaruan Windows 10 April 2018. Fitur ini ditargetkan untuk sistem dan workstation kelas atas dan tidak tersedia untuk sistem yang menggunakan baterai seperti Laptop.

Mode Ultimate Performace power plan dirancang untuk memberikan dorongan ekstra untuk sistem daya tinggi dengan lebih mengoptimalkan lagi High-Performance power plan  untuk mengurangi atau menghilangkan latensi mikro yang terkait dengan teknik manajemen daya yang halus.

Mikro-latensi sendiri merupakan sedikit keterlambatan (Gap) saat sistem operasi mengenali bahwa hardware yang Kamu gunakan membutuhkan lebih banyak daya dan ketika memberikan daya tersebut. Meskipun ini mungkin hanya sepersekian detik, Namun ini dapat membuat perbedaan.

Jadi bisa simpulkan bahwa Mode Ultimate Performace power plan ini berada satu tingkat lebih tinggi di bandingan High-Performance power plan.

Lihat Juga : Cara Mengatur Power Plan Windows 10 Untuk Meningkatkan Performa Laptop

Secara default, mode ini dibuat Microsoft hanya untuk Windows 10 edisi Professional for Workstations guna memberikan kinerja perangkat yang maksimal. Pasalnya, komputer workstation sangatlah membutuhkan performa yang maksimal.

Namun dengan metode senderhana di bawah ini, Kamu dapat menggunakan mode ini untuk semua edisi di Windows 10 Spring Creators Update.

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan 

Sebelumnya pastikan Kamu setidaknya telah menggunakan Windows 10 build 17083 keatas karena mode ini baru mulai tersedia sejak Update Windows 10 April 2018.

Pertama klik ikon baterai di taskbar, lalu pilih Power Options.

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10

Sekarang akan terbuka jendela control panel tepatnya di tab Power Options. Silahkan klik panah Show additional plans untuk memunculkan mode Ultimate Performance Power Plan. terakhir klik Mode tersebut.

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10

Jika Kamu tidak mendapati Ultimate Performance maka Kamu harus menambahkannya secara manual. Silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Cara Memunculkan Mode Ultimate Performance Power Plan

Pada beberapa sistem (kebanyakan pada laptop, tetapi juga bisa terjadi pada beberapa desktop), Kamu mungkin tidak melihat mode Ultimate Performance di aplikasi pengaturan.

Jika benar seperti itu Kamu dapat menambahkannya dengan mengetikkan perintah di Command Prompt atau PowerShell. Perintahnya sama untuk kedua shell, jadi gunakan yang mana saja yang Kamu inginkan.

Pertama Kamu harus membuka salah satu diantara Command Prompt atau PowerShell dengan izin administratif.

Caranya :

Untuk Command Prompt : tekan Start menu, lalu ketikkan "cmd" ke dalam kotak pencarian, setelah muncul klik kanan Command Prompt, dan pilih "Run As Administrator".

Untuk PowerShell  : tekan Windows + X dan pilih opsi "Windows PowerShell (Admin)."

Sesudah Prompt terbuka, silahkan Kamu ketikkan perintah di bawah ini, lalu tekan Enter.

powercfg -duplicatescheme e9a42b02-d5df-448d-aa00-03f14749eb61

Cara Mengaktifkan Mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10

Terakhir, Masuk lagi ke Power Options, dan sekarang mode Ultimate Performance Power Plan pasti sudah muncul dan kamu bisa memilih mode tersebut. Namun jika sebelumnya Kamu masih membukannya silahkan close dulu lalu buka lagi untuk melihat perubahan.

Penutup

Itulah panduan cara mengaktifkan mode Ultimate Performance Power Plan di Windows 10. Jika Kamu masih bingung jangan ragu untuk bertanya lewat kolom komentar.