Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Blog

Cara Membuat Halaman Disclaimer untuk Blog


Cara Membuat Halaman Disclaimer Blog - Sama seperti Privacy Policy, Disclaimer  merupakan halaman yang wajib dimiliki oleh setiap blog.
Banyak yang menganggap bahwa tujuan isi Disclaimer dan Privacy Policy adalah hal yang sama. Akan tetapi pada kenyataan itu adalah dua hal yang berbeda.

Hal itu terjadi karena isi dari Disclaimer biasanya kurang lebih hanya membahas  aspek seputar penolakan terhadap isi konten. Sementara Privacy Policy lebih lengkap karena membahas semua isi blog.

Lalu, jika sudah ada Privacy Policy mengapa masih membutuhkan Disclaimer? Karena dalam Privacy Policy tidak disebutkan secara rinci mengenai penolak anda terhadap kerugian yang kemungkinan di sebabkan leh konten anda.

Selain itu, Disclaimer juga merupakan halaman pendukung yang dibutuhkan saat mendaftar Google Adsense.

Apa Itu dan Fungsi Discaimer ? 


Setiap blog wajib membuat Disclaimer untuk memberitahukan kepada visitor bahwa pemilik tidak ingin bertanggung jawab secara hukum terkait konten apa pun yang telah di publikasikan di blog Anda.

Sederhananya, Disclaimer melindungi Anda dari tuntutan hukum. Dengan memiliki Disclaimer, Anda akan "menyangkal" tanggung jawab atas konten yang Anda terbitkan di blog Anda.

Misalnya anda adalah seorang teknisi hp yang mengelola blog seputar tips mengatasi android yang bermasalah.

Kemudian ada visitor yang mengandalkan informasi dari blog anda sebagai saran dan mengikutinya namun tidak mendapatkan hasil yang sama seperti Anda, maka orang tersebut dapat menuntut Anda atas kerusakannya.

Oleh karena itu, Anda harus bisa Membuat Disclaimer sesuai dengan niche atau bisnis yang tertuang secara spesifik di blog anda untuk menghindari tuntuan ini.

Tidak hanya itu, Disclaimer juga akan melindungi anda dari masalah lain seperti keakuratan dan kelengkapan konten yang anda terbitkan.

Tujuan utama membuat Disclaimer di blog adalah untuk menyediakan informasi yang jelas dan tidak ambigu kepada pembaca tentang konten di blog Anda.

Anda harus memberi tahu mereka untuk tidak bergantung pada konten blog anda, dan jika mereka melakukannya, anda TIDAK HARUS bertanggung jawab.

Lebih jauh, sangat penting bagi Anda untuk menyatakan bahwa Anda tidak Menjanjikan, atau Menjamin mengenai Keakuratan dan Kelengkapan informasi yang tersedia di blog anda.

5 Poin Penting yang Harus Anda Masukan Ketika Membuat Disclaimer di Blog


1. Gunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Baku

Sama seperti membuat privacy policy, anda juga harus Membuat Disclaimer di Blog dengan menggunakan bahasa inggris yang mudah dimengerti.

Bukan tidak boleh menggunakan bahasa selain inggris, akan tetapi biasanya visitor anda tidak hanya dari satu negara saja. dan menggunakan bahasa inggris adalah pilihan tepat karena merupakan bahasa internasional

2. Basic Blog

Ingatlah untuk mengingatkan pembaca Anda bahwa blog yang mereka baca berbasis pada opini dan bahwa opini-opini ini tidak mencerminkan ide, ideologi, atau sudut pandang organisasi mana pun yang berpotensi berafiliasi dengan Anda.

Dengan cara ini, jika Anda berkolaborasi dengan bisnis/merek lain, Anda tidak akan dituduh membuat klaim atas nama mereka.

3. Keakuratan Informasi

Ketika Membuat Disclaimer di Blog, anda juga harus menyatakan bahwa informasi di blog Anda adalah otentik sesuai dengan pengetahuan Anda. 

Oleh karena itu, informasi yang anda bagikan kemungkinan rentan terhadap kesalahan dan tidak adanya beberapa informasi penting.

4. Anda Bukanlah Ahli

Poin selanjutnya yang harus anda tulis saat Membuat Disclaimer di Blog adalah mengingatkan kepada pembaca bahwa konten di blog anda dibuat untuk tujuan hiburan dan informatif, dan Jangan dianggap sebagai saran profesional.

Sekalipun anda seorang profesional dan ahli dalam masalah tertentu, penting agar pengguna tidak menganggap Anda bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Dengan kata lain, anda harus menegaskan kembali bahwa pembaca yang mengandalkan informasi yang anda berikan akan melakukannya dengan risiko sendiri.

5. Memiliki Hak Untuk Mengubah Isi Konten

Masukkan informasi bahwa anda memenuhi syarat untuk mengubah atau memutuskan bagaimana mengelola informasi di blog saat Membuat Disclaimer di Blog anda.

Lihat Juga:

Cara Memasang Notifikasi Cookie di Blogger
Cara Membuat Contact Form (Contact US) di Blogger
Cara Membuat Halaman Privacy Policy di Blog

Cara Membuat Halaman Disclaimer Blog


Jika tidak ingin pusing Membuat Halaman Disclaimer di Blog, anda bisa menggunakan jasa bantuan situs pihak ketiga.

Untuk caranya silahkan perhatikan baik-baik tutorial Membuat Halaman Disclaimer Blog di bawah ini.

Pertama silahkan anda buka situs ini http://www.privacypolicyonline.com/disclaimer-generator/

Kemudian silahkan masukan infromasi mengenai blog anda pada kolom yang ada distu.

Info Your Site Information and Contact
  • Your Site Title : Masukan Judul Blog
  • Your Site URL : Di isi dengan URL Blog
  • Contact Link : Isi dengan Url halaman kontak Blog
  • Email Address : Isi dengan Email yang anda gunakan

Jika sudah di isi, klik tombol Generate Disclaimer

Cara Membuat Halaman Disclaimer Blog

Selanjutnya akan terbuka halaman baru yang berisi kode Disclaimer anda dalam bentuk HTML.

Silahkan Copy semua kode yang ada disitu lalu pastekan di halaman disclaimer blog anda.

Cara Membuat Halaman Disclaimer Blog

Cara Memasang Halaman Disclaimer Blog


Masuk ke blogger.com, kemudian pilih menu Halaman di dashboard blog anda. lalu klik button Halaman baru

Cara Memasang Halaman Disclaimer Blog

Setelah itu, silahkan anda beri judul halaman dengan Disclaimer, terus klik tombol HTML yang berada di samping mode Compose ,lalu pastekan kode HTML disclaimer yang sudah anda copy tadi di editor post. 

Selanjutnya supaya kotak komentar tidak muncul pada halaman ini anda harus menyembunyikannya.

Caranya, Klik menu ☸Pilihan kemudian pada menu Komentar pembaca klik Jangan bolehkan, sembunyikan yang ada terus klik tombol Selesai

Cara Memasang Halaman Disclaimer Blog

Terakhir, klik Publikasikan.