Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar dan Aman

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar dan Aman

Hal dasar yang harus seseorang kuasai saat belajar komputer adalah bagaimana cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer atau Laptop dengan benar dan aman. Supaya perangkat tersebut bisa awet dan tetap terus memiliki kinerja yang maksimal ketika kembali digunakan.




Mematikan komputer tidaklah sama seperti saat kamu mematikan perangkat elektronik lainnya semisal Mesin Cuci, Ktulkas, TV, Radio dan lain-lain. Hal ini terjadi karena komputer terdiri dari dua komponen utama yaitu software dan hardware yang di mobilisasi oleh CPU sebagai otak dari komputer dan juga menggunakan tenaga listrik yang stabil serta tersistem.

Dalam dunia komputing, mematikan komputer disebut dan dikenal dengan istilah Shut down. Saat komputer telah di shut down, maka bisa dipastikan komputer tersebut sudah mati dan semua semua software, programs, files yang sedang terbuka akan tertutup secara otomatis. Tak Hanya itu saja, pasokan daya listrik yang tadinya tersedot ke komputer juga akan otomatis terhenti dengan sendirinya.

Jadi bisa kita semua simpulkan bahwa kita harus mengetahui cara mematikan komputer atau Laptop dengan benar dan aman. Karena mematikan komputer yang asal-asalan dapat berakibat buruk terhadap perangkat tersebut di kemudian hari.

Penting!! Sebelum mematikan komputer pastikan semua program dan aplikasi yang terbuka kamu tutup terlebih dahulu supaya proses shut down tidak terhenti dikarenakan masih adanya  program dan aplikasi yang terbuka.

Pada postingan ini Andronezia akan membagikan cara mematikan (shut down) komputer atau laptop dengan benar dan aman. Semua metode di bawah ini bisa kamu gunakan pada Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, dan Windows 7.

Cara Mematikan Komputer Melalui Start Menu

Metode pertama ini adalah yang  paling umum digunakan oleh pengguna komputer. untuk langkah-langkahnya pun sangatlah simple.

Cara Mematikan Komputer Melalui Start Menu

Berikut caranya :
  • Pertama, Klik tombol Start Menu (Logo Windows) dibagian pojok kiri bawah
  • Lalu, Klik tombol ikon Power
  • Kemudian, Klik Shut down
  • Selanjutnya tunggu hingga proses shut down selesai dan komputer benar-benar mati
  • Terakhir, Cabut kabel dari stabilizer atau stop kontak.

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Metode selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mematikan komputer adalah dengan memakai keyboard. Cara ini sangat cocok jika tiba-tiba mouse yang kamu gunakan rusak.

Cara Mematikan Komputer Dengan Keyboard

Caranya : Tekan Win + X secara bersamaan untuk membuka Power User Menu. kemudian Tekan tombol U, dan Tekan tombol U sekali lagi.

Tak hanya untuk shut down, cara ini juga dapat kamu terapkan untuk me-restart, masuk ke mode sleep, mode hibernate, dan sign out. Untuk melakukannya, kamu hanya harus mengetahui tombol apa yang harus ditekan setelah Power User Menu terbuka.

Berikut tombol-tombol lainnya yang dapat kamu gunakan:
  • Tekan U sekali lagi untuk men shut down Windows.
  • Tekan R untuk restart.
  • Tekan S untuk membuat Windows ke sleep mode.
  • Tekan H untuk hibernate mode.
  • Tekan I untuk sign out.

Cara Mematikan Komputer Dengan Tombol Kombinasi

Metode ketiga ini masih memakai keyboard. akan tetapi, kali ini kita akan mematikan komputer dengan tombol kombinasi. Yang pertama adalah ALT + F4 dan yang kedua yaitu CTRL + ALT + DEL.

Tidak ada perbedaan diantara keduanya dan memiliki fungsi yang sama.

Shutdown Komputer Dengan Alt + F4

Tombol Alt + F4 pada dasarnya digunakan untuk menutup jendela program tanpa harus mengklik ikon X di sudut kanan atas. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa Alt + F4 bisa dipakai untuk men shut down komputer.

Cara Mematikan Komputer Dengan Tombol Kombinasi

Berikut langkah-langkahnya:
  • Tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan.
  • Setelah itu akan muncul dialog box shut down windows seperti gambar di atas.
  • Terakhir, klik OK.

Shutdown Komputer Dengan CTRL + ALT + DEL

Cara Mematikan Komputer Dengan Tombol Kombinasi
  • Tekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.
  • Kemudian klik ikon Power di pojok kanan bawah.
  • Terakhir, klik Shut down.

Cara Mematikan Komputer Lewat Command Line Interfaces

Metode ini akan sangat cocok bagi kamu yang suka menggunakan command line interfaces seperti Command Prompt, PowerShell atau Run windows saat bermain komputer. Pasalanya, kamu dapat menjalankan perintah shut down di command line.

Cara Shut down Komputer Lewat Run

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar dan Aman

Tekan tombol WIN + R bersamaan, Setelah Run Box muncul, silahkan ketikkan perintah di bawah ini. 

shutdown /s

Kemudian, klik OK atau tekan Enter.

Cara Mematikan Komputer Dengan Benar dan Aman

Sesudah itu akan tampil box notification yang menginformasikan bahwa komputer kamu kurang dari semenit lagi akan ter shut down secara otomatis.

Cara Shut down Komputer Lewat CMD

Cara Shut down Komputer Lewat CMD

Untuk pengguna Windows 10 & 8, kamu bisa mengakses CMD dengan cara mengetikkan CMD pada search bar menu start, lalu setelah muncul tekan Enter. atau bisa juga dengan cara tekan tombol WIN + R bersamaan lalu ketikkan CMD dan tekan enter.

Cara Shut down Komputer Lewat CMD

Sementara untuk pengguna Windows 7 kebawah kamu hanya bisa mengakses CMD dengan cara tekan tombol WIN + R bersamaan lalu ketikkan CMD dan tekan enter.

Selanjutnya ketikkan perintah di bawah ini pada jendela Command prompt

shutdown /s

Kemudian, Tekan Enter. dan Silahkan tunggu hingga Proses shut down komputer

Penutup

Demikianlah cara mematikan (shut down) komputer atau laptop dengan benar dan aman melalui start menu, dengan keyboard, tombol kombinasi, lewat run dan cmd. Seperti yang sudah Andronezia sampaikan di atas, bahwa metode ini bisa kamu gunakan pada Windows 10, 8.1, 8, dan Windows 7.