Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Urutan Generasi Processor Intel Beserta Keterangannya


Banyak orang berpikir dan menganggap bahwa Core i3, i5, dan i7 adalah generasi dari processor intel. Padahal itu bukanlah generasi tetapi hanya sebutan untuk model atau merek yang dikeluarkan. Supaya tidak bingung, berikut Andronezia tuliskan terlebih dulu daftar semua model prosesor utama yang telah dirilis oleh Intel.
  • Pentium 1, 2, 3, 4
  • Celeron
  • Pentium M and Celeron M for mobile devices
  • Pentium Dual Core
  • Core Solo
  • Core Duo
  • Core 2 Duo
  • Core 2 Quad
  • Core i3, i5, i7
Penggunaan konsep generasi baru muncul setelah Seri Core i dirlis dan yang membedakan satu generasi ke genarasi lainnya terletak pada perbedaan arsitektur mikro prosesor.

Lihat Juga : 

Pengertian Processor, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Processor
Urutan Generasi Processor Intel dari Yang Terendah Sampai Tertinggi

Baiklah langsung saja tanpa basa-basi lagi, Andronezia akan membahas urutan generasi processor Intel beserta keterangannya secara terperinci di bawah ini.

Urutan Generasi Processor Intel

Semakin berkembangnya teknologi Intel terus menyempurnakan fitur dan kecepatan pada tiap-tiap generasi. Itulah mengapa selalu ada perbedaan yang dihadirkan di generasi.

Berikut urutan generasi processor intel dari generasi pertama sampai generasi yang paling terbaru Beserta Keterangannya :

1. Nehalem

Nehalem adalah mikro-arsitektur prosesor Intel yang dirilis untuk produksi pada 2010. Ini merupakan penerus arsitektur Core awal yang memiliki keterbatasan tertentu seperti ketidakmampuannya dalam meningkatkan clock speed, tidak efisien, dll.

Nehalem menggunakan teknologi fabrikasi 45-nanometer dan memperkenalkan kembali teknologi hyper-threading yang sebelmnya telah ditinggalkan terutama pada model prosesor Core i3 pertama.

Processor generasi pertama Intel ini memiliki cache L1 64 KB, cache L2 256 KB per core dan cache L3 4 MB hingga 12 MB yang digunakan bersama dengan semua core prosesor. Nehalem juga mendukung socket LGA 1156 dan 2-channel DDR3 RAM.

2. Sandy Bridge

Micro-Architecture Sandy Bridge mulai diperkenalkan pada tahun 2011 dengan menggunakan teknologi fabrikasi 32-nanometer untuk menggantikan Architecture Nehalem. 

Teknologi fabrikasi 32-nanometer yang digunakan oleh Sandy Bridge ini membuatnya lebih ringkas serta efisian ketimbang Nehalem yang memakai teknologi fabrikasi 45-nanometer.

Sandy Bridge mempunyai fitur baru yang sebelumnya tidak ada pada generasi pedahulunya yaitu adanya vga di prosesor ini.

Sandy Bridge menggunakan cache L1 64 KB dan 256 KB per core yang sama untuk cache L2 tetapi ada perbedaan pada cache L3. Biasanya cache L3 prosesor Sandy Bridge adalah dari 1 MB hingga 8 MB. Sementara untuk extreme processors, dari 10 MB hingga 15 MB. 

Processor generasi kedua Intel ini Menggunakan socket 1155 LGA dan 2-channel DDR3-1066 RAM.

3. Ivy Bridge

Ivy Bridge diperkenalkan pada bulan September 2012. Generasi processor ketiga Intel ini menggunakan fabrikasi 22 nanometer yang membuat Ivy Bridge lebih efisien dan juga lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.   

Meskipun lebih efisien dan lebih cepat, akan tetapu ada satu kekurangan pada Ivy Bridge yaitu processor ini lebih banyak mengelarkan panas dibandingkan dengan prosesor Sandy Bridge.

Arsitektur Ivy Bridge menggunakan socket LGA 1155 yang sama dengan DDR3-1333 hingga DDR3-1600 RAM.

4. Haswel

Haswel merupakan generasi keempat Intel yang diluncurkan pada 2013. Untuk teknologi fabrikasi, Processor ini sama seperti Ivy Bridge yakni menggunakan 22 nanometer.

Walaupun memakai teknologi fabrikasi yang sama, Tapi untuk kecepatan Haswel lebih unggul ketimbang Ivy Bridge. Selain itu Haswell juga membawa banyak fitur yang sangat menarik seperti support untuk socket baru (LGA 1150, BGA 1364, LGA 2011-3), teknologi DDR4, desain cache baru, dll. 

Manfaat utama Haswell adalah dapat digunakan pada perangkat ultra-portabel karena processor ini mengkonsumsi daya yang rendah.

