Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close/Berhenti Sendiri di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close

Aplikasi tiba-tiba Force Close merupakan masalah umum yang sering terjadi. Dan hampir semua pengguna android pasti pernah mendapati pesan sayangnya aplikasi telah terhenti dan memaksa user untuk menyudahi aktifitasnya karena aplikasi terhenti dengan sendirinya.

Error aplikasi berhenti secara mendadak ini tidak pandang bulu, pasalnya semua merek hp seperti Samsung, Oppo Vivo, Xiaomi, dan semua aplikasi misalnya facebook, instagram, twitter, chrome pasti bisa mengalami masalah ini.

Saya pribadi ketika masih memakai samsung galaxy duos sekitar tujuh tahun silam sering mengalami yang namanya aplikasi keluar sendiri, entah itu saat membuka aplikasi ataupun game di android tersebut.

Setelah mencari solusi cara mengatasi aplikasi force close di google, saya akhirnya mendapat kesimpulan bahwa kasus yang saya alami disebabkan oleh memori atau ram yang tidak cukup untuk menjalankan aplikasi dan game yang ingin saya mainkan.

Akan tetapi aplikasi android terhenti secara tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh faktor lain. Oleh karena itu sebelum langsung ke pembahasan Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android, Andronezia juga akan membagikan penyebab kenapa error aplikasi keluar sendiri ini bisa terjadi.

Lihat Juga:

Cara Mengatasi Unfortunately app has stopped
Cara Mengatasi Unfortunately the process com.google.process.gapps Telah Berhenti
Cara Install File Apk Android Dari Luar Play Store

5 Penyebab Aplikasi Android Force Close


1. Data Aplikasi Corrupt


Dalam kebanyakan kasus, penyebab utama Aplikasi terhenti secara mendadak disebabkan oleh adanya Data aplikasi yang rusak. Kerusakan ini mencakup temporary, cache, dan game data itu sendiri.

2. Masalah Jaringan Internet


Jaringan internet yang tidak stabil juga dapat menjadi penyebab mengapa Aplikasi Force Close. Biasanya ada beberapa aplikasi atau game yang memang membutuhkan koneksi internet stabil supaya bisa mengirimkan data dengan lancar. Namun dikarenakan internet nya lambat, maka aplikasi akan mengalami kegagalan sehingga menyebabkan Aplikasi tiba-tiba Force Close.

3. Terdapat Bug Pada Aplikasi


Jika terdapat bug pada aplikasi atau game yang kamu gunakan, bug tersebut akan menyebabkan aplikasi keluar sendiri. untuk mengatasi masalah ini kamu cukup memperbarui aplikasi yang bermasalah tersebut guna memperbaiki bug di dalamnya.

4. Memori HP Tidak Cukup


Setiap tipe android dibuat dengan kapasitas memori yang memang telah di tujukan untuk kegunaanya. Namun terkadang kebanyakan pengguna tidak menyadari atau memang sengaja memaksa androidnya untuk menjalankan aplikasi atau game yang diluar batas kapasitas memori yang dibutuhkan. Faktor ini bisa menciptakan ketidakstabilan sehingga menyebabkan aplikasi force close.

5. Aplikasi Tidak Kompatibel


Terjadinya force close pada aplikasi android juga bisa dikarenakan oleh aplikasi atau game yang tidak kompatibel.

Misalnya kamu menginstall dan ingin memainkan game PUBG atau Free Fire di versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich tentunya hal ini merupakan kesalahan pasalnya versi android tersebut tidak memenuhi syarat untuk bisa menjalankan dua game tersebut yang kemudian menyebabkan munculnya pesan aplikasi terhenti di android yang kamu gunakan.

Cara Mengatasi Aplikasi Android Sering Berhenti Sendiri (Force Close)


Setelah mengetahui 5 penyebab aplikasi keluar sendiri. sekarang saat nya kita ke inti artikel ini. Silahkan baca dengan seksama Solusi mengatasi aplikasi sering terhenti pada android di bawah ini.

1. Update Aplikasi


Metode pertama yang bisa kamu lakukan ketika aplikasi android mengalami force close adalah dengan memperbarui aplikasi yang bermasalah ke versi terbaru.

