Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengubah Suara Google Assistant di Android

Cara Mengubah Suara Google Assistant di Android
Di awal kemunculannya, Google Assistant hanya memiliki satu jenis suara saja. Dan setelah melakukan beberapa update kni tercatat sudah ada enam jenis suara lain yang di tambahkan ke aplikasi ini.

Dulu, mengubah suara Google Assistant di Android bisa dikatakan sangat rumit karena saat itu antarmuka Google Assistant dan Google Home masih terpisah di perangkat telepon.

Untungnya setelah melakukan beberapa pembaruan yang sangat berguna bagi pengguna seperti penyederhanaan tampilan mengganti suara Asisten Google di Android bukan lagi hal yang rumit.

Jika kamu sudah bosan dan ingin mengubah suara bawaan Asisten Google kamu dapat melakukannya dengan mudah hanya dengan beberap ketukan. Kamu dapat memilih suara dari beberapa pria dan wanita atau bahkan memilih suara selebritas seperti John Legend atau Issa Rae.

Lihat Juga: 

Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android (Semua Merek)
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Ponsel Android
4 Cara Mengatasi "OK Google" Tidak Berfungsi 100% Works!

Namun, yang perlu diperhatikan adalah lokasi dan bahasa yang kamu gunakan akan menentukan berapa jenis suara yang bisa kamu gunakan sebagai Asisten Google di hp kamu. Jadi jika kamu hanya memiliki sedikit suara Asisten Google bukan berarti karena hp kamu jelek tapi karena yang tersedia memang hanya sedikit.

Cara Mengganti Suara Asisten Google


Cara paling mudah mengubah suara Asisten Google adalah lewat aplikasi Assistant Google, jadi silahkan Jalankan Aplikasi Google Assistant di hp android kamu dengan cara tekan tombol home beberapa detik hingga kotak dialog asisten muncul. Setelah itu, ketuk ikon kompas yang berada di pojok bawah layar hp.

Cara Mengubah Suara Google Assistant di Android

Kamu selanjutnya akan diarahkan ke menu Explore, Silahkan klik foto profil kamu, lalu tekan Settings.

Cara Mengubah Suara Google Assistant di Android

Sekarang akan tampil empat tab di bawah foto profil kamu yaitu You, Assistant, Service, dan Home. Klik pada tab Assistant, Lalu tekan menu Assistant Voice.

Cara Mengganti Suara Asisten Google

Setelah itu akan terbuka menu Assistant Voice, Klik salah satu warna untuk mulai mendengarkan contoh suara dan menerapkannya sebagai suara baru Asisten.

Cara Mengganti Suara Asisten Google

Kamu akan mendapati Suara-suara pria dan wanita baru dari yang lembut hingga yan berusara berat. Menurut Google, selain dari suara pria dan wanita asli, suara yang ada disini semuanya dihasilkan oleh komputer.

Jika sudah menemukan yang cocok dan kamu sukai, silahkan keluar dari aplikasi Google Assistant.

Untuk Melihat perubahanya, buka aplikasi Asisten Google kemudian coba berikan perintah pasti sekarang suaranya sudah berganti seperti yang kamu pilih di menu pengaturan tadi.

Selain lewat Google Assistant, kamu juga sebenarnya dapat mengganti suara Asisten dari aplikasi Google Home. namun karena kita sudah merubahnya dengan cara ini maka kita tidak perlu lagi mengubahnya melalui Google Home.