Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Pada dasarnya semua tipe smartphone yang menggunakan android sebagai sistem operasinya telah terinstall dan memiliki VPN bawaan di hp android tersebut. Namun karena banyak yang tidak mengetahui adanya fitur ini membuat pengguna biasanya akan mengunduh aplikasi pihak ketiga ketika ingin menyamarkan lokasi asli saat pengguna berselancar di internet.

Selain itu, terkadang ada juga user yang sebenarnya telah mengetahui fitur ini, Akan tetapi karena tidak tahu cara mensetting dan menggunakan VPN bawaan android yang ada pada ponsel memakasa mereka mengurungkan niatnya untuk mengoperasikannya.

Bagi orang yang menghabiskan waktunya di internet hanya dengan bersosial media seperti membuka facebook, twitter, instagram, dan semacamnya nama VPN tentunya akan sangatlah jarang bahkan asing terdengar oleh telinga mereka. Nah, jika kamu adalah salah satunya, jangan khawatir. karana untuk menambahkan sedikit pengetahuan kamu, Andronezia akan jelaskan sedikit tentang VPN.

Jadi, VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang memiliki fungsi untuk menyembunyikan IP (Internet Protocol) address jaringan yang kita gunakan. Kemudian, IP itu ada dua yaitu public dan private. Secara default saat kita browsing menggunakan jaringan provider, IP kita akan di otomatis public. Semenatara ketika menggunakan VPN, IP akan berubah menjadi private.

Lihat Juga: 

5 VPN Android Terbaik dan Gratis
Cara Membuka Situs Yang Diblokir di Hp Android

Tujuan pengguna memakai VPN biasanya karena ingin lebih aman dalam berselancar di dunia maya dan juga supaya bisa membuka situs-situs terlarang yang diblokir oleh Kominfo atau dengan kata lain dengan menggunakan VPN user bisa mengakses website yang sebelumnya tidak dapat dibuka.

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android 

Supaya bisa menggunakan VPN bawaan android kita harus memiliki akun PPTP VPN terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki akun PPTP kamu bisa skip bagian ini. Namun jika belum Silahkan ikuti tutorial mendapatkan akun PPTP VPN gratis di bawah ini:

Pertama Buka situs VPNbook.com lewat browser kamu misalnya chrome, firefox, uc browser, ataupun lainnya.

Setelah web terbuka, sedikit gulir kebawah hingga terlihat box menu NEWS, PPTP, OpenVPN, Outline VPN, dan Dedicated VPN.

Kemudian klik menu PPTP.

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Sesudah itu, kamu akan melihat daftar VPN Server berserta User dan Passwordnya yang tersedia dan bisa kamu gunakan.

Silahkan, copy salah satu satu server dan juga Username serta Password lalu pastekan ke apps catatan. Jika kamu menggunakan pc pastekan ke notepad. Misalnya saya akan menyimpan US Server 1, maka yang saya simpan adalah:
  • Server :  us1.vpnbook.com
  • Username : vpnbook
  • Password : dA9rJds  
Setelah memiliki akun PPTP VPN gratis, selanjutnya buka settings (pengaturan) di hp kamu.

Kemudian pilih menu VPN. lalu klik Tambah VPN (Add VPN).

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Sekarang silahkan kamu masukan data akun PPTP VPN gratis tadi pada menu Tambah VPN.
  • Nama (Name) : Bisa kamu isi bebas sesuai kehendak kamu. Misalnya Andronezia.
  • Jenisnya (Type) : Biarkan saja PPTP.
  • Alamat server (Server Address) : Isi dengan server yang telah tersimpan di notepad tadi. Contohnya us1.vpnbook.com
  • Enkripsi PPP (MPPE) : Biarkan saja terceklis.
  • Nama pengguna (Username) : Isi dengan Username yang telah kamu simpan.
  • Sandi (Password) : Isi dengan Password yang telah kamu simpan.
Jika masih bingung lihat gambar Settingan VPN saya di bawah ini menggunakan data akun PPTP yang saya tulis diatas

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android

Selanjutnya settingan yang kamu buat tersebut akan muncul pada box Konfigurasi dan sekarang kamu bisa mulai Menggunakan VPN bawaan di android. Tapi kamu harus mengaktifkannya terlebih dulu dengan cara menggeser tombol di samping VPN ke arah kanan

Cara Menggunakan VPN Bawaan Android
Jika sukses terhubung akan muncul kata Terhubung (Connect) di bawah nama VPN yang kam buat dan juga ada ikon VPN di samping signal bar hp kamu seperti gambar di atas.

Cara Menonaktifkan VPN Bawaan Android

Setelah selesai menggunakan VPN dan kamu ingin menonaktifkannya caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu : Masuk ke Settings, Kemudian pilih menu VPN, Lalu geser tombol di samping VPN ke arah Kiri.

Sesudah VPN mati, kamu akan kembali menggunakan jaringan IP public provider internet yang kamu gunakan lagi.

Penutup

Tutorial Cara Menggunakan VPN Bawaan Android ini bisa di terapkan pada semua merek android, entah itu Oppo, Samsung, Vivo ataupun Xiomi. Tapi kamu mungkin akan mendapati tampilan yang berbeda seperti gambar tutorial di atas.