Karena developers sendiri secara rutin meluncurkan pembaruan guna menyelesaikan masalah yang di hadapi oleh pengguna termasuk bug.

Selain itu, aplikasi yang sudah outdate atau usang sangat beresiko mengalami error seperti crash. Oleh karena itu, silahkan untuk mencoba mengupdate aplikasi ke versi terbaru.

2. Bersihkan Cache Aplikasi


Jika suatu aplikasi sering keluar sendiri maka kamu bisa mencoba memperbaiki masalah ini dengan membersihkan cache aplikasi yang bermasalah. 

Menghapus file cache tidak akan menyebabkan hilangnya data penting yang sudah ada. Karena, File akan secara otomatis dibuat ketika kamu kembali membuka aplikasi tersebut.

Metode ini bisa kamu terapkan untuk mengatasi data aplikasi yang corrupt.

Cara Menghapus Cache Aplikasi

cara mengatasi aplikasi keluar sendiri

Langkah 1 - Buka Menu Settings
Langkah 2 - Pilih Apps (Tergantung merek hp)
Langkah 3 - Cari Aplikasi yang bermasalah. Misalnya Camera, kemudian klik
Langkah 4 - Klik tombol Clear Cache. Jika muncul kotak peringatan langsung saja klik OK.

Catatan: Kamu kemungkinan akan mendapati tampilan yang berbeda seperti gambar diatas, akan tetapi langkah-langkahnya sama seperti diatas.

3. Bersihkan Data Aplikasi


Jika kamu sudah melakoni penghapusan cache namun aplikasi dan game android masih terus sering terhenti dengan sendirinya. kamu dapat mencoba mengatasinya dengan cara menghapus data yang telah tersimpan pada aplikasi.

Akan tetapi perlu di ingat menghapus data aplikasi akan membuat keseluruhan data penting seperti akun, kata sandi, atau pencpaian kamu dalam game akan hilang dalam artian terhapus.

Nantinya, setelah menghapus data, aplikasi tersebut akan kembali seperti ketika baru pertama kali di install.

Cara Menghapus Data Aplikasi

cara mengatasi aplikasi terhenti

Ulangi Langkah 1 sampai 4 seperti akan Membersihkan Cache. Kemudian klik tombol Clear Data. Ketika tampil warning box yang memberitahu kamu bahwa data dan konfigurasi aplikasi akan hilang tekan saja OK. 

Note: Kamu bisa saja melihat tampilan pengaturan yang berbeda seperti gambar diatas, akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa langkah-langkahnya sama seperti diatas.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai


Kita pasti sering atau pernah mengunduh aplikasi dan game yang sebenarnya tidak diperlukan sama sekali. Kebiasaan ini akan membuat ruang penyimpanan di hp semakin menyempit sehingga menyebabkan aplikasi utama tidak berjalan dengan semestinya.

Karenanya, cobalah untuk menghapus aplikasi dan game yang tidak terpakai untuk merampingkan kapasitas beban memori telepon guna memberikan ruang baru agar dapat mengatasi aplikasi berhenti sendiri di Android.

Cara Uninstall Aplikasi Android Yang Tidak Terpakai

Pertama, Ketuk menu Settings
Kemudian pilih opsi Apps, dan cari aplikasi yang menurut kamu sudah atau memang tidak pernah terpakai
Lalu, klik pada aplikasi tersebut
Setelah itu, akan muncul tombol pilihan Force Stop (Paksa berhenti)  dan Uninstall Apps (Hapus Instalan)
Silahkan klik tombol Uninstall Apps (Hapus Instalan)

Seusai kamu menghapus aplikasi yang tidak digunakan, silahkan restart hp kamu dan setelah menyala coba jalankan lagi aplikasi yang tadi sering force close serta cek apakah errornya sudah hilang atau belum.

Kesimpulan


Supaya kita terhindar dari masalah Aplikasi terhenti secara mendadak sebaiknya kita selalu sadar dengan kapasitas atau spesifikasi android yang kita miliki.

Kita juga harus memonitor penggunaan kapasitas memori dan penyimpanan guna menghindari aplikasi tidak berjalan dengan seharusnya karena kekurangan daya.

Terimakasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat serta bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang mencari cara mengatasi aplikasi force close/berhenti sendiri di Android.