Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memblokir Data Internet Pada Aplikasi Tertentu

Cara Memblokir Data Internet Pada Aplikasi Tertentu

Internet sudah menjadi peran penting bagi kehidupan manusia. Dengan Internet jembatan penghubung antara manusia dan seluruh dunia untuk bertukar informasi dengan mudah.

Tak heran, banyak orang yang senang dan tidak bisa lepas dari namanya internet.

Untuk mengakses internet hal pertama yang dibutuhkan tentu saja akses data Internet yang biasanya bisa kamu dapatkan dari Operator atau penyedia layanan WIFI dengan berbagai harga serta layanan bervariasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Terlebih dengan teknologi smartphone android yang semakin berkembang, tentu saja internet menjadi kebutuhan utama untuk membantu mengoptimalkan berbagai fitur pada smartphone kamu.

Cara Mematikan Data Internet Pada Aplikasi Android


Pernahkan kamu mengalami masalah aneh saat kamu baru saja mengisi paket data namun tiba-tiba kuotanya cepat habis. Padahal kamu sendiri tidak merasa menggunakan untuk download atau streaming.

Nah jika hal terus berlanjut maka penggunaan data akan boros dan dompet kamu tentu saja semakin tipis karena terlalu sering membeli paket data.

Untuk kamu yang baru menggunakan smartphone pasti masalah ini sering terjadi dan bingung mencari penyebab dan bagaimana sih cara mengatasinya?

Sebenarnya ini adalah masalah kecil, penyebab utamanya adalah karena beberapa aplikasi berjalan di background dan membutuhkan akses data untuk mendapatkan notifikasi terbaru seperti aplikasi sosial media dan aplikasi chatting.

Nah sebenarnya mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi yang tidak sering kamu pakai merupakan hal yang tidak terlalu penting, sebaiknya kamu mengatasinya dengan memblokir akses data pada aplikasi yang tidak kamu pakai.

Jadi untuk kamu yang belum tahu caranya silahkan lakukan cara ini untuk memblokir akses data pada aplikasi tertentu.

  1. Pertama buka Pengaturan
  2. Kemudian masuk pada bagian SIM Ganda dan Jaringan Selular
  3. Selanjutnya klik penggunaan jaringan dan wifi
  4. Di dalamnya akan terdapat daftar aplikasi yang tidak atau diperbolehkan untuk menggunakan data jaringan kamu
  5. Selanjutnya silahkan pilih aplikasi yang menurut kamu penting dan aktifkan datanya serta nonaktifkan pada aplikasi yang jarang kamu pakai
  6. Selesai

Akhir Kata


Nah dengan begitu, kamu sudah dapat mengatasi cara untuk memblokir akses data pada aplikasi tertentu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil