Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android (Semua Merek)

Google Assistant

Awalnya Google Assistant hanya bisa dinikmati oleh pengguna smartphone Google Pixel. Namun setelah beberapa waktu, Google akhirnya mengumumkan bahwa tool ini bisa dinikmati di semua merek hp Android dengan syarat memiliki OS yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow atau lebih tinggi.

Banyak pengguna yang ingin menginstall Google Assistant di hp mereka karena tool ini sangat memiliki banyak manfaat seperti mengirim/membalas pesan SMS dan WhatsApp dengan suara, Memesan jasa Grab dan Gojek, Cek saldo bank, mendapatkan berita dari sumber terpercaya yang bisa user atur sendiri, Meminta Google Assistant untuk membacakan isi sebuah halaman website dan masih banyak lagi.

Selain itu, menariknya Google Assistant juga bisa di setting menggunakan bahasa Indonesia. Setelah sebelumnya pertama kali muncul pada Agustus 2017 di aplikasi chat Google Allo, kini Google Assistant bahasa indonesia sudah bisa dinikmati sejak Senin, 2 April 2018 silam oleh pengguna smartphone.

Cara Mengaktifkan Google Assistant


Google Assistant telah terpasang otomatis ke merek ponsel apa pun yang menjalankan OS Marshmallow dan di atasnya, dan dapat diakses dengan cara menekan tombol home beberapa lama atau dengan mengatakan "OK Google" jika aktivasi suara anda sudah diaktifkan.

Namun jika ini adalah pertama kalinya maka kamu harus menngatur nya terlebih dahulu. Silahkan ikuti tutorial cara mengaktifkan google assistant di  semua merek android di bawah ini.

Pertama, Tekan tombol Home beberapa detik hingga muncul Pengaturan Akses Asisten Voice Match, Kemudian klik Mulai.

Lihat Juga:

4 Cara Mengatasi "OK Google" Tidak Berfungsi 100% Works!
Cara Menonaktifkan Google Assistant di Ponsel Android
Cara Mengubah Suara Google Assistant di Android

Selajutnya silahkan Ucapkan kata "Ok Google" untuk memperkenalkan Suara kamu ke Asisten Google.

Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android (Semua Merek)

Setelah itu, Izinkan Asisten Google menggunakan konten di layar ponsel kamu dengan cara klik BERIKUTNYA

Pada opsi Gunakan Asisten Google secara Optimal kamu bisa memilih untuk mendapatkan tips terbaru melalui email Gmail kamu jika setuju silahkan geser tombol ke arah kanan, jika tidak biarkan saja dan klik BERIKUTNYA.

Cara Mengaktifkan Assistant Googledi Android

Jika berjalan dengan lancar, selanjutnya kamu akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini dan berarti kamu telah berhasil mengaktifkan google assistant di android.

Cara Mengaktifkan Google Assistant di Android
Selesai.