Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Wireless Charging Samsung Galaxy Note 10 Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Wireless Charging Samsung Galaxy Note 10 Tidak Berfungsi
Hampir semua smartphone saat ini hadir dengan kemampuan Wireless Charging (pengisian daya nirkabel) Salah satu hp yang dibekali dengan Wireless Charging adalah Samsung Galaxy Note 10. namun semakin kesini banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa Wireless Charging Samsung Galaxy Note 10 mereka Tidak Berfungsi.

Dalam artikel ini, Andronezia akan membagikan tutorial cara mengatasi masalah  Wireless Charging tidak berfungsi pada hp Galaxy Note10.

Apa yang harus dilakukan jika wireless charging tidak berfungsi pada Galaxy Note10 ?


Memperbaiki masalah ini mudah dilakukan tetapi bisa memakan banyak waktu ketika memperbaikinya.

Di bawah ini adalah langkah-langkaj awal yang harus kamu lakukan untuk mulai memecahkan masalah pengisian nirkabel pada Note10 kamu sebelum membawanya ke toko resmi Samsung.

Menangani Masalah Wireless PowerShare


Galaxy Note10 memiliki fitur yang disebut Wireless PowerShare yang memungkinkan untuk mengisi daya baterai perangkat nirkabel lain yang kompatibel seperti Galaxy Buds, atau Galaxy S10.

Jika penyebabnya berasal dari Wireless PowerShare, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

Copot Casing


Wireless Charging mungkin tidak akan berfungsi jika Galaxy Note10 kamu tertutup oleh casing yang tebal. Hal yang sama berlaku untuk perangkat lain. Pastikan untuk mencopot casing hp terlebih dahulu sebelum kembali mencoba mengisi ulang daya baterai.

Pastikan Note10 memiliki daya yang cukup


Wireless PowerShare hanya bisa berfungsi jika perangkat memiliki daya baterai lebih dari 30%. Jika daya baterai lebih rendah dari itu Wireless PowerShare akan terdisable secara otomatis.

Restart Wireless PowerShare


Fitur ini terkadang mengalami bug, jadi coba untuk matikan dan hidupkan kembali untuk menyegarkan Wireless PowerShare.

Caranya geser ke bawah dari bagian atas layar Galaxy Note10 menggunakan dua jari, lalu ketuk Wireless PowerShare. Coba matikan dan nyalakan lagi Wireless PowerShare.

Letakkan perangkat di permukaan yang rata 


Wireless PowerShare mungkin juga tidak berfungsi karena kamu tidak memposisikan kedua perangkat dengan benar.

Pastikan untuk meletakkan perangkat yang sedang diisi di tengah layar Note10 sampai kamu merasakan getaran dan mendengar nada. Keduanya adalah indikator bahwa Wireless PowerShare bekerja.

Periksa apakah HP mengalami Overheating 


Pengisian nirkabel Galaxy Note10 menggunakan Wireless PowerShare mungkin tidak berfungsi jika kedua perangkat menghasilkan tingkat panas yang tidak normal.

Ini kadang-kadang dapat terjadi jika kamu mengisi daya kedua perangkat secara bersamaan. Coba sentuh perangkat untuk melihat apakah mereka menjadi hangat dan tidak nyaman.

Jika ya, silahkan matikan dulu dan itulah sebabnya pengisian nirkabel tidak berfungsi pada Note10.

Ingatlah bahwa kamu dapat mengisi daya dua perangkat dengan Wireless PowerShare secara bersamaan. Yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan kabel USB untuk mengisi daya, saat fitur ini aktif.

Misalnya, isi daya Galaxy Note10 dengan kabel USB dan adaptor yang menyertainya, aktifkan Wireless PowerShare, dan isi daya Galaxy Buds kamu.

Pastikan Wireless Charger Support dengan Perangkat


Jika kamu memiliki masalah pengisian daya nirkabel pada Galaxy Note10, salah satu hal pertama yang harus kamu periksa adalah bantalan pengisian daya.

Note 10 mendukung hampir semua standar nirkabel termasuk pengisian daya Qi dan PMA. Tentunya ini juga berfungsi dengan Fast Wireless Charging 2.0 milik Samsung.

Pastikan Wireless Charger yang kamu gunakan adalah standar yang digunakan sehingga kompatibel dengan Note 10 kamu.

