Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7

Apa itu Hibernate Mode? Secara sekilas, Hibernate hampir mirip dengan Sleep mode pada kebanyakan laptop. tetapi meskipun demikin, ada beberapa perbedaan utama yang membuat Hibernate menjadi pilihan yang lebih baik untuk situasi tertentu.

Menjalankan mode Hibernate sepenuhnya akan mematikan komputer dan membuat perangkat tidak mengkonsumsi daya sama sekali. Semua pekerjaan, data yang terbuka, dan software yang berjalan dikemas dalam File Hibernasi yang disimpan di hard drive.

Perbedaan Hibernate dan Sleep Mode terletak pada lama waktu reboot. Jika Sleep mode hanya membutuhkan beberapa detik hingga beberapa menit saja Mode Hibernate ini membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk kembali membuat File Hibernasi dan mem-boot-ulang lagi ketika kamu siap untuk melanjutkan pekerjaan.

Mudahnya, Mode Hibernate ini mirip dengan saat kamu menyimpan progres dalam game dan kemudian kamu mematikan konsol.

Keuntungan Menjalankan Mode Hibernate:
  • Membekukan semua kemajuan dengan aman di hard drive.
  • Tidak menyedot baterai atau daya listrik.
Kekurangan Menjalankan Mode Hibernate:
  • Dibutuhkan waktu lebih lama untuk Hibernate dan reboot dari Sleep Mode Tidak membantu komputer berjalan lebih cepat dengan membersihkan memori.

Cara Memunculkan Opsi Hibernate Mode

Secara default, Mode hibernate ini tidak otomatis tampil di Power Option start menu, Oleh karena itu kita harus terlebih dahulu memunculkan Mode ini supaya terlihat di Power Option start menu sehingga kita dapat menggunakan mode ini.

Untuk cara mengaktifkan opsi hibernate di Windows 10, Windows 8, dan Windows 7 tidaklah berbeda. Silahkan ikuti langkah-langkah Memunculkan Opsi Hibernate Mode di bawah ini :

Pertama, buka Control Panel. Kemudian pilih tab Hardware and Sound.

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7

Selanjutnya klik tab Choose what power button does.

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7


Kemudian klik Opsi Change settings that are currently unavailable.

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7


Lalu, centang (ceklis) kotak Hibernate Show in Power menu pada bagian Shutdown settings.
Terakhir, Klik tombol Save Shanges yang ada di bagian bawah.

Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7

Sekarang opsi Hibernate pasti sudah muncul di Power Option start menu bersama dengan opsi lainnya, yaitu Shutdown, Sleep, dan Restart.

Kesimpulan

Jika opsi Hibernate tidak ada di Power Option start menu, itu bukan karena hilang. Akan tetapi karena kita belum mensetting untuk memunculkannya disitu. Demikianlah Cara Mengaktifkan Opsi Hibernate di Windows 10,8,7. Semoga bermanfaat!!