Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memperbaiki Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Spacebar atau dikenal juga dengan sebutan Spasi dan Enter merupakan dua tombol pada keyboard yang paling sering digunakan ketimbang tombol lainnya.

Spasi dan Enter juga menjadi tombol yang paling di ingat oleh pengguna laptop maupun komputer baik itu yang sudah lama ataupun yang masih baru menggunakan komputer.

Sebagai tombol yang paling sering digunakan tentunya kita akan merasa kesulitan jika tiba-tiba Spasi dan Enter tidak berfungsi. Pasalnya, dua tombol ini sangatlah memiliki peran penting. Khususnya Enter yang biasa digunakan untuk memasukan sebuah kata perintah.

Oke langsung saja, pada artikel ini Andronezia akan membagikkan tutorial cara memperbaiki tombol spasi dan enter yang tidak berfungsi pada keyboard laptop supaya kembali berfungsi. tapi sebelumnya Andronezia juga akan membagikan beberapa kemungkinan mengapa tombol spasi dan enter tidak berfungsi.

Lihat Juga:

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Tombol FN Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Tombol Caps Lock Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Masalah ini dapat terjadi karena dua alasan : Yang pertama dapat disebabkan oleh adanya error pada software dan yang kedua karena adanya masalah pada hardware.

Untuk Error yang disebabkan oleh Software, biasanya kesalahan ini terletak di dalam ruang lingkup konfigurasi Windows serta driver.  Sementara masalah pada hardware biasanya terjadi karena adanya kotoran pada keyboard atau memang sudah rusak.

Cara Mengatasi Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Silahakan coba langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk memperbaiki tombol spasi dan enter kamu yang tidak berfungsi.

Periksa Pengaturan Konfigurasi Sticky Keys dan Filter Keys

Metode pertama yang dapat kamu coba adalah dengan memeriksa konfigurasi Sticky Key dan Filter Keys di dalam Aplikasi Settings Windows 10. Pasalnya jika ada konfigurasi yang salah pada Sticky Key dan Filter Keys itu bisa menjadi penyebab mengapa masalah ini terjadi.

Cara pertama ini bisa dikatakan paling efektif. Karena terkadang, hanya dengan menonaktifkan Sticky Keys atau Filter Keys pada beberapa tombol sudah cukup untuk memperbaikki masalah ini.

Buka aplikasi Settings, Kemudian masuk ke menu Ease of Access, Klik tab Keyboard, Lalu pastikan semua sakelar diatur ke mati (geser ke arah kiri).

Cara Memperbaiki Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Sekarang kamu tutup Settings, lalu coba gunakan tombol Spasi dan Enter sudah berfungsi lagi atau belum.

Gunakan Keyboard Troubleshooter

Seperti namanya, Keyboard Troubleshooter adalah tool pemecah masalah pada keyboard. Untuk menggunakannya sangat mudah silahkan ikuti panduannya di bawah ini.

Buka Control Panel. Lalu pilih Find and fix problems di bawah menu System anda Security. Setelah itu klik menu Hardware and Sound. Kemudian Klik Keyboard.

Selanjutnya akan tampil jendela  Keyboard Troubleshooter. Silahkan klik Next. Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian masalah selesai.

Cara Memperbaiki Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Sesudah itu, jika memang terdapat error pada pengaturan keyboard di laptop kamu, Error tersebut akan muncul disitu.

Uninstall atau Update driver Keyboard

Jika masalah tombol spasi dan enter tidak berfungsi muncul setelah kamu mengupdate driver keyboard, Maka coba untuk menguninstall pembaruannya. dan jika belum pernah mengupdatenya cobalah untuk memperbaharuinya.

Buka Control Panel. Lalu pilih Hardware and Sound Kemudian klik Device Manager di bawah menu Devices and Printers.

Selanjutnya akan terbuka jendela Device Manager. klik panah > pada Keyboard Dan tentukkan apakah kamu akan mengupdate atau menguninstall pembaruan driver di laptop kamu.


Setelah itu Restart laptop.

Periksa Fisik Keyboard

Jjika 3 cara di atas tidak ada yang bisa mengatasi tombol spasi dan enter yang tidak berfungsi, maka kemungkinan besar masalah ini disebabkan karena adanya kotoran pada di bawah tombol Spasi ataupun Enter.

Jadi silahkan coba bersihkan kotoran tersebut. Dan jika masih error saja mungkin saatnya kamu membeli Keyboard yang baru.

Penutup

Demikian tutorial panduan cara mengatasi tombol spasi dan enter yang tidak berfungsi yang dapat Andronezia bagikan. Semoga kamu bisa memperbaiki tombol spasi dan enter yang tidak berfungsi tanpa membeli keyboard yang baru ya!!