Periksa Apakah Kabel USB Rusak


Hal lain yang dapat menyebabkan Wireless Charging Samsung Galaxy Note 10 Tidak Berfungsi adalah kabel USB yang rusak.

Jika kabel USB rusak meskipun notifikasi telah menunjukan pengisian daya hingga 100% hp Note 10 kamu tetap akan kekurangan daya baterai.

Solusinya Coba ganti kabel USB di pengisi daya kamu jika kamu memang melihat tanda-tanda kerusakan.

Ubah Posisi Hp pada Pad


Jika kamu mendapati pengisian nirkabel lambat atau terputus-putus atau jika tidak mengisi sama sekali, itu mungkin karena kamu menempatkan Note 10  secara salah di pad. Pastikan kamu meletakkan telepon di tengah bantalan pengisian sebelum mengisi kembali.

Pastikan Tidak ada Benda Asing Yang Menghalangi


Coba lepaskan semua plastik atau lapisan apa pun yang dapat menghalangi Note 10 melakukan kontak dengan baik saat pengisian daya abterai. Lalu silahkan coba Wireless Charging Samsung Galaxy Note 10 kamu sudah berfungsi atau belum.

Reboot Galaxy Note 10


Jika pengisian wireless charging masih tidak berfungsi, Kamu dapat mengasumsikan masalahnya berasal dari dalam Galaxy Note10 itu sendiri.

Yang perlu kamu lakukan adalah mulai memecahkan masalah perangkat kamu dengan melakukan reboot secara paksa.

Ada beberapa cara untuk mereboot Note 10. Coba yang paling sederhana dengan cara Tekan tombol Power untuk masuk ke menu Power boot, lalu, pilih opsi Restart.

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mereboot Galaxy Note 10 adalah dengan menekan dan menahan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan selama 10 detik atau hingga layar perangkat menyala. Jika ini berhasil, ini dapat memutuskan daya baterai.

Jika melakukan reboot secara biasa tidak membantu, maka silahkan coba cara ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Volume Down terlebih dahulu dan jangan lepaskan. 
  2. Sambil menahannya, tekan dan tahan tombol Power.
  3. Tahan kedua tombol selama 10 detik atau lebih.

Prosedur restart kedua ini bertujuan untuk mencoba mensimulasikan efek melepas baterai. Pada perangkat yang lebih lama, melepas baterai sering kali merupakan menjadi cara yang efektif untuk memperbaiki perangkat yang tidak responsif.

Jika tidak ada yang berubah, lanjutkan ke saran berikutnya.

Update Software


Pembaruan sering kali merupakan cara yang baik untuk menghilangkan bug yang muncul dan mencegah yang baru berkembang karena beberapa aplikasi yang kedaluwarsa dapat menyebabkan masalah dengan Android atau dengan aplikasi lain.
Oleh karena itu, Pastikan kamu tidak menunda pembaruan software apa pun di Note 10 kamu saat ini.

Jika kamu memiliki Note 10 merek-operator, yang harus kamu lakukan adalah mengetuk pemberitahuan Update Software apa pun yang akan muncul (jika ada saat ini).

Untuk perangkat Global Note 10 versi global, yaitu ponsel yang dibeli melalui toko Samsung tidak terikat dengan operator jaringan tertentu, Anda memiliki opsi untuk memeriksa pembaruan secara manual. Ikuti saja langkah-langkah ini:

  1. Buka Menu Settings
  2. Gulir ke bawah ke bawah dan ketuk Software update
  3. Ketuk Download dan install

Bersihkan Preferensi Aplikasi Note10


Jika wireless charging masih tidak berfungsi pada Galaxy Note10, langkah selanjutnya adalah mengatur ulang preferensi aplikasi. Beberapa fungsionalitas Android mungkin tidak berfungsi dengan baik jika aplikasi sistem default dimatikan atau dinonaktifkan. Untuk memastikan ini tidak terjadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka layar Home screen
  2. Ketuk ikon Aplikasi
  3. Buka menu Settings. Ketuk Aplikasi 
  4. Jika kamu mencari sistem atau aplikasi default, ketuk pada More settings di kanan atas (ikon tiga titik).
  5. Pilih Reset preferensi aplikasi.

