Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Tombol FN Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol FN Tidak Berfungsi

Function Keys atau Tombol (Fn) F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, F8, F9, F10, F11, F12, terutama pada laptop gaming biasanya terletak pada atas keyboard berguna sebagai shortcut untuk menjalankan beberapa fungsi secara cepat.

Beberapa fungsi dari tombol Fn ini seperti untuk menghidupkan/menonaktifkan Touch Pad, menyalakan Wi-Fi, memperbesar/mengecilkan volume, Menaikan kecerahan layar, Task Manager, dan lain-lain.

Dari sedikit penjelasn diatas dapat kita simpulkan bahwa tombol Fn memiliki manfaat guna memudahkan pengguna laptop. Namun bagaimana jika Tombol FN di keyboard tidak berfungsi, Apakah bisa diperbaiki ? Tentu saja bisa.

Lihat Juga:

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Tombol Caps Lock Tidak Berfungsi
Cara Memperbaiki Tombol Spasi dan Enter Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Tombol FN Yang Tidak Berfungsi

Masalah tombol Function (Fn) tidak berfungsi bukanlah hal yang jarang terjadi. Pasalnya, banyak user yang mengalami dan mengeluhkan terjadinya masalah ini. Selain itu, terkadang fungsi dari masing-masing tombol ini juga bisa tertukar dengan sendirinya.

Ada beberapa penyebab mengapa Tombol FN Tidak Berfungsi, tapi yang paling banyak ditemui adalah karena driver dan disebabkan karena Upate yang membuat beberapa program berjalan terhenti.

Untuk cara mengatasinya, silahkan ikuti tutorial di bawah ini:

Aktifkan FN Lock

Pada beberapa merek laptop seperti ASUS, pengguna harus menghidupkan terlebih dulu FN Lock supaya bisa menggunakan Function Keys.

Caranya pun berbeda, Tapi kebanyakan menggunakan tombol kombinasi FN + Locknya. seperti:
  • FN + ESC
  • FN + NumLock
  • FN + Caps Lock
Setelah menekan tombol salah kombinasi di atas, silahkan coba untuk menggunakan Tombol FN.

Jalankan Hardware troubleshooter

Meskipun tidak ada jaminan masalah kamu teratasi dengan cara ini tapi tidak ada salahnya mencoba mengatasinya dengan menjalankan Hardware Troubleshooter. Metode ini bertujuan untuk memperbaiki masalah secara otomatis.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa update Windows 10 terkadang menimbulkan masalah kompatibilitas pada perangkat yang lebih lama. Dan jika itu yang terjadi di sini, maka menjalankan program Hardware Troubleshooter bisa menjadi solusi dari problem ini.

Untuk menjalankannya, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:
  1. Masuk ke Settings atau bisa dengan cara tekan Win + I 
  2. Kemudian cari Update and Security setelah ketemu masuk ke menu ini
  3. Selanjutnya pilih tab Troubleshoot di sebelah kiri, Lalu gulir ke bawah dan klik menu Hardware and Devices
  4. Silahkan jalankan troubleshooter dan lihat apakah Tombol FN sudah normal atau belum

Update Driver Laptop

Jika metode kedua tidak berhasil, kamu dapat coba cara yang kedua yaitu dengan mengupdate driver tombol Function (Fn). Kamu bisa mencari driver driver tombol Fn terbaru di situs resmi merek laptop kamu.

Atau jika driver kamu bisa diperbarui secara otomatis, kamu bisa melakukanya lewat device manager atau juga menggunakan bantuan aplikasi ketiga seperti Driver Booster atau lainnya.

Cara Mengatasi Tombol FN Tidak Berfungsi di Laptop DELL

Windows Mobility Center ada secara default di sebagian besar laptop. Namun, sistem Dell memiliki pengaturan tambahan untuk baris function key, dan kamu harust mengubah pengaturannya terlebih dulu supaya bisa digunakan.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Tekan tombol Windows + S. Lanjutkan ke Pencarian untuk Window Mobility Center. Setelah aplikasi terbuka, cari Function Key Row.
  • Selannjutnya, klik pada panah drop-down dan pilih Function Key
  • Klik Apply untuk menyimpan perubahan yang diperlukan dan tutup aplikasi.

Cara Mengatasi Tombol FN Tidak Berfungsi di Laptop VIAO


Bagi kamu yang menggunakan VAIO, kamu harus tahu bahwa setelah setiap pembaruan, VAIO event service akan berhenti berfungsi. Jadi ada kemungkinan Tombol FN di laptop kamu tidak berfungsi karena VAIO event service dinonaktifkan.

Untuk mengatasinya ikuti langkah-langkah ini:
  • Tekan Windows key + R, ketikan services.msc, dan klik run
  • Selanjutnya akan terbuka sebuah tab dengan daftar layanan yang berjalan. lalu cari VAIO Event Service
  • Setelah ketemu, klik kanan pada VAIO Event Service terus pilih Properties
  • Sekarang, kamu harus mengubah jenis start-upnya menjadi otomatis dan jika sudah menunjukan opsi tersebut cukup jalankan layanan dan kemudian ubah jenis start-upnya.
Jika semua metode di atas tidak ada yang berhasil kamu mungkin harus membawa laptop kamu ke service centre, pasalnya ada kemungkinan masalahnya terletak pada hardware.