Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Coretan (Strikethrough) Pada Teks di Microsoft Word

Pada tutorial ke 6 belajar Ms Word ini, Andronezia akan membagikan cara membuat coretan atau yang juga di sebut dengan strikethrough pada teks di microsoft word. cara membuat coretan di teks ms word sangatlah mudah di lakukan dimana kita bisa membuatnya lewat menu ribbon tool bernama Strikethrough (abc) dan tombol kombinasi (shortcut Ms Word).

Strikethrough adalah efek font yang menyebabkan teks muncul seolah-olah dicoret. Strikethrough biasanya digunakan untuk menunjukkan atau menandai sebuah kata yang tidak lagi valid dalam dokumen atau pada halaman web.

Secara default, ketika kita mengaktifkan efek ini hanya akan tampil satu garis saja yang mengahalangi teks, namun kita juga dapat mengkostumisasinya menjadi coretan ganda atau Double Strikethrough sehingga akan tampil dua garis yang menghalangi kata.

Untuk penggunaan sendiri jenis double strikethrough jauh lebih jarang digunakan, akan tetapi jenis ini dapat digunakan dalam dokumen profesional atau hukum untuk mengindikasikan perubahan pada kata-kata.

Lihat Juga:

84 Shortcut Microsoft Word Beserta Fungsinya
Fungsi Menu Pada Microsoft Word (Lengkap)

Cara Membuat Coretan Pada Teks di Ms Word


Menerapkan pemformatan yang strikethrough pada kata di microsoft word sangatlah mudah.

Silahkan ikuti langkah-langhnya di bawah ini:

Langkah 1: Mulailah dengan memilih (memblok) teks yang ingin kamu tandai dengan coretan.
Langkah 2: lalu Klik ikon abc yang berada pada ribbon tool font. 

Cara Membuat Coretan Pada Teks di Ms Word

Nantinya hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Coretan Pada Teks di Ms Word


Cara Membuat Coretan Ganda Pada Teks di Ms Word

Membuat Double Strikethrough pada kata di ms word juga tidak susah, Yang harus kamu lakukan hanyalah mengulangi langkah 1 diatas. Kemudian tekan CTRL + D secara bersamaan atau bisa juga klik ikon ↘️ di pojok bawah ribbon tool Font.

Cara Membuat Coretan Ganda Pada Teks di Ms Word

Selanjutnya akan terbuka box dialog Font. Silahkan centang/ceklis ✓ kotak di samping Double strikethrough lalu klik OK.

Cara Membuat Coretan Ganda Pada Teks di Ms Word

Setelah itu, kata yang telah kamu pilih untuk diberi efek Double strikethrough kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Coretan Ganda Pada Teks di Ms Word

Untuk menghilangkan coretan yang muncul pada tulisan, kamu bisa menghapusnya dengan menekan ikon abc sekali lagi. Sementara untuk coretan ganda silahkan hapus tanda centang/ceklis ✓ kotak di samping Double strikethrough lalu klik OK.

Akhir Kata


Itulah cara membuat coretan (Strikethrough) dan coretan ganda (Double Strikethrough) Pada Teks atau tulisan di Microsoft Word. semoga bermanfaat !!

PANDUAN BELAJAR MS WORD LAINNYA
← Sebelumnya
Selanjutnya →
Belajar Ms Word #7: (Belum Tersedia)