Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Yang Benar

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Yang Benar

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop Yang Benar - Program Aplikasi merupakan software atau yang dalam bahasa indonesia berarti perangkat lunak yang dibuat untuk digunakan dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda.



Saat pertama kali menginstal sebuah sistem operasi di laptop entah itu windows maupun yang lainnya seperti linux dan macintosh (mac os) kita perlu menambahkan program lain ke laptop tersebut terlebih dahulu jika ingin digunakan untuk tujuan tertentu.

Supaya lebih mudah dipahami, Mari kita ambil contoh Windows. Windows baik itu windows xp, 7, 8, dan 10 hanyalah sitem operasi dasar. Maka ketika hendak menggunakan laptop untuk tujuan tertentu seperti membuat sebuah proposal atau makalah, kamu harus menginstal program word processor (pengolah kata) misalnya Microsoft Word.


Sebelum kamu menginstal aplikasi di laptop alangkah baiknya jika kamu mengetahui system requirements (persyaratan minimum) dari program yang hendak kamu pasang tersebut supaya tidak buang-buang quota internet dan waktu.

Bayangkan saja jika kamu telah mendownload sebuah aplikasi dengan size mencapai 11 gb. namun tidak bisa di instal atau sudah terinstal malah ngeblank karena laptop kamu tidak memenuhi persyaratan minimum yang diminta oleh aplikasi tersebut.

Lihat Juga : Cara Melihat Spesifikasi Laptop & PC Pada Windows 7, 8, 10

Tentunya itu akan menjadi momen yang menyebalkan. Sudah habis quota dan waktu eh pas mau dimainan malah tidak bisa.

Supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, silahkan lihat beberapa tips sebelum menginstal software di bawah ini :

Tips Sebelum Menginstal Aplikasi

  • Pastikan perangkat kamu memenuhi persyaratan system requirements dari program, game, atau utility yang akan kamu coba pasang.
  • (Jika ada) Jangan lupa baca file panduan instruksi. biasanya dalam txt.
  • Saat menginstal aplikasi, game, atau utility sebaiknya selalu nonaktifkan semua program lain yang sedang berjalan.
  • Jika diminta untuk merestart laptop setelah aplikasi selesai di install, lakukanlah, supaya aplikasi tersebut langsung memiliki kinerja yang maksimal.
Setelah mengetahui tips sebelum menginstal software mari kita langsung ke panduan cara instal aplikasi di laptop yang benar.

Cara Instal Aplikasi di Laptop

Masuk ke folder aplikasi yang akan di pasang, Setelah ketemu kemudian klik dua kali pada file .exe aplikasi tersebut atau bisa juga dengan klik kanan lalu pilih Open.

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

Sesudah itu, akan muncul jendela penginstallan dan ucapan selamat datang. Klik Next untuk ke tahap berikutnya.

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

Pada aplikasi yang akan andronezia install terdapat opsi bahasa. Jika pada program yang hendak kamu pasang juga terdapat opsi ini silahkan pilih bahasa kemudian klik tombol Ok. Tapi jika tidak ada maka silahkan lewati bagian ini.

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

Selanjutnya kamu akan diminta untuk menyetujui End-User License Agreement ("EULA"), Centang kotak I agree to the terms of the agreement lalu klik Next.

Cara Menginstal Aplikasi di Laptop

Pada tahap selanjutnya kamu akan di suruh memilih lokasi disk installan aplikasi yang akan kamu pasang. secara default akan berada di Disk C, jika ingin merubahnya silahkan klik browse kemudian pilih Disk yang kamu kehendaki lalu klik Ok.

Tapi jika tidak ingin merubahnya langsung saja klik Next.

Cara instal Aplikasi di Laptop

Sesudah itu, kamu juga akan diminta untuk membuat Shortcuts di desktop dan menu start,
Jika tidak ingin membuatnya hilangkan centang di kotak opsi, namun jika ingin langsung saja klik Install.

Cara instal Aplikasi di Laptop

Terakhir klik Finish untuk mengakhiri proses menginstal aplikasi di laptop.

Cara Instal Aplikasi di Laptop Dari Microsoft Store

Selain memasang program yang berasal dari luar. kita juga bisa menginstal aplikasi dari Microsoft Store. Buat yang belum tahu, Microsoft Store merupakan toko aplikasi dan game desktop yang di khususkan untuk para pengguna sistem operasi Windows.

Pada Microsoft Store terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa kita pilih dari versi gratis sampai yang berbayar. Namun toko ini hanya tersedia bagi pengguna yang menggunakan Windows 8 ke atas saja. Jadi jika kamu masih menjalankan sistem operasi yang lebih lama kamu tidak bisa mendownload dan menginstal aplikasi dari Microsoft Store.

Berikut langkah-langkah cara menginstal Aplikasi dari Microsoft Store di Laptop Yang Benar :

Ketikkan Microsoft Store di Search Bar Start Menu, Setelah itu akan tampil aplikasi ini, Klik Enter untuk masuk.

Cara Instal Aplikasi Dari Microsoft Store

Sesudah program terbuka, ketikkan nama aplikasi yang hendak kamu pasang di laptop pada kotak pencarian lalu tekan Enter atau bisa juga klik ikon Cari. Misalnya disini saya akan menginstal twitter for desktop

Cara Instal Aplikasi Dari Microsoft Store
Selanjutnya akan tampil aplikasi yang kamu inginkan beserta aplikasi yang mirip. Kemudian klik aplikasi kamu.

Cara Instal Aplikasi Dari Microsoft Store

Sesudah aplikasi terbuka, Klik tombol Dapatkan (Get).

Cara Menginstal Aplikasi Dari Microsoft Store

Karena ini adalah pertama kalinya kamu mendownload di Microsoft Store, kamu akan diminta untuk Login menggunakan akun email Microsoft.

Pada tahap ini kamu bisa memilih untuk login atau tidak. Jika ingin Login klik tombol Masuk (Login). Jika tidak, klik Tidak, terima kasih (No, Thanks) 

Cara Menginstal Aplikasi Dari Microsoft Store

Tunggu Proses pengunduhan hingga selesai. Untuk melihat hasil unduhan klik ikon Download di pojok kanan atas, Kemudian akan tampil aplikasi kamu disitu. klik aplikasi tersebut.

Cara Menginstal Aplikasi Dari Microsoft Store

Sekarang aplikasi telah terinstall di laptop dan kamu bisa mengoperasikannya dengan cara klik tombol Luncurkan (Lanch).

Cara Menginstal Aplikasi Dari Microsoft Store

Selesai. Untuk kedepannya saat ingin menjalankan aplikasi ini kamu dapat mencarinya lewat menu start.

Penutup

Itulah panduan cara menginstal aplikasi di laptop serta cara download dan Instal aplikasi di laptop dari Microsoft Store. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Oh iya, jika kamu nanti hendak menghapus aplikasi yang telah terinstall, Andronezia sarankan hapus sampai akar-akarnya supaya tidak meninggalkan file sampah yang dapat menyenbabkan laptop kamu menjadi lemot.

Untuk caranya silahkan baca postingan ini : Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Hingga Ke Akarnya Sampai Bersih