Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghentikan Aplikasi Yang berjalan di Latar Belakang Android

Cara Menghentikan Aplikasi Yang berjalan di Latar Belakang Android

Sebelum langsung ke tutorial Cara Menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang (Background) Android, Saya akan memberitahukan terlebih dahulu bahwa ada dua jenis App yang  terinstall di android.

Yang pertama yaitu yang berjalan hanya ketika dibuka, contohnya seperti Peramban/Browser, kamera, aplikasi permainan offline, dan sebagainya. Semenatara Jenis yang kedua adalah aplikasi yang selalu berjalan meskipun tidak di jalankan. misalnya seperti Aplikasi bawaan sistem, Aplikasi sosial media (chatting), permain online dan lainnya.

Jadi apapun merek smartphonenya semua android pasti memiliki  aplikasi yang berjalan di latar belakang karena ini memang sudah settingan dari pabrik yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerja sebuah hp.

Masalahnya semakin banyak aplikasi yang berjalan di background android akan membuat hp lemot apalagi pada smartphone yang sudah berumur. Tak hanya itu saja, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang android juga akan menguras baterai, ram, dan memori telepon.

Oleh karena itu, kita mesti terus memantau aplikasi yang berjalan di background supaya jangan samapai mengalami hal diatas.

Cara Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang


Lewat Menu Pengaturan


Menghentikan aplikasi Android yang berjalan di latar belakang tidaklah sulit dan bukan hal ribet, karena yang perlu kamu lakukan hanyalah menghentikannya secara paksa melalui menu Pengaturan telepon.

untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Petama, Masuk ke menu Pengaturan, Kemudian klik tab Apps (tergantung merek hp), Lalu silahkan pilih aplikasi yang ingin di hentikan, Setelah apps terbuka tekan tombol Paksa berhenti.

Cara Menghentikan Aplikasi Yang berjalan di Background Android

Perlu diketahui bahwa pada beberapa merek hp, misalnya Samsung galaxy yang menggunakan Android Pie (9) aplikasi tersebut secara otomatis tidak akan kembali berjalan di latar belakang meskipun setelah android di restart.

Namun ada juga hp yang menambahkan opsi Jangan jalankan aplikasi setelah di restart secara manual. Jadi silahkan klik opsi tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Menghentikan aplikasi yang berjalan di background android dengan Greenify

Jika perangkat android kamu tidak memiliki opsi bawaan untuk mengoptimalkan atau memeriksa aplikasi yang berjalan di latar belakang. Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Grenify untuk mengetahui dan menghentikannya.

Aplikasi buatan Oasis Feng ini akan memberikan kontrol atas aplikasi dan mengelolanya dengan menempatkannya dalam mode hibernasi.

Greenify akan bekerja lebih baik pada hp yang telah di root, sementara pada android yang belum di root aplikasi ini berjalan kurang optimal.


Akhir Kata


Dengan adanya potingan ini saya harap kamu sekarang sudah tahu cara Menghentikan Aplikasi Yang berjalan di Latar Belakang Android. Namun jika masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya melalui kolom komentar.