5. Broadwell

Broadwell dirilis oleh Intel pada tahun 2015. Processor ini menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm yang berukuran 37% lebih kecil dari pendahulunya. Menurut Intel, dengan Broadwell CPU, masa daya pakai baterai perangkat dapat ditingkatkan selama 1,5 jam.

Chip Broadwell juga memiliki fitur yang lebih cepat dan peningkatan pada kinerja grafis. Generasi processor kelima Intel ini menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3 2-channel DDR3L-1333/1600 RAM.

6. Skylake

Intel memperkenalkan processor generasi ke-6 mereka yang diberi nama Skylake pada Agustus 2015. Skylake adalah desain ulang dari teknologi 14-nm yang sama yang diperkenalkan di Broadwell yang merupakan arsitektur generasi ke-5.

kecepatan processor generasi Skylake bisa mencapai 50% lebih tinggi dari generasi sebelumnya dan tetap hemat daya. Processor Intel Skylake

Generasi Sylike memiliki kecepatan yang lebih tinggi mencapai 50% di banding processor sebelumnya. Meskipun demikian Skylake juga hemat dalam mengkonsmsi daya baterai. 

Tak hanya itu saja, Skylake juga support digunakan untuk menonton streaming video hingga kualitas 4K UHD.

7. Kaby Lake

Prosesor generasi ke-7 Intel bernama Kaby Lake, diperkenalkan pada 2016. Kaby Lake pada dasarnya adalah penyegaran arsitektur Sky Lake dengan sedikit efisiensi dan peningkatan daya.

Sama seperti dua generasi pendahulunya, Kaby Lake juga menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Namun ada peningkatan Performa sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Kaby Lake adalah mikro-arsitektur pertama dari Intel yang tidak disertai dengan driver resmi untuk Sistem Operasi yang lebih tua dari Windows 10.

Kaby Lake memperkenalkan arsitektur grafis baru untuk meningkatkan kinerja grafis 3D dan pemutaran video 4K. Kaby Lake menggunakan socket LGA 1151 dan support dual-channel untuk slot RAM DDR3L-1600 dan DDR4-2400.

8. Kaby Lake R

Pada 2017, Intel memperkenalkan penyegaran prosesor Kaby Lake sebagai rilis generasi ke-8 mereka yang baru. Detailnya sama dengan yang disebutkan dalam Prosesor Intel Generasi ke-7 tetapi beberapa chipset generasi ke-8 memiliki dukungan untuk RAM DDR4-2666 tetapi kurang dukungan RAM DDR3.

9. Coffee Lake

Prosesor Coffee Lake diperkenalkan oleh Intel pada akhir 2017. Bersamaan dengan dirilisnya arsitektur ini, prosesor Intel Core i9 juga diperkenalkan.

Prosesor Coffee Lake mampu menembus menembus batas hingga 4 core per CPU (Prosesor baru sekarang dapat mendukung hingga 8 core per CPU).

Karena panas yang dihasilkan dalam inti processor ini sangat besar, Intel menempelkan penyebar panas terintegrasi (IHS) ke CPU guna meredam panas alh-alih thermal paste yang biasanya digunakan pada prosesor sebelumnya.

Coffe Lake menggunakan socket LGA 1151 dengan pinout yang diubah untuk mendukung lebih dari 4 core bersama dengan cache L3 hingga 16 MB.

10. Cannon Lake/Ice Lake

Cannon Lake, arsitektur generasi ke-10 Intel, hadir dengan teknologi 10-nm yang semuanya baru. Dirilis pada akhir 2017 tetapi baru mulai di produksi pada 2018.

Ice Lake diproduksi sebagai generasi kedua prosesor 10-nm dan menggunakan socket BGA1526 serta support DDR4 3200 dan LPDDR4X 3733. Ice Lake adalah arsitektur CPU pertama yang dilengkapi dengan dukungan terintegrasi untuk Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Thunderbolt 3

11. Tiger Lake (Belum Dirilis)

Tiger Lake akan menjadi generasi ketiga dari teknologi transistor 10-nm dan juga generasi ke-11 processor Intel. Belum jelas kapan arsitektur Tiger Lake akan dirilis, akan tetapi menurut kabar yang beredar Tiger Lake akan dirilis pada tahun 2021 mendatang.

Menurut Wikipedia, Tiger Lake akan memiliki kinerja lebih baik hingga 30% dibandingkan dengan pendahulunya. Cache L4 juga akan diperkenalkan pada generasi ini untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik.

Generasi Selanjutnya

Sapphire Rapids adalah mikro-arsitektur yang kini sedang direncanakan oleh Intel.

Penutup

Demikianlah postingan tentang urutan generasi processor intel dari generasi pertama sampai generasi yang paling terbaru lengkap beserta keterangannya yang bisa Andronezia bagikan. Semoga menambah wawasan kamu seputar processor intel.