Refresh cache sistem


Kemungkinan alasan lain mengapa pengisian daya nirkabel Samsung Note10 tidak berfungsi diakibatkan oleh cache sistem yang buruk. Android menggunakan cache khusus ini untuk memuat aplikasi dengan cepat. Terkadang, cache ini menjadi rusak setelah pembaruan sistem atau pemasangan aplikasi.

Untungnya, kamu dapat dengan mudah me-refresh cache ini. Ini terkadang dapat memperbaiki masalah yang muncul setelah pembaruan. Tidak perlu khawatir karena kamu dapat melakukan ini berulang-ulang tanpa takut kehilangan data pribadi.

Untuk menyegarkan cache sistem:
  1. Matikan perangkat. Ini penting karena perangkat Anda tidak bisa boot ke Recovery Mode saat dihidupkan.
  2. Tekan dan tahan tombol Volume Up dan tombol Bixby/Power.
  3. Setelah layar Recovery Android muncul, lepaskan tombol.
  4. Gunakan tombol Volume Down hingga ke "Hapus partisi cache"
  5. Tekan tombol Daya untuk memilih "Hapus partisi cache" 
  6. Gunakan Volume Turun untuk pindah ke Ya.
  7. Tekan tombol Power untuk mengkonfirmasi tindakan untuk menghapus cache
  8. Tunggu sebentar karena sistem sedang menghapus cache.
  9. Tekan tombol Daya lagi untuk mem-boot ulang perangkat.
  10. Ini akan mengembalikan perangkat ke interface normal.

Lakukan Wireless Charging di Safe Mode


Jika kamu masih memiliki masalah pengisian daya nirkabel pada Samsung Galaxy Note 10. langkah pemecahan masalah yang berikutnya yang dapat kamu coba adalah memeriksa apakah ada kemungkinan aplikasi pihak ketiga yang buruk.

Tidak semua aplikasi dibuat sama dan beberapa bahkan dirancang untuk mengacaukan sistem. Untuk memeriksa apakah salah satu aplikasi yang terinstal sebenarnya adalah penyebab masalah Anda, pertimbangkan untuk me-restart perangkat kamu ke safe mode.

Jika Note 10 kamu mengisi daya secara nirkabel tanpa masalah pada safe mode, itu berarti kamu memiliki aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mem-boot Note 10 Anda ke Safe Mode: 
  1. Tekan dan tahan tombol Power hingga jendela Power off muncul kemudian lepaskan
  2. Sentuh dan tahan Power off sampai prompt Safe mode muncul kemudian lepaskan
  3. Ketuk Safe Mode
  4. Proses ini dapat memakan waktu hingga 30 detik untuk menyelesaikan.
  5. Saat reboot, "Safe mode" akan muncul di kiri bawah layar home screen.
Setelah kamu menjalankan hp di Safe mode, isi daya menggunakan pengisi daya nirkabel. Jika berfungsi dengan baik, kamu harus mencari tahu aplikasi mana yang menjadi penyebab masalah dan menguninstallnya.

Begini caranya:
  1. Boot ke Safe mode
  2. Periksa masalahnya
  3. Setelah kamu menemukan aplikasi pihak ketiga yang dianggap bermasalah Silahkan hapus aplikasi tersebut. (Andronezia sarankan mulai dengan menghapus instalan aplikasi yang baru saja kamu tambahkan)
  4. Setelah kamu menghapus aplikasi, restart telepon ke mode normal dan periksa masalahnya.
  5. Jika Galaxy Note10 Anda masih bermasalah, ulangi langkah 1-4.

Isi daya dalam keadaan HP Mati


Dalam beberapa kasus, pengisian nirkabel hanya dapat berfungsi normal kembali jika perangkat dimatikan. biasanya ini terjadi karena baterai mungkin benar-benar kosong dan perlu diisi daya selama beberapa menit.

Bawa ke Toko Samsung


Jika wireless charging Galaxy Note10 kamu masih tidak berfungsi, kamu dapat mengasumsikan bahwa mungkin ada masalah hardware atau software yang jauh lebih parah. Silahkan Kunjungi toko Samsung setempat atau tempat kamu membeli hp sehingga mereka dapat memeriksa telepon dan memperbaikinya.