Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Cara Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi yang memiliki desain cepat dan responsif. Akan tetapi terlalu banyak program atau aplikasi yang berjalan saat startup dimulai akan menyebabkan proses booting terhambat sehingga memuat perangkat baik itu PC ataupun Laptop menjadi Lemot dan lambat.

Program seperti antivirus, windows firewall, dan aplikasi cleaner biasanya akan otomatis berjalan ketika Anda menyalakan perangkat. Tentunya Anda akan setuju dan membiarkan Jenis program seperti ini berjalan otomatis guna mendapatkan perlindungan dari Malware sejak pertama kali Anda menyalakan Laptop.

Namun membiarkan program seperti Skype, Spotify, dan iTunes, berjalan otomatis saat Startup bisa menjadi sebuah kesalahan. karena Anda tidak membutuhkan program-program ini dan juga akan memakan memori dan sumber daya yang berpotensi menghambat kinerja sehingga menyebabkan Laptop menjadi Lemot.

Windows telah lama menawarkan cara mematikan aplikasi saat startup. Di versi Windows yang lebih lama, Anda bisa melakukannya melalui System Configuration Tools (msconfig). Disitu, Anda dapat melihat dan menonaktifkan program Saat Startup yang ingin Anda hentikan secara otomatis.

Sementara di Windows 10, Metode tersebut sudah tidak lagi tersedia. Namun meskipun sudah tidak ada, bukan berarti Anda tidak bisa mematikan aplikasi yang berjalan saat startup, Pasalnya Anda masih bisa melakukannya hanya saja caranya berbeda.

Cara Mematikan Aplikasi Yang Berjalan Saat Startup Di Windows 10

Ada dua metode yang bisa anda gunakan untuk Mematikan Aplikasi Startup di Windows 10, Yaitu Melalui Settings dan Task Manager.

Berikut langkah-langkahnya:

Cara Disable Aplikasi Saat Startup Di Windows 10 Melalui Settings

Buka Window Settings. Caranya bisa Anda cari di start menu ataupun dengan mengetikkan setting pada search bar start menu.

Setelah Window Settings terbuka, silahkan pilih tab Apps, terus klik Startup.

Cara Disable Aplikasi Saat Startup Di Windows 10 Melalui Settings

Sekarang, Anda akan melihat daftar semua aplikasi berjalan secara otomatis Saat Startup disertai saklar yang menunjukkan On dan Off untuk memberi tahu Anda apakah aplikasi itu berjalan saat startup atau tidak.

Silahkan Anda geser tombol aplikasi yang ingin anda disable ke sebelah kiri menjadi Off untuk mematikannya saat Startup.

Penjelasan dan Tips Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Di bawah saklar adalah indikator untuk dampak. Aplikasi dapat ditandai dengan salah satu dari empat indikator dampak yang berbeda: yaitu No impact (Tidak ada), Low impact (dampak rendah), Medium impact (dampak sedang), dan High impact (dampak tinggi).

Indikator-indikator ini mengukur dampak program startup terhadap CPU dan disk drive PC Anda saat startup. Semakin tinggi indikator dampak, semakin lama program memuat, sehingga meningkatkan waktu yang diperlukan Windows untuk memulai.

Dalam meninjau aplikasi mana yang akan di matikan dari startup, pertama-tama Anda harus melihat yang memiliki indicator High impact. karena menonaktifkan aplikasi tersebut akan memiliki efek besar dalam mempercepat sistem Anda saat startup sehingga laptop tidak lagi lambat.

Menonaktifkan aplikasi dengan dampak sedang juga dapat membantu meningkatkan waktu load Windows. Sementara mendisable program yang memiliki Dampak rendah atau Tidak berdampak hanya akan sedikit atau tidak berpengaruh pada waktu startup Anda.

Akan tetapi mematikan program dengan dampak rendah atau tanpa dampak di startup juga masih memiliki keuntungan yaitu untuk membebaskan RAM. 

Cara Disable Aplikasi Saat Startup Di Windows 10 Melalui Task Manager

Meninjau aplikasi startup Anda melalui Task Manager menawarkan keuntungan karena Anda dapat lebih mudah meneliti masing-masing aplikasi untuk mengukur dengan lebih baik apakah akan menonaktifkannya atau tidak saat Startup. 

Caranya :

Klik kanan pada taskbar, lalu pilih Task Manager.

Cara Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Setelah itu, akan terbuka jendela Task Manager, silahkan klik tab Startup untuk melihat program yang berjalan saat startup.

Cara Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Sekarang Anda dapat memulai mematikan program yang berjalan saat startup. caranya yaitu dengan Klik Aplikasi lalu tekan tombol Disable di pojok kanan bawah jendela Task Manager.

Cara Mematikan Aplikasi Saat Startup Di Windows 10

Sama seperti di Settings, di Task Manager juga terdapat informasi Startup Impact, dari Low (Rendah), Medium (Sedang), hingga High (Tinggi). Jadi, silahkan Anda prioritaskan untuk menonaktifkan program yang memiliki dampat tinggi untuk mengurangi load saat Windows pertama kali dijalankan.

Akhir Kata

Demikianlan cara mematikan, menonaktifkan, mendisable aplikasi atau program saat startup di Windows 10. Metode ini bisa dibilang cukup untuk mengatasi Laptop yang lemot dan lambat supaya kembali cepat seperti saat pertama kali memebelinya dari toko.