Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Paket File Tidak Valid Play Store

Cara Mengatasi File Paket Tidak Valid Play Store

Pesan kesalahan Paket file tidak valid atau Package file is invalid Google Play Store dapat terjadi saat kamu mendownload atau menginstall aplikasi di hp kamu.

Error "Package file is invalid" Google Play Store kemungkinan besar dikarenakan adanya gangguan selama proses pengunduhan belangsung seperti koneksi yang terputus dan lainnya.

Di postingan ini, Andronezia akan memandu kamu dalam mengatasi Pesan kesalahan "Paket file tidak valid" Google Play Store.

Penulis pribadi pernah mengalami atau mendapati sendiri pesan kesalahan "Paket file tidak valid" saat mengunduh aplikasi dan ini bukanlah maslah serius.

Pasalnya beberapa langkah mudah di bawah ini dipastikan akan dapat mengatasi salah satu error play store yang sering terjadi ini.

Jadi, jika kamu sedang mengalami masalah ini dan tidak tahu cara mengatasi kesalahan "Paket file tidak valid" atau "Package file is invalid" Google Play Store, Maka silahkan teruskan membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Mengatasi "Package file is invalid" Play Store


1. Restart Android Secara Paksa


Mungkin saja kesalahan ini hanya diakibatkan karena terjadinya minor glitch (kesalahan kecil) pada firmware. Oleh karena itu kamu tidak perlu repot-repot melakukan hal lainnya karena yang harus kamu lakukan yaitu hanya meretart ponsel kamu secara paksa.

Prosedur restart paksa akan menyegarkan memori serta memuat ulang semua aplikasi dan layanan yang ada di hp kamu.

Cara Melakukan Restart Paksa Android

  • Tekan dan tahan tombol power + tombol Volume secara bersamaan
  • Tunggu dan tahan terus beberapa detik sampai layar Android kamu berubah menjadi hitam (blank)
  • Selanjutnya android kamu akan merestart sendiri secara otomatis

Setelah melakukan restart paksa, coba download atau update aplikasi yang tadi bermasalah.

2. Segarkan Koneksi Internet


Penyebab umum lain dari munculnya pesan Pesan kesalahan "Paket file tidak valid" saat mengunduh atau menginstal aplikasi di play store juga dapat dikarenakan koneksi internet kamu terputus dan tidak stabil sehingga android gagal menyusun paket file aplikasi yang ingin kamu download.

Terlepas dari apakah kamu menggunakan jaringan data seluler atau WiFi, silahkan reset koneksi internet kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu Settings kemudian pilih General management, klik Reset dan ketuk Reset network settings.

3. Bersihkan Cache dan Data Play Store


Pesan kesalahan "Paket file tidak valid" merupakan error yang dapat terjadi karena play store itu sendiri. Jadi cukup masuk akal jika kamu mengatasi masalah ini dengan Membersihkan cache dan data Google Play Store

Pasalnya, Membersihkan cache dan data Google Play Store akan mereset kembali ke pengaturan dan konfigurasi default serta menghapus dan mengganti semua cache dan file data yang selama ini ada di aplikasi tersebut.

Faktanya, ini adalah solusi paling efektif di antara prosedur yang saya tulis di sini karena Saya pribadi pernah mengalami masalah ini beberapa tahun lalu dan berhasil diperbaiki dengan hanya menyetel ulang Play Store.

Membersihkan cache dan data play store bisa di lakukan lewat menu Settings, lalu pilih Apl atau Application (tergantung jenih android) kemudian cari dan klik Google Play Store terus tekan sedikit lama pada opsi Storage dan tekan tombol Clear Cache lalu Clear Data.

Lihat Juga Cara Mengatasi Pesan Kesalahan Play Store lainnya:

Cara Mengatasi Kode Error DF-BPA-09 Play Store
Cara Mengatasi Error DF-BPA-30 Play Store
Cara Mengatasi Error DF-DLA-15 Play Store
Cara Mengatasi Semua Error RPC Play Store
Cara Mengatasi Error RH-01 Play Store
Cara Mengatasi Google Play Code Tidak Bisa Di Redeem Error BM-RGCH-06
Cara Mengatasi Paket File Tidak Valid Play Store
Cara Mengatasi Error Code:-8 Play Store